Saitama adalah sosok karakter protagonis utama paling kuat dan paling epik dalam sejarah genre shonen. Bagaimana tidak, dengan hanya satu kali pukulan siapa pun yang dia hadapi bisa hancur dan kalah seketika. Sehingga, wajar jika kemudian Saitama menjadi karakter paling kuat di sepanjang seri One-Punch Man. Bahkan, Saitama pun tidak bisa terluka atau bahkan orang lain lukai.

Pada intinya, untuk urusan kekuatan memang sosok Saitama tidak ada lawannya. Semua orang yang ada di serinya tidak mampu untuk menandingi kekuatannya. Meskipun kemudian Saitama menjadi sosok yang paling dahsyat dan paling kuat, disadari atau tidak ternyata dia juga memiliki keburukan. Apa saja keburukanya? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Tidak Senang Berbagi

Karena dia tidak memiliki ekonomi berlebih, Saitama pun menjadi sosok yang tidak senang untuk berbagi. Bukan hanya soal uang, dia pun sangat sulit untuk berbagi dalam makanan. Dia sering mencari-cari alasan agar tamunya bisa segera pulang. Hal ini dilakukan karena dia tidak mau tamunya tersebut makan. Karena, dengan begitu stok makanan yang dia miliki menjadi cepat habis.

Saitama sangat jarang sekali menyuguhkan makanan atau mau berbagai makanan kepada yang lain. Sejauh ini baru beberapa orang yang pernah Saitama berikan makanan, misalnya King dan Genos. Faktor ekonomi mungkin menjadi alasan utama Saitama melakukan hal itu.

Tidak Senang Kedatangan Tamu

Satu hal lainnya yang menjadi kelemahan sekaligus sifat “buruk” dari Saitama, selain lemah dalam hal ekonomi dan tidak senang berbagi, adalah bagaimana dia tidak senang ketika ada tamu yang berkunjung ke rumahnya. Hal ini bisa kita lihat saat Genos pertama kali berkunjung ke rumahnya, di mana Saitama memperlihat ekspresi yang kurang menyenangkan dan terganggu.

Namun, akhirnya, dia mulai terbiasa dengan hal tersebut. Hal ini mungkin karena Saitama sudah sejak lama tinggal sendirian. Sehingga, dia lebih senang untuk menyendiri atau tinggal sendiri. Apartemennya pernah kedatangan Fubuki, Dr. Kuseno, Silver Fang, Bomb, Fubuki, Genos, dan King. Jika bukan karena daging yang Dr. Kuseno bawa, Saitama mungkin sudah memaksa mereka semua untuk pulang.

Malas

Rasanya hal ini pun Geeks semua sadari. Saitama selalu muncul atau diperlihatkan dalam kondisi yang tidak bersemangat, ekspresi datar, dan seolah tidak memiliki emosi sedikit pun. Dalam kesehariannya pun Saitama nampak begitu santai seolah dia tidak peduli dengan apa yang terjadi. Hal ini bisa kita lihat saat dia resmi menjadi pahlawan di Asosaisi Pahlawan.

Daripada mencari orang yang membutuhkan pertolongan, dia lebih senang menonton berita dan acara kriminal. Jika bukan karena Genos yang mengingatkan ancaman besar bahwa dia akan dicoret dari Asosiasi Pahlawan jika tidak menolong orang, Saitama mungkin tidak akan bergerak. Ini juga yang mungkin menjadi alasan bahwa dia sangat sering datang terlambat ketika ada sebuah peristiwa.

Tidak Memiliki Kemampuan Bela Diri

Ini menjadi keburukan terbesar dari Saitama yang juga banyak orang sadari. Bahkan, sosok Suiryu, pemenang turnamen bela diri, mengatakan bahwa dia tidak percaya bahwa Saitama adalah pahlawan. Karena, menurutnya, Saitama tidak memiliki kemampuan bela diri. Karena tidak kemampuan bela diri, semua gerakan yang Saitama miliki menjadi terlalu sederhana.

Hal ini memang terbukti di mana dia nampak selalu muncul dan menghancurkan musuhnya dalam satu atau dua gerakan saja. Kelemahan ini mungkin karena kekuatannya yang sangat dahsyat. Karena itulah, dia tidak merasa perlu untuk melindungi dirinya atau memanfaatkan kemampuan bela diri untuk menghancurkan musuhnya.

Saitama adalah sosok yang sangat kuat, yang mana memang harus kita akui hal tersebut. Dengan kekuatannya yang berada di luar nalar tersebut membuat banyak orang mungkin berpikir jika Saitama adalah sosok sempurna. Namun, kenyataanya dia jugan memiliki beberapa keburukan yang orang lain tidak sadari.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.