Ternyata di kubu Avengers, pernah terjadi pekhianatan keji. Avengers adalah tim superhero terbaik Marvel yang sebenarnya tidak luput juga dari pengkhianatan. Selain karena kebutuhan cerita, hal tersebut bisa terjadi karena memang Avengers terdiri dari banyak karakter yang mempunyai latar belakang berbeda. Sehingga terkadang cara berpikir, tujuan, dan juga kepetingan akan saling bersinggungan sampai akhirnya memunculkan para pengkhianat. Terlepas dari motif dan alasannya, tentunya berbagai pengkhianatan tersebut sangat berdampak bagi mereka. Apalagi para pelakunya terkadang dari para anggota yang sudah bertahun-tahun menghabiskan waktu bersama. Berikut ini sepuluh pengkhianatan yang terjadi di Avengers!

Captain America

Siapa yang tidak mengenal Captain America? Karakter yang mempunyai nama asli Steve Rogers ini adalah salah satu anggota Avengers pertama yang sering menjadi kartu as bagi tim. Walaupun begitu, dalam kisah Secret Empire (2017), dia pernah melakukan pengkhianatan terkejam dalam sejarah Avengers. Di mana dia secara tiba-tiba mengungkapkan jati diri barunya sebagai agen rahasia Hydra dan ingin menguasai Amerika. Hal ini bisa terjadi karena ternyata seorang villain telah menggunakan Cosmic Cube menulis ulang sejarah dan karakternya. Dalam prosesnya dia hampir berhasil mengambil alih Amerika dan membunuh beberapa superhero yang menghalanginya.

Doctor Druid

Meskipun tidak seterkenal Captain America, tetapi Doctor Druid adalah salah satu mantan pemimpin Avengers yang pengkhianatannya cukup berdampak bagi tim. Semuanya bermula dari Ravonna Renslayer yang membantu dia untuk masuk Avengers, guna menghancurkan tim dari dalam. Hasutan Ravonna pada akhirnya membuat Doctor Druid membawa petaka bagi Avengers. Di mana dia menggunakan kekuatan telepatinya untuk membuat She-Hulk melawan para sahabatnya di Avengers. Walaupun rencana final Doctor Druid gagal, tetapi para Avengers tetap bubar karena merasa malu telah menerimanya.

Vision

Saat Vision menjadi anggota West Coast Avengers di komik Avengers #253 (1985), Eros pernah memperkenalkannya pada komputer super di planet Titan. Alih-alih memanfaatkannya untuk tujuan baik, Vision malah merasa bahwa dia juga harus mengendalikan semua komputer dan teknologi di Bumi demi kebaikan bersama. Namun, pada akhirnya ambisi Vision ini malah berujung pada pengkhianatan, karena dia malah menggunakan semua persenjataan di Bumi untuk kepentingannya sendiri. Perbuatannya ini telah merusak citra Avengers di mata seluruh pemerintah dunia.

Hank Pym

Suatu hati ketika Hank Pym masih menjadi Yellowjacket, dia pernah membantai para musuhnya secara berlebihan. Hal ini pada akhirnya membuat para Avengers membawanya ke pengadilan militer karena perilaku buruknya tersebut. Karena tidak ingin dipecat oleh Avengers, Yellowjacket lantas menciptakan robot khusus untuk membuatnya tampak seperti menyerang pengadilan. Upaya tersebut dia rencanakan agar dirinya terlihat seperti pahlawan ketika mengalahkan robot tersebut. Namun, Sebelum rencana tersebut sepenuhnya berjalan, Avengers lebih dahulu mengetahuinya dan akhirnya memutuskan untuk mengeluarkannya dari Avengers tanpa melalui pengadilan.

Iron Man

Iron Man adalah salah satu pendiri Avengers yang sudah cukup sering berkhianat pada tim. Misalnya di kisah Civil War pertama, di mana dia membuat tim terpecah menjadi dua kubu hanya karena mendukung upaya pemerintah untuk mendata semua metahuman di Bumi. Dalam prosesnya dia bahkan membuat Peter Parker/Spider-Man mengungkapkan identitas aslinya pada publik, sehingga menyebabkan banyak musuh yang mengincar hidup Peter dan keluarganya. Di kisah Civil War II juga Iron Man pernah menciptakan kloning Thor bernama Ragnarok yang akhirnya membunuh superhero Bill Foster/Goliath.

1
2