The Rings of Power merupakan serial prekuel The Lord of the Rings yang sebentar lagi akan tayang di Prime Video. Serial garapan J. D. Payne dan Patrick McKay ini akan mengambil latar lokasi yang sama seperti film trilogi LOTRyaitu di Middle-Earth. Bedanya, The Rings of Power akan berlangsung pada Zaman Kedua, ribuan tahun sebelum Frodo lahir. Di mana kisahnya sendiri akan menceritakan banyak sekali legenda epik dari novel aslinya. Salah satunya adalah kebangkitan sekaligus runtuhnya kerjaan terbesar manusia, Númenor. Sebelum menonton serialnya, alangkah lebih baiknya kita kenali terlebih dahulu apa Númenor dan akan seperti apa perannya di serial The Rings of Power nanti.

Kebangkitan Kingdom of Men, Númenor

Berdasarkan sinopsis The Rings of Power, sebenarnya sudah cukup jelas bahwa Númenor adalah salah satu kerajaan yang akan menjadi lokasi penting di serialnya. Bagi yang masih penasaran, berikut ini potongan dari sinopsis resminya, “Mulai dari pedalaman Misty Mountains yang paling gelap. Kemudian hutan megah Lindon yang menjadi ibu kota elf. Sampai kerajaan pulau Númenor yang menakjubkan dan titik terjauh dari peta Middle-Earth. Semua kerajaan dan para karakternya akan mengukir warisan yang akan terus hidup, meskipun mereka telah lama hilang.”

Di novel asli karya J.R.R. Tolkien, Númenor sendiri adalah kerajaan manusia yang sangat berjaya pada awal Zaman Kedua di Middle-Earth. Sebagai kerajaan yang berdiri di sebuah pulau, lokasi Númenor berada di antara benua utama Middle-earth dan wilayah surgawi, Undying Lands. Setelah memenangkan perang besar melawan Dark Lord Morgoth pada akhir Zaman Pertama, ras surgawi Valar yang merasa kasihan pada manusia akhirnya memutuskan untuk memberi mereka hadiah. Yaitu sebuah pulau bernama Númenor yang keluar secara ajaib dari Great Sea.

Di pulau inilah lantas para leluhur manusia berkumpul dan mendirikan kerajaan, raja pertamanya adalah Elros anak Eärendil. Di bawah kepemimpinannya, para manusia di Númenor yang menyebut diri mereka sebagai Dúnedain, hidup bahagia sampai umur mereka lebih panjang dari manusia biasa. Sebagai manusia yang pernah berinteraksi dengan ras Valar, Dúnedain alias Númenóreans mempunyai tanggung jawab besar untuk mengajari para manusia lainnya di Middle-Earth sebagai cendekiawan atau guru.

Pada saat yang bersamaan, Dark Lord kedua bernama Sauron mulai bangkit dan menciptakan Rings of Power. Ketika Elf dan Sauron tengah berperang, Númenóreans hadir sebagai penolong yang mampu menekan kekuasan Sauron agar tidak membesar. Seiring berjalannya waktu, para Númenóreans mulai merasa bahwa diri mereka spesial dan setara dengan ras surgawi Valar. Pada titik ini Númenóreans sama sekali tidak sadar bahwa kesombongan mereka telah menjadi awal kehancuran bagi kerjaan Númenor.

Hancurnya Númenor Karena Keserakahan

Berbekal rasa percaya diri yang sangat besar, raja Númenor yang ke-25 bernama Ar-Pharazôn memutuskan untuk menyerang Sauron, yang secara mengejutkan langsung menyerah. Pada titik inilah kesalahan fatal terjadi, alih-alih membunuhnya, Ar-Pharazôn malah membawa sang Dark Lord ke Númenor. Di mana Sauron akhirnya berhasil menghasut Ar-Pharazôn dan para Númenóreans, dengan menjanjikan keabadian jika mereka mau menyembah Morgoth. Dengan bodohnya Ar-Pharazôn malah mendirikan kuil megah untuk menyembah Morgoth dan menjadikan manusia sebagai pengorbanan.

Merasa sudah layak untuk menjadi makhluk surgawi, Ar-Pharazôn lantas memimpin pasukan Númenóreans untuk menyerang Valar dan mengambil alih Undying Lands. Para manusia serakah ini memang sempat menginjakan kakinya di pesisir pantai Undying Lands. Namun saat pemimpin Valar yang bernama Eru Ilúvatar muncul, mereka langsung kalah dan tidak bisa masuk lebih dalam lagi ke Undying Lands. Melihat kesombongan dan keserakahan Númenóreans ini Ilúvatar akhirnya menenggelamkan pulau Númenor. Dalam prosesnya sebagian besar rakyat Númenóreans mati tenggelam, termasuk Sauron.

Sebelum Númenor tenggelam, Valar sebenarnya telah memberi tahu Elendil terlebih dahulu tentang bencana yang akan terjadi. Elendil sendiri adalah seorang Númenóreans yang masih tetap setia pada Valar sampai akhir. Setelah mengetahui tragedi yang akan datang, dia bersama para pengikutnya memutuskan untuk berlayar dengan sembilan perahu ke benua utama Middle-Earth. Bersama kedua anaknya, Isildur dan Anárion, Elendil akhirnya mendirikan dua kerajaan manusia di Middle-Earth, yaitu Arnor dan Gondor.

Itulah pembahasan mengenai kerajaan terbesar manusia yang akan memainkan peran penting di kisah The Rings of Power. Dengan legenda Númenor yang sangat panjang dan kaya ini, sepertinya season perdananya nanti tidak akan langsung menceritakan kehancuran Númenor. Melainkan cerita awal Númenóreans, di mana mereka bertindak sebagai guru manusia sekaligus sekutu elf dalam melawan Dark Lord Sauron. Kebangkitan kerajaan Númenor ini akan segera bisa kita saksikan di serial The Rings of Power yang akan tayang perdana pada tanggal 1 September besok.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.