Sebelum nama Gol D. Roger menjadi penguasa lautan di dunia One Piece, ada sosok bajak laut kuat lainnya yang menjadi penguasa. Bahkan, pihak Pemerintah Dunia sendiri menjadikan kelompok bajak laut tersebut sebagai ancaman besar. Sosok tersebut tidak lain adalah Rocks D. Xebec. Menurut informasinya, tidak ada yang mampu menandingi mereka saat itu.

Kekuatan dan kedahsyatan kelompok Rocks benar-benar sangat mengerikan, di mana pihak angkatan laut sendiri harus menghapus mereka dari sejarah. Berdasarkan informasinya, kelompok Rocks memiliki kru yang benar-benar mengerikan. Sebagian dari mereka pun ada yang menjadi Yonko. Lalu, siapa saja kru dari kelompok bajak laut Rocks yang sudah Oda kenalkan? Berikut adalah informasinya.

Edward Newgate

Edward Newgate atau yang biasa kita kenal sebagai Whitebeard, merupakan kapten dari kelompok bajak laut Whitebeard. Dia juga terkenal dengan julukan “manusia paling kuat di dunia” serta “manusia yang paling dekat dengan One Piece” pasca kematian Gol D. Roger. Jauh sebelum dia membentuk kelompoknya sendiri dan menjadi Yonko, Whitebeard sempat menjadi bagian dari kru Rocks.

Masih belum ada informasi mengenai hubungannya dengan Rocks. Namun, besar kemungkinan Whitebeard sangat menghormati sosok Rocks. Hal ini bisa kita lihat dari bagaimana Whitebeard rela bekerja sama dengan kru lainnya tanpa ada paksaan atau apa pun.

Charlotte Linlin

Charlotte Linlin atau yang kita kenal sebgai Big Mom merupakan kapten dari kelompok bajak laut Big Mom. Seperti halnya Whitebeard, dia juga merupakan Yonko di wilayah New World dan menjadi satu-satunya wanita yang menjadi Yonko. Linlin juga pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks, sebelum kemudian dia membentuk kelompok bajak lautnya sendiri.

Bukan hanya menjadi satu-satunya wanita yang menjadi Yonko, dia pun menjadi satu-satunya wanita di kelompok Rocks. Yang menarik adalah Big Mom memiliki keinginan untuk mencari keberadaan Laugh Tale, bahkan jauh sebelum Great Age of Pirate muncul. Buktinya adalah Roger mencuri salinan Road Poneglyph milik Big Mom, dan mengalahkannya menuju Laugh Tale.

Kaido

Kaido sang “makhluk paling kuat di dunia” memiliki reputasi sebagai sosok yang sulit untuk tewas. Hal ini karena Kaido sangat sulit untuk terluka, atau bahkan dilukai. Dia merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Kaido dan merupakan salah satu Yonko. Terungkap, bahwa sebelumnya Kaido juga pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks.

Dalam kilas baliknya, terungkap bahwa ketika Kaido berusia remaja dan tiba di Beehive Island, Rocks langsung menawarinya untuk bergabung. Hal ini karena dia sudah mengetahui bagaimana kualitas dan kemampuan dari Kaido. Yang menarik adalah saat perang di God Valley, Kaido sempat kabur dan tidak diketahui keberadaanya. Namun, kemudian kita tahu bahwa dia berada di Wano.

Shiki

Shiki the Golden Lion, atau yang biasa kita kenal sebagai “bajak laut terbang” merupakan pemimpin dari kelompok bajak laut Golden Lion. Dia merupakan karakter pertama yang diketahui mampu kabur dari Impel Down. Bersama Roger dan Whitebeard, Shiki merupakan salah satu bajak laut terkuat dari generasinya. Sayangnya, tidak banyak yang kita ketahui tentang masa lalunya selain dia pernah menjadi bagian dari kelompok Rocks bersama Whitebeard, Kaido, dan Big Mom. Dia juga sering meminta Roger untuk menjadi bagian dari aliansinya.

1
2
https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/