Blue Krytonite

Pada tahun 1960, Superman pernah berhadapan dengan versi terbalik dirinya yang bernama Bizarro di komik Superman #140. Untuk mengalahkannya, dia pernah mencoba menggunakan kryptonite hijau pada Bizarro, tetapi ternyata makhluk aneh tersebut sama sekali tidak terpengaruh. Sampai akhirnya Superman pergi ke Bizarro World dan menemukan jenis kryptonite berwarna biru yang dapat melemahkan Bizarro. Efeknya sama seperti ketika seorang kryptonian terpapar kryptonite hijau. Sebaliknya, kryptonite biru justru tidak berpengaruh apa-apa terhadap para kryptonian normal seperti Superman.

Jewel Kryptonite

Pada tahun 1964, di kisah ‘The Secret of Kryptonite Six’ seorang mantan ilmuwan Kryptonian bernama Jax-Ur pernah menipu Superman agar dia mau membawanya ke lokasi planet Krypton yang telah hancur. Tujuan asli Jax-Ur ternyata ingin mengambil potongan Jewel Kryptonite dari Pegunungan Permata di Krypton, yang efeknya dapat membuat kekuatan seorang kryptonian meningkat. Jewel Kryptonite juga pernah digunakan sebagai kartu as oleh supervillain seperti General Zod saat berhadapan dengan Superman.

Pink Kryptonite

Sementara pada umumnya kryptonite dapat melemahkan atau memperkuat seorang kryptonian, kryptonite merah muda justru sama sekali tidak memberikan efek apa pun terhadap kekuatan mereka. Di komik Supergirl Vol. 4 #79 yang rilis pada tahun 2003, diceritakan bahwa kryptonite jenis ini ternyata dapat mengubah orientasi seorang kryptonian. Ketika terpapar kryptonite merah muda, Superman pernah tiba-tiba menyukai sesama jenis. Untungnya, sama seperti kryptonite lain, kryptonite ini juga mempunyai efek yang sementara.

Itulah berbagai macam kryptonite di DC Universe yang cukup sering diceritakan dan mempunyai efek yang cukup unik sekaligus menarik. Dari daftar kryptonite ini kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya di semesta DC ada banyak sekali jenis kryptonite yang mempunyai efeknya masing-masing. Selain melemahkan, ternyata ada juga yang bisa memperkuat seperti Jewel Kryptonite atau yang menyembuhkan seperti White Kryptonite. Di sisi lain, efek-efek tersebut juga mempunyai pengaruh yang berbeda pada sosok lain, seperti kryptonite biru yang dapat melemahkan Bizarro, tetapi tidak dengan Superman.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.