Dari sekian banyak karakter baru yang muncul di Fase 4 MCU, White Vision adalah salah satu karakter yang kini keberadaannya sangat misterius. Karakter White Vision sendiri terakhir terlihat di episode final WandaVision yang berjudul ‘The Series Finale‘. Di mana dia bertarung dengan Vision ‘asli’ (Paul Bettany) yang merupakan hasil kreasi dari ingatan Wanda Maximoff (Scarlet Johansson).

Setelah sempat saling bertarung di perpustakaan West View, Vision akhirnya memutuskan untuk mentransfer ingatannya pada White Vision. Sejurus kemudian, White Vision yang masih kebingungan dengan jati diri barunya terlihat terbang melesat ke angkasa dan tidak pernah terlihat lagi sampai sekarang. Sudah sekitar satu tahun lebih kejadian tersebut berlalu, di mana setidaknya ada tujuh serial dan enam film baru MCU yang tayang setelah WandaVision. Namun, tidak ada satu pun dari tayangan baru tersebut yang menyinggung keberadaan White Vision.

Ke mana perginya White Vision setelah ingatannya kembali? Pertanyaan tersebut cukup sering penggemar tanyakan, tetapi sampai sekarang Marvel Studios sepertinya masih memilih untuk bungkam. Itulah mengapa kali ini kita akan mencoba menebak bagaimana nasib White Vision di MCU. Sebelum membahas teorinya, mari kita simak terlebih dahulu kisah White Vision di Marvel Comics, yang mungkin akan menjadi referensi untuk kisahnya di MCU pada masa yang akan datang.

Kisah White Vision di Marvel Comics

White Vision adalah karakter yang pertama kali muncul di komik West Coast Avengers karya John Byrne. Kisahnya sendiri bermula dari kelompok multinasional yang menculik Vision karena khawatir dia akan bisa mengakses database global dengan kemampuannya. Dalam prosesnya tubuh Vision dibongkar dan ingatannya dihapus, sebelum akhirnya Hank Pym membuat tubuhnya kembali utuh sebagai White Vision. Sayangnya, upaya Hank tidak bisa memulihkan pikirannya, sehingga White Vision tidak lebih dari sekadar android yang melupakan semua masa lalunya, termasuk statusnya sebagai suami Wanda.

Inikah Nasib White Vision di MCU?, Greenscene

Walaupun begitu, seiring dengan berjalannya waktu, White Vision mulai merasa dirinya nyata. Sama seperti Vision versi hijau dan merah, White Vision juga ingin merasakan kehidupan seperti seorang manusia. Dengan bantuan seorang ilmuwan, White Vision akhirnya bisa mendapatkan emosi dan tubuh yang mirip seperti manusia. Sejak saat itulah dia mulai menyamar sebagai seorang manusia bernama Victor Shade. Pada saat yang bersamaan, ternyata seorang Vision dari multiverse, yang mempunyai tubuh Vision berwarna merah dan hijau, tiba-tiba muncul dan menyebabkan kekacauan di Bumi.

Sebagai bagian dari rencana jahatnya, Anti-Vision bahkan sampai berhasil menukar tubuhnya dengan White Vision secara paksa. Di mana hal tersebut membuat kesadaran Vision kembali ke tubuhnya yang berwarna hijau dan merah, sementara Anti-Vision berada di dalam tubuh White Vision. Singkat cerita, di komik Vision (1994) karya Bob Harras, akhirnya true Vision berhasil mengalahkan Anti-Vision dan menyelamatkan Bumi. Pada titik inilah dia mulai menjalani kehidupan barunya dengan lebih bebas, tanpa perlu mengkhawatirkan ingatan lamanya.

Kehidupan Baru White Vision di MCU

Jika kita kembali ke sejarah penciptaan White Vision di serial WandaVision, sejatinya dia berasal dari tubuh asli Vision yang mati di film Avengers: Infinity Wars. Di mana SWORD memutuskan untuk kembali mengaktifkan tubuhnya demi mengalahkan Wanda dan Vision ciptaannya di West View. Dalam prosesnya, White Vision harus berhadapan dengan Vision yang akhirnya memenangkan pertarungan setelah mentransfer semua ingatannya. Sehingga ingatan Vision ciptaan Wanda dan White Vision akhirnya bercampur, melahirkan sosok baru yang tidak lain adalah true Vision versi MCU.

Inikah Nasib White Vision di MCU?, Greenscene

Setelah dia terbang menjauh dari lokasi, dengan ingatan barunya ini, sudah tidak mungkin lagi bagi true Vision untuk kembali ke markas SWORD. Sebagai gantinya, ada kemungkinan true Vision yang baru saja menumbuhkan emosi dari kehidupan lamanya, akhirnya memutuskan untuk membuka lembaran baru. Jika kisah MCU-nya mengambil referensi dari Marvel Comics, bukan tidak mungkin saat ini true Vision tengah berbaur dengan manusia sebagai Victor Shade. Alasan mengapa dia tidak langsung kembali kepada Wanda, mungkin karena dia lebih memilih untuk fokus dengan kehidupan barunya di suatu tempat.

Berdasarkan hal tersebut, cukup aman untuk kita simpulkan bahwa true Vision sepertinya tidak mengetahui kejadian di film Doctor Strange 2. Saat waktunya nanti tiba, cepat atau lambat dia pasti akan menampakan dirinya kembali di berbagai tayangan MCU. Dan karena Marvel belum mengonfirmasi kemunculannya, itu artinya true Vision bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Bagaimana menurut kalian, Geeks, film atau serial MCU mana yang kira-kira akan kembali memunculkan karakternya?