Kryptonite adalah batu luar angkasa yang memegang peranan penting di DC Universe, khususnya bagi sang Man of Steel Superman. Batu yang berasal dari inti planet Krypton ini adalah penyeimbang antara kekuatan dan juga kelemahan bagi seorang Kryptonian yang terkenal mempunyai power set paling lengkap. Meskipun Superman sudah debut sejak tahun 1939, tetapi kryptonite baru DC perkenalkan beberapa tahun setelahnya. Yaitu tahun 1943 di acara radio The Adventures of Superman dan kemudian di komik Superman #61 pada tahun 1949. Sampai sekarang tercatat ada berbagai macam kryptonite dengan efek yang cukup beragam. Kryptonite apa saja yang paling menarik di DC Universe?

Green Kryptonite

Dari sekian banyak kryptonite di DC Universe, kryptonite hijau adalah yang paling pertama DC perkenalkan kepada para penggemar. Meskipun kryptonite muncul pertama kali pada tahun 1949, tetapi penjelasan untuk jenisnya yang berwarna hijau baru dieksplorasi dua tahun kemudian di Action Comic #161 yang rilis pada tahun 1951. Sejak awal sampai sekarang, kryptonite hijau mempunyai efek yang dapat melemahkan seorang kryptonian. Lebih parahnya lagi jika seorang kryptonian terpapar untuk jangka waktu yang lama, kulit dan darah mereka akan menghijau sampai akhirnya berakibat kematian.

Red Kryptonite

Kryptonite merah pertama kali DC perkenalkan di komik Adventure Comics #255 pada tahun 1958. Meskipun tidak semematikan kryptonite hijau, tetapi jenis yang berwarna merah ini masih dapat membuat seorang kryptonian melemah. Efek lainnya bahkan bisa bertahan selama satu atau dua hari setelah seorang krytonian terpapar. Di mana biasanya mental mereka akan terganggu sampai menyebabkan beberapa perilaku aneh. Seperti yang terjadi di komik Lois and Clark: The New Adventures of Superman, saat Superman tampak linglung setelah terpapar kryptonite merah.

White Kryptonite

Pertama kali muncul pada tahun 1960 di komik Adventure Comics #279, krytonite putih adalah salah satu batu Krypton yang tidak memberikan efek berbahaya bagi para kryptonian. Superboy pertama kali menemukan batu ini saat dia pergi ke abad ke-50 dan melihat efeknya yang sangat mematikan terhadap vegetasi suatu planet, seperti tumbuhan dan mikroba. Ketika Supergirl menderita suatu penyakit yang mirip seperti cacar, Superman pernah menggunakan kryptonite putih untuk menyembuhkannya.

Gold Kryptonite

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya di semesta DC ada kryptonite emas yang mempunyai efek mengerikan dan juga instan terhadap para kryptonian. Pertama kali DC ceritakan pada tahun 1962 di komik Adventure Comics #299, efek kryptonite yang satu ini dapat membuat seorang kryptonian langsung tidak bisa memproses sinar matahari kuning. Sebagai seorang alien yang sangat mengandalkan sinar matahari, efek tersebut tentunya akan langsung membuat mereka kehilangan semua kekuatan supernya.

1
2