Semua penggemar Marvel pasti mengenal siapa Spider-Man. Karakter yang mempunyai nama asli Peter Parker ini debut pada tahun 1962 melalui komik Marvel Comics’ Amazing Fantasy #15. Sejak pertama kali Stan Lee menciptakan karakternya, Spider-Man sudah terkenal sebagai superhero remaja yang awalnya digigit oleh laba-laba radioaktif. Di mana peristiwa tersebut membuatnya mendapatkan kekuatan, kecepatan, dan kelincahan super. Serta mampu merayap di dinding dan juga mengeluarkan jaring dari tangannya.

Tahun 2022 sendiri adalah menjadi momen yang sangat spesial bagi Spider-Man. Karena sebentar lagi Marvel akan merayakan ulang tahunnya yang ke-60 dengan merilis komik baru berjudul Amazing Fantasy #1000. Dalam preview salah satu ceritanya yang diilustrasikan oleh ilustrator Daredevil Marco Checchetto, Spider-Man membahas secara singkat sejarah petualangannya di Marvel Universe. Di mana dia mengingat-ingat kembali masalah yang selama ini telah menimpanya dan memberi tahu penggemar bahwa, “Saya tidak pernah menang. Dan saya tidak yakin berapa lama lagi saya bisa bertahan.”

Pada salah satu halaman komik Amazing Fantasy #1000 yang bisa kita lihat di atas, Spider-Man mengulas sejarah kelamnya saat menjadi superhero. Mulai dari bagaimana Paman Ben dan cinta pertamanya Gwen Stacy meninggal dunia. Kemudian hubungannya yang tidak lancar dengan Mary Jane Watson dan sahabatnya Harry Osborn. Sampai bibi May yang sekarang sakit-sakitan dan dia kesulitan untuk menjaganya. Menurut Spider-Man daftar penderitaan yang terus bertambah ini telah membuatnya makin jauh dari kebahagian.

Secara tidak langsung, Spider-Man ingin mengatakan kepada penggemar bahwa cepat atau lambat mungkin dirinya akan berhenti sebagai superhero. Karena menurut penggambarannya, jika dia menjadi manusia biasa, mungkin semua masalah tersebut tidak akan pernah menimpanya. Yang lebih menyedihkannya lagi, Spider-Man seakan-akan merasa bahwa dia adalah penyebab dari penderitaan orang-orang di sekitarnya

Sebelumnya Spider-Man juga pernah merasakan hal yang sama di kisah ‘Spider-Man No More!’, yang akhirnya menjadi inspirasi untuk film Spider-Man 2 (2004). Di mana dia memutuskan untuk berhenti menjadi superhero setelah kehilangan kekuatan supernya. Apakah kali ini dia akan benar-benar pensiun dari tugasnya sebagai superhero? Jawabannya akan segera bisa kita temukan saat komik Amazing Fantasy #1000 rilis pada tanggal 31 Agustus besok. Kita lihat saja ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.