Haki memiliki kaitan dengan kekuatan yang ada dalam diri setiap orang dalam cerita One Piece. Hanya sedikit orang yang berhasil membangkitkan kemampuan haki dalam dirinya. Simpelnya, Haki membuat para penggunanya bisa mengendalikan semangat mereka untuk berbagai macam hal seperti merasakan energi orang lain, dan membentuknya sebagai pelindung atau armor.

Dengan semangat yang luar biasa dari penggunanya dia bisa memanipulasi, mengintimidasi, dan membuat orang lain tunduk akan keinginan dari si pengguna. Mereka yang lemah atau tidak terbiasa dengan hawa semangat yang besar, akan jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri. Salah satu contoh nyatanya adalah saat pertarungan Luffy melawan Kaido, terungkap bahwa ternyata Haki ini mampu menjadi “baju pelindung” dan juga kekuatan yang melapisi serangan seseorang.

Meskipun Conqueror Haki sangat jarang orang lain miliki, namun ada beberapa orang yang sudah kita ketahui memiliki kemampuan tersebut contohnya adalah Monkey D. Luffy, yang berasal dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Sejauh ini, kelompok bajak laut Roger menjadi kelompok yang “terkonfirmasi” memiliki kru dengan kemampuan Conqueror Haki terbanyak.

Selain Roger sendiri, Shanks, Rayleigh, dan Kozuki Oden pun memiliki kemampuannya. Namun, banyak yang kemudian berasumsi bahwa kelompok Topi Jerami akan memiliki kru lainnya yang mampu menggunakan Haki Penguasa. Banyak teori yang kemudian menyebutkan bahwa ada beberapa nama yang bisa menjadi kandidat, seperti Usopp, Nami, dan yang paling banyak digaungkan para fans adalah Sanji.

Siapa Pemiliki Conqueror Haki Selanjutnya

Sampai sejauh ini, di kelompok bajak laut Topi Jerami baru terkonfirmasi dua orang yang memiliki kekuatan ini. Mereka adalah Monkey D. Luffy dan juga Roronoa Zoro. Yang menarik adalah pasca pertempuran di Onigashima kemarin, muncul sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa bisa jadi muncul sosok pengguna Conqueror Haki ketiga di kelompok ini. Lalu, siapa sosok tersebut?

Dalam spekulasinya, sosok ketiga yang memiliki Conqueror Haki adalah Jinbe sang Ksatria Laut. Mengapa demikian? Jinbe dahulu merupakan sekutu dari kelompok Whitebeard, dan Jinbe sangat menghormati sosok Whitebeard. Dia memang tidak memiliki kemampuan buah iblis seperti kebanyakan karakter, namun dia memiliki kemampuan Karate Gyojin yang tidak kalah mengerikan dan ini juga yang membuatnya menjadi salah satu karakter kuat.

Buktinya adalah dia dipilih menjadi salah satu dari tujuh penguasa lautan alias Shichibukai. Dia pun menjadi yang terkuat di seluruh pulau manusia ikan. Namun, satu hal yang membuat Jinbe menjadi sosok yang epik adalah bagaimana dia sama sekali tidak takut terhadap sosok Big Mom, yang merupakan salah satu Yonko. Hal inilah yang membuat Big Mom tidak bisa mencuri jiwa Jinbe.

Selain itu, spekulasinya sendiri menyebutkan bahwa Jinbe pun mengalami peningkatan kekuatan selama di arc Wano ini. Meskipun usianya tidak lagi muda, namun perkembangan kekuatannya masih tetap terasa. Hal ini bisa kita lihat dalam pertarungan Who’s Who, yang banyak fans anggap sebagai pertarungan paling epik yang pernah Jinbe lakukan. Pasalnya, disini dia mengerahkan semua kekuatannya.

Dan dalam pertarungan ini juga spekulasinya menyebutkan bahwa Jinbe membuktikan dia pun memiliki Conqueror Haki. Saat Jinbe menyerang Who’s Who, nampak petir hitam muncul di sekitar mereka. Kemudian, dia juga mampu menghajar Who’s Who tanpa perlu mengenainya secara fisik. Dua poin tersebut memang selama ini menjadi petunjuk tentang penggunaan Conqueror Haki.

Kesimpulannya

Munculnya petir hitam dan mampu menyentuh musuhnya tanpa kontak fisik langsung memang menjadi ciri yang umum Oda perlihatkan dari Conqueror Haki. Atau bahkan Advanced Conqueror Haki. Hal ini bisa kita lihat dalam beberapa pertarungan epik Whitebeard, Roger, dan juga Kaido. Jinbe sepertinya menjadi pemilik selanjutnya dari Conqueror Haki di kru Topi Jerami.

Melihat bagaimana perkembagan kekuatan Jinbe selama ini, memang rasanya cukup masuk akal jika dia memiliki kekuatan tersebut. Namun, bisa jadi juga hal itu bukan merupakan Conqueror Haki melainkan bentuk level tertinggi dari Karate Gyojin atau Advanced Armament Haki. Pasalnya, Jinbe selama ini terkenal karena kemampuan Armament Hakinya. Kita nantikan saja ya Geeks konfirmasi dari Oda Sensei terkait hal ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.