Batman adalah salah satu karakter veteran DCEU yang belum lama ini terkonfirmasi akan muncul di film sekuel Aquaman mendatang. Berjudul Aquaman and the Lost Kingdom, film yang sudah sangat penggemar antisipasi ini akan kembali berfokus pada karakter Arthur Curry alias Aquaman dari Jason Momoa). Meskipun sampai sekarang plotnya masih Warner Bros. rahasiakan, tetapi sebelumnya Momoa telah membocorkan bahwa aktor Ben Affleck akan terlibat dalam filmnya juga sebagai Batman.

Terlepas dari perannya yang masih misterius, banyak penggemar yang penasaran mengapa karakter Batman bisa kembali di film Aquaman 2. Sampai saat ini juga masih terungkap apakah Affleck akan memainkan peran penting atau hanya sekadar cameo. Karena seperti yang kita tahu, saat ini WB sendiri sudah mulai membawa karakter Batman lain yang diperankan oleh Michael Keaton. Di mana beberapa waktu lalu dia sempat hampir tampil di film Batgirl yang dibatalkan, dan rencananya akan memainkan peran penting juga di film The Flash mendatang.

Ada Lebih dari Satu Batman di Aquaman 2?

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan Associated Press, Momoa mengatakan bahwa film Aquaman 2 berpotensi untuk memunculkan lebih banyak Batman. “Saya tidak bisa memberi tahu kalian tentang reuni kami. [Ben Affleck] bisa saja muncul di filmnya atau tidak sama sekali. Bisa lebih bisa juga kurang, atau bahkan ada lebih banyak Batman di dalamnya,” ungkap Momoa. “Siapa yang tahu ‘kan? [Untuk saat ini] kalian hanya bisa tahu sebagian kecil saja.”

Meskipun Momoa tidak menyebutkan nama siapa pun, tetapi pernyataannya seakan-akan mengarah pada keterlibatan Batman versi Keaton juga. Mengingat keterlibatan Batman versi Ben Affleck sudah terkonfirmasi, bukan hal yang mustahil jika Keaton juga akan terlibat di film Aquaman 2. Mungkin kedua Batman ini nantinya akan bertemu karena suatu peristiwa multiverse. Atau mungkin di film Aquaman nanti ada portal ke dimensi lain yang tiba-tiba terbuka.

Karena WB sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan resminya, teori tentang kemunculan banyak Batman bisa terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Yang jelas, jika benar dua Batman ini akan muncul, artinya film Aquaman 2 berpotensi menghadirkan elemen multiverse juga seperti film The Flash mendatang. Kita nantikan saja ya, Geeks. Setelah sempat diundur, Film Aquaman and the Lost Kingdom sendiri rencananya akan tayang di bioskop pada tanggal 25 Desember 2023 mendatang.