Ibu Luffy muncul di chapter 1057? Misteri sepertinya memang sudah melekat dengan keluarga Monkey D. Luffy. Hal ini bisa kita lihat dari ada banyak sekali misteri yang menyelimuti keluarga mereka. Pertama adalah misteri tentang sosok Monkey D. Dragon, ayah dari Luffy dan juga pemimpin pasukan revolusi. Sampai saat ini, masih belum kita ketahui apa kekuatannya dan juga berbagai informasi lainnya tentang Dragon.

Kemudian yang juga masih menjadi misteri dari keluarga Luffy adalah tentang ibu dari Luffy. Bahkan, ibu dari Luffy jauh lebih misterius daripada sosok Dragon. Kita masih belum mengetahui siapa namanya, seperti apa rupanya, dan terakhir adalah bagaimana sosok dari ibu Luffy tersebut. Juga yang jadi misteri adalah mengapa sedari kecil Luffy sudah diurus oleh Garp?

Dengan tidak adanya informasi sedikit pun tentang ibu dari Luffy, banyak spekulasi bermunculan di kalangan fans. Sebagian beranggapan bahwa mungkin orang tua Luffy menyimpan atau memiliki sebuah rahasia besar, yang bahkan Garp sendiri tidak mau memberi tahukannya. Lagipula, jika ibunya memang sudah meninggal, Garp mungkin akan mengatakannya saat bertemu Luffy di Water Seven.

Sosok Ibu Luffy

Berbicara mengenai orang tua Luffy, Oda Sensei sendiri pernah mengatakan di salah satu kolom SBS bahwa ibunya Luffy sebenarnya ada dalam cerita One Piece selama ini. Dengan kata lain, ibunya Luffy masih hidup. Dalam kutipan wawancara di American Shonen Jump yang rilis pada Desember 2009, Oda Sensei menjelaskan bahwa jika Ibu dari Luffy muncul dalam ceritanya, maka dia adalah wanita yang tangguh juga tegas.

Oda juga menjelaskan bahwa dia juga bukan sosok wanita yang cantik. Menurutnya, sosok ibu Luffy tersebut berusia paruh baya dengan rambut yang bergelombang. Jika menganalisa dari deskripsi yang Oda Sensei berikan, sebenarnya ada kemungkinan Oda menggunakan gambaran karakter lain sebagai referensi. Dan berdasarkan deskripsi dari Oda Sensei tersebut banyak fans yang kemudian berasumsi bahwa sosok itu adalah Dadan sang penjahat gunung.

Salah seorang fans juga pernah bertanya apakah Oda Sensei selama ini pernah menggambar orang tua Luffy atau memiliki rencana untuk menggambar orang tua Luffy. Oda kemudian menjawab bahwa selama ini kedua orang tua Luffy sudah muncul dalam cerita. Yang menarik adalah ada salah seorang wanita yang selalu terlihat berada disamping Dragon dalam setiap kesempatan.

Teori Lain

Selain asumsi atau teori bahwa ibu Luffy adalah Dadan – berdasarkan deskripsi yang Oda jelaskan – para fans juga memiliki teori lain. Ada kemungkinan ibu dari Luffy adalah seorang Celestial Dragon atau kaum naga langit. Menurut teorinya, Dragon terlibat dalam sebuah takdir yang cukup aneh sehingga bisa jatuh cinta kepada sosok kaum naga langit.

Seiring berjalannya waktu, mereka berdua kemudian melahirkan seorang anak (yaitu Luffy) dari hasil cinta terlarang mereka. Pemerintah Dunia pun kemudian mengetahui tentang kelahiran anak dari salah satu anggota kaum naga langit dan Dragon ini. Mereka pun memutuskan untuk memberikan tugas mengasuh anak tersebut kepada Garp.

Mereka juga memerintahkan Garp untuk tidak memberi tahu tentang masa lalu Luffy, dan juga siapa dia sebenarnya. Hal ini juga mungkin yang menjadi alasan mengapa Luffy tumbuh di wilayah East Blue. Selain teori bahkan ibu Luffy adalah kaum naga langit dan juga sosoknya mirip dengan Dadan, spekulasi mengenai sosok ibu Luffy kembali muncul baru-baru ini.

Hal tersebut karena adanya sebuah sosok perempuan yang banyak fans duga adalah ibu dari Luffy. Wanita misterius ini muncul di halaman sampul 1057 kemarin, dengan judul “Where the Wind Blows.” Halaman sampul ini memperlihatkan sedikit kisah tentang sosok Uta dan juga Shanks serta kelompoknya. Namun, yang menarik adalah di chapter 1057 kemarin terdapat sosok wanita “misterius” yang banyak fans duga adalah ibu Luffy.

Dalam panelnya, nampak wanita tersebut sedang menggendong bayi dengan rambut berwarna gelap atau hitam. Bayi tersebut bisa jadi adalah Luffy, mengingat jarak usianya dan Uta tidak terpaut jauh menurut informasinya. Sosok wanita misterius tersebut pun bukan Makino (atau bahkan Dadan) karena nampak warna rambutnya berbeda dengan Makino. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa itu bisa jadi adalah ibu dari Luffy.

Alasan Tidak Muncul dalam Cerita

Setelah menjadi misteri cukup lama, pada tahun kemarin Oda akhirnya membeberkan alasan mengapa selama ini dia belum memperlihatkan sosok ibu dari Luffy kepada pengisi suara Luffy di anime, yaitu Mayumi Tanaka. Ketika Tanaka mencoba menanyakan mengenai hal tersebut kepada Oda Sensei, Tanaka mengatakan bahwa Oda Sensei tidak tertarik untuk mengeksplor atau menghadirkan cerita tentang riwayat kehidupan Luffy.

Tanaka mengatakan bahwa Oda Sensei sengaja menghadirkan cerita awal perjalanan Luffy sebagai bajak laut ketika dia meninggalkan kedua orang tuanya dan juga rumahnya. Oda juga sedikit menjelaskan bahwa dia hanya ingin berfokus pada cerita Luffy dan petualangannya. Karena, cerita tentang ibunya tidak ada kaitannya dengan petualangan Luffy.

Namun, dengan cerita One Piece yang sudah mulai memasuki babak akhir bukan hal yang mustahil jika nanti kita pada akhirnya akan bertemu dengan ibu dari Luffy – atau mungkin sebelum Luffy mencapai Laugh Tale. Hal ini mungkin akan menjadi salah satu kejutan besar yang akan Oda hadirkan sebelum serinya selesai. Kita nantikan saja ya Geeks kejutan dari Eiichiro Oda tentang kemunculan orang tua Luffy.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.