Scarlet Witch

Sejak awal, bergabungnya Wanda Maximoff/Scarlet Witch dengan Avengers mirip seperti pisau bermata dua. Kekuatan sihirnya merupakan aset yang sangat berharga bagi tim, tetapi kestabilan emosinya juga berpotensi merugikan para anggota Avengers. Hal yang tidak diinginkan tersebut pernah terjadi di kisah Avengers Disassembled, di mana dia mengamuk karena tidak bisa menerima kematian anak kembarnya, Billy dan Tommy. Dengan kekuatannya dia merusak realitas di sekitarnya, sampai menyebabkan beberapa anggota Avengers mati, sampai akhirnya tim dibubarkan karena pengkhiatannya ini.

Quicksilver

Tidak jauh berbeda seperti saudarinya, Quicksilver juga mempunyai emosi yang tidak stabil dan sering meledak-ledak. Hal ini pada akhirnya membuatnya sempat berkhianat pada Avengers setelah mengetahui mantan istrinya yang juga superhero bernama Crystal berselingkuh dengan sesama anggota Avengers. Meskipun pada akhirnya mereka bercerai, tetapi dendam Quicksilver masih belum juga reda. Dalam kisah lainnya, dia pernah mendesak pemerintah untuk menurunkan tim khusus Freedom Force, guna menangkap para Avengers dan membubarkannya.

Nick Fury

Dengan kuasanya yang cukup besar sebagai pemimpin S.H.I.E.L.D., Nick Fury bersama Quake pernah melakukan misi rahasia untuk membunuh perdana menteri Latveria. Hal ini justru berimbas pada pemimpin Latveria. yaitu Doctor Doom, mengamuk di Amerika sampai menyebabkan berbagai kehancuran di berbagai lokasi. Dalam prosesnya, anggota Luke Cage sampai mengalami koma karena serangan tersebut, dan istrinya yang juga superhero, Jessica Jones, bahkan nyaris mati. Setelah semuanya sadar, akhirnya para Avengers mencap Fury sebagai pengkhianat karena telah melakukan misi rahasia tanpa sepengetahuan mereka.

Maria Hill

Meskipun terpisah secara organisasi, tetapi sejak awal S.H.I.E.L.D. dan Avengers tetap saling terhubung satu sama lain sebagai pelindung Bumi dan semua isinya. Beberapa agen S.H.I.E.L.D. bahkan sempat ada yang menjadi bagian dari Avengers, seperti Nick Fury dan Maria Hill. Sayangnya, saat Maria menjabat sebagai pemimpin baru S.H.I.E.L.D. dia malah berkhianat pada Avengers di kisah Civil War. Sebagai bagian dari pemerintah, Maria adalah sosok yang menggebu-gebu untuk menghentikan dukungan pada Avengers yang tidak mau mendaftarkan diri pada pemerintah.

Queen Veranke

Awalnya tidak ada yang tahu bahwa Queen Veranke pernah menjadi bagian dari Avengers. Karena faktanya dia adalah ratu alien Skrull yang sangat ingin menguasai Bumi bersama pasukannya. Namun, pada kenyataannya akhirnya terungkap bahwa selama ini dia telah menculik sekaligus menyamar menjadi Spider-Woman Jessica Drew untuk masuk ke Avengers. Saat bersama para Avengers inilah dia berhasil membukakan jalan bagi para pasukannya untuk menyamar menjadi orang lain. Penghianatan yang cukup senyap ini membuat para Avengers merasa sangat tertipu oleh Veranke.

Itulah 10 pengkhianatan keji yang terjadi di Avengers. Kesepuluh pengkhianat ini secara tidak langsung telah membuktikan bahwa Avengers sebenarnya cukup rentan untuk dimasuki oleh para anggota yang malah menjadi ancaman bagi tim dan Bumi secara kelesuruhan. Di mana hal tersebut seharusnya dapat menjadi pengalaman yang berharga bagi Avengers untuk lebih protektif terhadap kestabilan timnya sendiri jika ingin membuat Bumi lebih baik. Karena jika hal ini terus terulang bukan tidak mungkin Avengers malah akan mempermudah tugas para supervillain. Karena tanpa perlu menyerangnya dari luar, Avengers berpotensi untuk hancur dengan sendirinya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.