Jougan merupakan salah satu hal baru yang muncul dalam seri Boruto: Naruto Next Generation. Jougan juga merupakan Doujutsu atau teknik mata yang menjadi milik sang protagonis utama serinya, Boruto Uzumaki. Namun, sayangnya, sampai saat ini informasi mengenai Jougan tersebut masih sangat sedikit. Sehingga tidak banyak yang kita ketahui tentang Doujutsu ini.

Banyak pertanyaan kemudian muncul di kalangan fans terkait Jougan. Contohnya adalah bagaimana Boruto bisa mendapatkan Doujutsu Jougan? Siapa yang memberikannya? Dan mengapa Jougan sangat jarang sekali muncul dalam cerita? Meskipun Jougan ini merupakan Doujutsu “eksklusif” milik dari Boruto, namun, kabarnya juga kemampuan ini merupakan Dojutsu milik klan Otsutsuki atau setidaknya memiliki kaitan dengan klan tersebut.

Kekuatan dari Jougan sendiri belum mendapatkan penjelasan secara sempurna, tetapi yang pasti ketika kekuatannya aktif, Boruto bisa mengendalikan ruang dan waktu. Dia juga mampu melihat lokasi titik lemah dari musuhnya. Dengan Doujutsu ini yang penuh dengan misteri, banyak fans yang kemudian berspekulasi mengenai Jougan. Salah satunya adalah mengenai kebangkitan mata tersebut.

Faktor Bangkitnya Jougan

Seperti yang disebutkan di atas, kita masih belum tahu banyak tentang Jougan. Termasuk juga bagaimana Jougan tersebut aktif atau bangkit. Hal inilah yang banyak menjadi pembahasan para fans dan muncul berbagai teori terkait hal ini. Salah satu yang menarik adalah bagaimana Jougan akan bangkit setelah Hinata tewas. Dan yang ironisnya adalah Boruto yang akan menghabisi nyawa ibunya sendiri.

Dalam chapter 72 kemarin, kita melihat bagaimana Hinata yang begitu sedih dan cemas dengan kondisi Boruto. Muncul momen mengharukan di mana dia khawatir jika sang anak tidak pernah kembali dari misi yang dia jalani. Boruto sendiri mencoba untuk menghibur Hinata dengan mengatakan bahwa dia selalu berhasil kembali dalam kondisi hidup. Boruto pun sudah berjanji bahwa dia akan kembali dari misi yang dia jalani.

Mendengar hal tersebut sosok Momoshiki pun muncul. Dia mengatakan bahwa janji Boruto untuk bisa kembali pulang tersebut adalah bohong. Menurutnya, takdir dari Boruto sendiri adalah tewas. Selain itu, Momoshiki pun kembali mengingatkan tentang ramalan yang terjadi pada masa depan di mana Boruto akan kehilangan banyak orang yang dia cintai. Meskipun belum ada konfirmasinya, namun bisa jadi salah satu sosok tersebut adalah Hinata.

Momoshiki juga menjelaskan bahwa kehidupan Boruto pada masa yang akan datang akan sangat kelam. Bahkan, dia berharap tidak melanjutkan kehidupannya. Berbagai faktor tersebut yang kemudian menjadi dasar teori bahwa ada kemungkinan jika Hinata akan tewas dalam serinya. Dan kematian dari Hinata tersebut akan menjadi pemicu bangkitnya  Jougan yang Boruto miliki.

Bagaimana Hinata Tewas

Pertanyaan besarnya kemudian bagaimana Hinata tewas dalam ceritanya. Dalam teorinya sendiri terdapat dua skenario yang mungkin akan terjadi. Pertama, Boruto yang membunuh Hinata. Seperti yang Momoshiki ungkapkan, bahwa hanya tinggal masalah waktu baginya untuk bisa kembali mengambil alih tubuh Boruto. Dalam skenario yang pertama ini, ada kemungkinan jika setelah Momoshiki mengambil alih tubuh Boruto dia akan melakukan berbagai tindakan mengerikan.

Salah satu contoh yang akan dia lakukan adalah menghabisi Hinata. Setelah kemudian dia tersadar, Boruto pun akan mengalami penyesalan yang begitu mendalam dan merasa bahwa dia sudah tidak pantas untuk hidup. Inilah yang mungkin Momoshiki maksud bagaimana Boruto kehilangan semangat hidupnya. Dan penyesalan tersebut yang kemudian membuat Jougan tersebut bangkit.

Skenario kedua adalah ketika Boruto tidak terkendali akibat Momoshiki, Hinata akan melakukan berbagai upaya untuk menghentikan anaknya tersebut. Termasuk dia akan mengorbankan nyawanya. Pada saat itu terjadi, mungkin situasinya sedang genting di mana Naruto dan Hinata mencoba menghentikan anaknya. Namun, yang terjadi adalah Hinata mengorbankan nyawanya demi bisa menyadarkan kembali Boruto.

Upayanya tersebut berhasil, dan bukan hanya itu Boruto pun kemudian akan membangkitkan kekuatan Jougan tersebut. Kematian Hinata akan menjadi pukulan berat dan telak bagi Boruto, yang mana ini juga yang kemudian menjadi faktor bangkitkan kekuatan Jougan tersebut. Menarik tentunya untuk melihat peran Jougan pada masa yang akan datang. Dan kita nantikan saja ya Geeks bagaimana nasib Hinata selanjutnya.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/