Mutan adalah salah elemen penting dari Marvel Comics yang saat ini tengah penggemar antisipasi kehadirannya MCU. Tanpa terkecuali Wolverine, yang memang sejak awal sudah cukup sering menjadi perwakilan mutan di setiap kisah Marvel. Dia adalah salah satu karakter Marvel yang pernah menjadi anggota X-Men dan Avengers sekaligus. Dengan kemampuan healing factor dan juga kuku tajamnya, Wolverine telah menjadi mutan paling populer dalam sejarah Marvel. Yang sekarang sering menjadi pertanyaan adalah kapan superhero yang debut pada tahun 1974 ini akan menampakan dirinya di MCU?

Marvel Studios sendiri sebenarnya telah menghadirkan varian multiverse dari pemimpin X-Men, Charles Xavier, di film Doctor Strange 2. Kemudian belum lama ini serial Ms. Marvel melalui sosok Kamala Khan, telah mengonfirmasi adanya peristiwa mutasi di Prime Earth MCU. Berdasarkan hal tersebut bukan tidak mungkin bahwa Wolverine juga sebenarnya sudah eksis di Prime Earth sejak lama. Menariknya, baru-baru ini hal tersebut secara tidak langsung telah Marvel konfirmasi melalui easter egg di episode terbaru She-Hulk: Attorney At Law. Bagaimana bisa? Langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Cara Marvel Studios Konfirmasi Sosok Wolverine

Baik sengaja maupun tidak, sebenarnya Marvel Studios sendiri telah memberikan berbagai petunjuk terkait kemunculan mutan di MCU sejak lama. Salah satunya melalui lokasi Madripoor yang sempat muncul di serial The Falcon and the Winter Soldier, di mana Sam, Bucky, dan Zemo mencari Power Broker. Di Marvel Comics sendiri Madripoor adalah tempat pelarian bagi para kriminal dan para mutan yang tersisihkan secara sosial. Termasuk Logan/Wolverine yang sempat menjadikan Madripoor sebagai basisnya ketika beraksi sebagai antihero bernama Patch, begitu juga dengan banyak mutan lainnya.

Dengan easter egg terbaru di She-Hulk episode 2 kemarin, sekarang eksistensi Wolverine menjadi lebih jelas lagi. Dalam salah satu adegan di episode kedua, Jennifer Walters/She-Hulk terlihat tengah mencari lowongan pekerjaan untuk pengacara di internet. Ketika kamera menyorot layar laptopnya, di sampingnya terlihat sebuah berita menarik yang berjudul ‘Man fights with metal claws in bar brawl’. Berdasarkan judul tersebut, Siapa lagi kalau bukan Wolverine yang berhubungan dengan ‘cakar logam’ dan ‘perkelahian bar’. Karena hanya dialah yang sering berkelahi di bar dengan cakarnya ketika sedang mabuk.

Meskipun Marvel Studios belum mengonfirmasi keberadaan X-Men dan para mutan secara keseluruhan, eksistensi Wolverine ini sebenarnya cukup masuk akal. Faktanya, film Captain America: The First Avenger yang berlangsung pada era Perang Dunia II, sempat menyinggung lokasi penelitian metahuman di Alamogordo, New Mexico. Lokasi yang berhubungan dengan eksperimen mutan di Marvel Comics ini bisa saja Marvel jadikan sebagai lokasi awal kemunculan Wolverine di MCU. Di mana para peneliti di Alamogordo mengerjakan proyek Weapon X, yang membuat tulang Wolverine menjadi adamantium.

Kapan Wolverine Akan Menampakan Diri di MCU?

Setelah mengetahui bahwa Wolverine eksis di MCU, sekarang pertanyaannya kapan dia akan menampakan diri? Jika benar Wolverine telah terlibat dalam proyek Weapon X di Alomogordo, bukan tidak mungkin dia sempat mengalami lupa ingatan karena telah mati beberapa kali. Seperti yang kita tahu, healing factor Wolverine memang sering kali membuatnya tampak hidup kembali dalam keadaan lupa ingatan. Hal inilah yang mungkin akhirnya membuat dia bersembunyi sambil mencari tahu tentang jati dirinya.

Dalam persembunyiannya tersebut, bisa saja akhirnya dia berakhir di Madripoor, tempat yang cukup aman bagi mutan sepertinya. Terlepas dia beraksi sebagai Patch atau tidak, yang jelas keberadaannya di Madripoor bisa menjelaskan mengapa selama ini tidak ada yang tahu keberadaannya, baik media maupun superhero lain. Nah, sekarang dengan berita yang muncul di serial She-Hulk ini ada kemungkinan dia mulai berani kembali ke Amerika sebagai pemabuk yang sering berkelahi dengan para pria di bar. Cepat atau lambat dia pasti akan menampakan batang hidungnya di hadapan para penggemar.

Sayangnya, kita tidak bisa tahu secara pasti kapan dan di tayangan mana dia akan muncul. Karena dalam pengumuman terbaru Marvel Studios di SDCC, tidak ada satu pun judul film atau serial di Fase 4 dan 5 MCU yang berkaitan dengan mutan apalagi Wolverine. Walaupun begitu, sisi baiknya berarti Wolverine bisa muncul sebagai cameo di mana dan kapan saja. Bisa di serial She-Hulk: Attorney At Law yang saat ini sedang tayang, atau di tayangan MCU lain yang akan datang. Bagaimana menurut kalian?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.