DC adalah rumah bagi banyak superhero dan supervillain yang terkenal tangguh dengan caranya masing-masing. Terlepas dari cara mereka membuktikan ketangguhannya, baik melalui kekuatan maupun kecerdasan, umumnya para penggemar akan lebih dahulu melihat kostum mereka. Karena penampilan sering kali menjadi tolak ukur apakah suatu karakter akan menjadi lebih populer atau tidak. Nah, dari sekian banyak kostum menawan di DC Universe, ternyata ada juga yang malah memicu konstroversi saking buruknya. Berikut ini tujuh kostum paling konstroversial dalam sejarah DC Universe!

New 52′ Starfire

Koriand’r, atau yang lebih penggemar kenal sebagai Starfire, adalah salah satu anggota pendiri Teen Titans di DC Universe. Dia adalah seorang putri yang berasal dari planet yang sangat jauh, yaitu Tamaran. Kemampuan supernya meliputi kekuatan fisik super, terbang, dan juga bisa mengeluarkan proyektil energi. Terlepas dari kekuatannya yang sangat berharga bagi Teen Titans, karakter Starfire banyak mendapatkan kritik terkait kostumnya yang terlalu vulgar, khususnya untuk kostumnya di era New 52. Di mana dia sering terlihat mengenakan spandex tipis yang hanya menutupi sebagian kecil dadanya dan juga celana dalam yang sangat minim.

Batman-Rabbit

Saat Bruce Wayne sempat menghilang, James Gordon pernah diceritakan mengambil alih identitas Batman dengan mengenakan kostum robot ‘superheavy’ di komik The All-New Batman. Meskipun secara fungsi kostum ini berhasil menjadikan Jim sebagai superhero baru di kota Gotham, tetapi secara penampilan justru banyak penggemar yang tidak suka. Alasannya cukup sederhana, yaitu telinga kostum robot Batman yang lebih mirip seperti telinga kelinci. Itulah mengapa pada akhirnya banyak penggemar yang menjuluki Batman versi Jim ini sebagai Babbit alias Batman-Rabbit (kelinci).

Doctor Manhattan

Dari sekian banyak sosok tangguh di DC Universe, konon Dr. Manhattan dari kisah Watchmen adalah salah satu manusia Bumi yang mampu mengalahkan Superman dengan mudah. Hal tersebut sangat mungkin terjadi karena karakter yang mempunyai nama asli Jon Osterman ini mempunyai kemampuan yang mahakuasa. Namun, di balik semua kelebihannya, dia hanyalah orang sederhana yang tidak terlalu banyak berpikir. Itulah mengapa dia lebih memilih untuk tidak mengenakan kostum seperti orang lain. Hal inilah yang pada akhirnya membuat penggemar sering melihat kemaluan Doctor Manhattan saat karakternya muncul di halaman komik.

New 52′ Raven

Pada era New 52, DC memang banyak mengubah latar belakang dan penampilan dari para karakternya. Sama seperti Starfire, sesama anggota Teen Titans yang penggemar kenal sebagai Raven juga mengalami perubahan kostum yang cukup konstroversial. Bagian terburuknya terletak pada topeng Raven yang menutup sebagian besar wajahnya. Awalnya DC mungkin ingin penampilan baru Raven ini mempunyai kesan yang sama seperti arti namanya, yaitu gagak. Sayangnya, rencana tersebut malah membuat para penggemar pangling dengan karakter favoritnya ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.