Marvel Cinematic Universe adalah semesta live action superhero yang saat ini menguasai industri Hollywood dengan berbagai film dan serialnya. Sampai detik ini, setidaknya sudah ada 29 film layar lebar dan delapan serial MCU yang telah Marvel Studios rilis. Setiap tahunnya hampir selalu ada karakter dan mitologi baru yang bermunculan dengan berbagai misteri yang menyelimutinya.

Sementara beberapa di antaranya sudah mulai terjawab, sebagian lagi justru masih menjadi misteri sampai sekarang. Meskipun ada banyak penggemar yang berteori untuk menjawab persoalan tersebut, tetapi sampai detik ini Marvel Studios masih memilih untuk bungkam. Sehingga alih-alih menemukan jawabannya, penggemar malah makin bingung dengan setiap misterinya. Berikut ini lima misteri MCU yang jawabannya masih belum terungkap sampai sekarang!

Apa yang Terjadi Pada Beta Ray BIll?

5 Misteri MCU yang Belum Terpecahkan!, Greenscene

Beta Ray Bill adalah salah satu inkarnasi Thor yang cukup populer di Marvel Comics. Di MCU sendiri setidaknya sudah ada dua film yang memunculkan easter egg karakternya. Yang pertama di film Guardians of the Galaxy, di mana kita bisa melihat sosok yang mirip seperti Bill tengah duduk membelakangi kamera di dalam salah satu kurungan The Collector. Kedua, film Thor Ragnarok telah memperlihatkan patung kepala Beta Ray Bill yang terpampang jelas di tower arena gladiator Grandmaster. Berdasarkan dua easter egg tersebut, tidak sedikit penggemar yang masih bertanya-tanya tentang nasib dan keberadaan Beta Ray Bill di MCU saat ini.

Mengapa Hulk Tidak Kembali Pada Betty Ross?

Siapa yang tidak mengenal Hulk? Karakter yang mempunyai nama asli Bruce Banner ini adalah salah satu anggota pendiri Avengers yang kini lebih dikenal sebagai penyelamat alam semesta karena snapnya di film Endgame. Satu hal yang sampai sekarang masih menjadi misteri di dalam kehidupannya adalah status hubungannya dengan Betty Ross. Di film The Incredible Hulk sangat jelas bahwa keduanya saling mencintai.

5 Misteri MCU yang Belum Terpecahkan!, Greenscene

Namun, ke mana perginya Betty sekarang, apakah dia sudah menikah? Mengapa Hulk meninggalkannya, padahal sekarang keadaannya sudah terbilang cukup aman sebagai ‘Smart Hulk’. Alih-alih memunculkan kekasihnya, Marvel malah lebih dahulu melanjutkan kisah musuhnya, yaitu Abomination, di serial She-Hulk.

Siapa yang Membeli Stark Tower?

5 Misteri MCU yang Belum Terpecahkan!, Greenscene

Stark Tower adalah salah satu lokasi MCU paling ikonik di Infinity Saga. Bukan hanya karena gedung ini milik Tony Stark, tetapi juga karena tim superhero Avengers pernah menjadikannya sebagai markas di Age of Ultron. Namun, setelah tim superhero terbaik Bumi tersebut pindah ke Avengers Compound, di film Spider-Man: Homecoming terungkap bahwa gedung bersejarah tersebut telah dijual kepada seseorang. Siapa orang kaya yang berani membeli Stark Tower? Tidak sedikit penggemar yang percaya pada rumor tentang gedung tersebut dibeli oleh Reed Richard yang akan mengubahnya menjadi markas Fantastic Four, Baxter Building. Hanya waktu yang bisa menjawab kebenarannya.

Apakah Agent of S.H.I.E.L.D. Canon?

5 Misteri MCU yang Belum Terpecahkan!, Greenscene

Agent of S.H.I.E.L.D. adalah serial live action Marvel yang pertama kali tayang pada 2013 dan berakhir dengan season ketujuh pada tahun 2020. Meskipun ceritanya melanjutkan kejadian film The Avengers, tetapi sampai saat ini Marvel Studios masih belum mengakuinya sebagai bagian dari MCU. Padahal di dalamnya ada karakter Agent Coulson yang hidup kembali setelah sempat menjadi karakter kunci di film pertama Avengers. Banyak scooper Marvel yang mengungkapkan bahwa ke depannya ada kemungkinan Marvel akan mengakui status canon Agent of S.H.I.E.L.D. dengan memunculkan beberapa karakternya di kisah MCU selanjutnya. Kita lihat saja nanti.

Bagaimana Status Sokovia Accords?

Misteri terakhir yang sampai sekarang belum terjawab adalah ketidakjelasan status Sokovia Accords, apakah masih aktif atau tidak. Masih cukup jelas di ingatan para penggemar, Sokovia Accords adalah undang-undang yang akhirnya menyebabkan perpecahan di antara para anggota Avengers.

5 Misteri MCU yang Belum Terpecahkan!, Greenscene

Di film Captain America: Civil War, Iron Man yang mendukung Sokovia Accords akhirnya harus rela bersebrangan dengan Captain America dan juga sejumlah superhero lain. Namun, sejak filmnya berakhir, sampai sekarang tidak ada lagi yang membahas apalagi menegakkan undang-undang Sokovia Accords. Dalam salah satu trailer She-Hulk: Attorney At War sempat terlihat cuplikan adegan yang menyinggung Sokovia Accords. Mungkin dalam waktu dekat ini misterinya akan segera terjawab.

Itulah berbagai misteri Marvel Cinematic Universe yang sampai saat ini masih belum terpecahkan. Terlepas dari penting atau tidaknya untuk masa depan MCU, banyak sekali penggemar yang berharap bisa menemukan jawaban atas semua misteri ini. Karena tidak bisa kita mungkiri bahwa sebagian besar misteri ini sebenarnya mengandung hal yang cukup menarik untuk dibahas. Misalnya Beta Ray Bill yang berpotensi menjadi pengganti Thor, kemudian Stark Tower yang sangat menentukan nasib kota New York selanjutnya. Hanya waktu yang bisa menjawab semua misteri ini, kita nantikan saja ya, Geeks.