Doctor Strange adalah salah satu karakter Marvel yang cukup populer di seluruh dunia. Hal itu bisa terjadi berkat kemunculan karakternya di Marvel Cinematic Universe yang diperankan oleh aktor Benedict Cumberbatch. Debut pada tahun 2016, karakter yang mempunyai nama asli Stephen Strange ini sudah pernah menyelesaikan berbagai masalah besar. Yang terbaru, dia harus menyelesaikan masalah multiverse di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Terlepas dari setiap kemunculannya yang cukup sukses di MCU, ternyata sebelum Marvel Studios turun tangan ada banyak studio film yang hampir membawakan karakternya. Sebut saja Full Moon Entertainment, Dimension Films, dan juga Miramax, jauh sebelum MCU berdiri pada tahun 2008. Dahulu saat Hellboy 2: The Golden Army tengah diproduksi, pencipta komik The Sandman Neil Gaiman ternyata pernah sengaja mengunjungi sutradara Guillermo del Toro di lokasi syuting filmnya. Tujuannya tidak lain adalah untuk membicarakan potensi pembuatan film Doctor Strange.

Cerita Film Doctor Strange Versi Guillermo del Toro

Dalam penampilan terbarunya di acara podcast Happy, Sad, Confused (via The Direct), Gaiman mengungkapkan bahwa pertemuan dengan del Toro terjadi pada tahun 2007, sekitar satu tahun sebelum Iron Man dan The Incredible Hulk memulai MCU. “Kevin [Feige] dan saya sempat membicarakan banyak hal selama bertahun-tahun. Saya ingat pada tahun 2007, di mana saya berbicara dengan Kevin Feige tentang [potensi film] Doctor Strange,” ungkap Gaiman. “Kemudian saya berbicara dengan Guillermo Del Toro, sampai akhirnya menemukan ide tentang Doctor Strange dan bagaimana kami akan memulainya.”

Masih dalam sesi wawancara yang sama, Gaiman juga membocorkan seperti apa naskah Doctor Strange yang sempat dia garap bersama del Toro. “Tadinya kami ingin menceritakan petualangannya yang terjadi pada tahun 1920-an, di mana dia menjadi seorang pecandu alkohol setelah dipecat dari pekerjaannya sebagai dokter,” tambah Gaiman. “Sejak saat itu dia menghabiskan waktunya untuk mempelajari [sihir] sampai akhirnya menjadi penyihir terhebat di dunia pada awal umur 30-an. Dia tinggal di Greenwich Village selama 90 tahun dengan penampilan yang masih tetap sama.”

Meskipun ceritanya cukup menjanjikan, tetapi pada akhirnya proyek Doctor Strange versi Gaiman dan del Toro tidak pernah terwujud. Menurut Gaiman, alasannya adalah karena pada saat itu Feige dan Marvel ingin lebih fokus pada karakter lain. Doctor Strange sendiri baru muncul di MCU pada tahun 2016, itupun melalui film karya sutradara Scott Derrickson dengan Cumberbatch sebagai bintangnya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.