Dengan kemunculan klan Otsutsuki menjelang akhir seri Naruto, Masashi Kishimoto membuka berbagai kemungkinan baru yang bisa terjadi di sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation. Dan sejauh ini, rasanya Kishimoto memang sudah cukup berhasil mengeksplor hal tersebut. Salah satu kekuatan dalam ceritanya yang cukup banyak menarik perhatian adalah sebuah tanda yang disebut sebagai Karma.

Karma sendiri saat ini sudah menjadi pusat cerita di serinya, dengan adanya beberapa karakter yang memiliki tanda ini. Salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto. Perlahan misteri dari karma mulai terungkap. Selain itu, serinya juga memperlihatkan berbagai kemampuan dahsyat dari segel Karma. Apa saja? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Penyerapan Ninjutsu

Meskipun Karma adalah kemampuan yang sangat berbahaya bagi penggunanya, kekuatan ini juga mampu memberikan sesuatu yang dahsyat. Salah satu kemampuan paling dasar dari Karma adalah penyerapan teknik ninjutsu berbasis kekuatan chakra. Namun, ada beberapa pengecualian yang tidak bisa diserap oleh Karma, misalnya kemampuan lain yang berasal dari elemen yang asli.

Saat pertarungan melawan Isshiki, Kashin Koji sempat mengeluarkan kemampuan api miliknya, namun kemampuan tersebut terbukti ampuh menghadapi Isshiki karena api yang dikeluarkan berasal dari api asli dan bukan jutsu. Kemudian, Kawaki juga mampu menyerang Momoshiki karena dia menggunakan Jutsu api yang asli. Teknik ini adalah salah satu alasan mengapa pemilik Karma menjadi sangat kuat.

Terbang

Semua anggota klan Otsutsuki pasti memiliki kemampuan untuk terbang. Jadi, sudah menjadi hal yang alamiah jika kemudian para pengguna Karma memiliki kemampuan untuk terbang. Meskipun mereka tidak bisa terbang dalam tahap dasar kekuatan Karma, namun ketika mereka mengaktifkan tahap kedua kekuatannya maka mereka akan mendapatkan kemampuan untuk terbang.

Kemampuan terbang ini bisa kita lihat saat Isshiki pergi ke Konoha. Dia nampak seperti Pain yang dahulu hendak menyerang Konoha dengan teknik andalannya, Deva Path. Boruto sendiri pernah memperlihatkan kemampuannya ini saat pertarungan melawan Boro, di mana Momoshiki mengambil alih kendali dari tubuh Boruto. Dan akhirnya dia pun berhasil mengalahkan salah satu anggota Kara tersebut dalam waktu singkat.

Penyerapan Chakra

Kemampuan ini sebenarnya sama dengan kemampuan Rinnegan, di mana Karma akan membuat penggunanya mampu mencuri/mengambil chakra secara langsung dari tubuh orang lain. Kekuatan ini baru muncul sekali sejauh ini di serinya. Pada saat itu, teknik ini Boruto gunakan untuk meminjam chakra milik Naruto demi mengalahkan Boro. Cara penggunaanya sendiri sangat sederhana, dia hanya akan menempelkan telapak tangannya ke tubuh korbannya.

Kekuatan ini juga sangat berguna sebagai pengganti chakra yang hilang dari si penggunanya. Dan selain itu, di sisi lain kemampuan ini bisa menguras chakra musuh. Inilah salah satu kemampuan dari Karma yang membuat kekuatan ini menjadi sangat ditakuti. Meskipun begitu, bagaimana kemudian penggunanya harus melakukan kontak fisik menjadi kelemahan dari teknik ini.

Melakukan Jutsu Ruang dan Waktu

Kekuatan dahsyat lainnya dari Karma adalah membuat penggunanya untuk bisa melakukan semacam ninjutsu ruang dan waktu, dan mampu melewati apa pun. Jigen sendiri memiliki akses untuk bisa pergi ke berbagai dimensi ketika dia menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Boruto sendiri dalam chapter sebelumnya berhasil mempraktikan hal ini dengan membuka sebuah portal yang membawa Isshiki menjauh dari Konoha.

Banyak yang menduga bahwa kekuatan Boruto saat ini masih sangat lemah, dan apa yang dia praktikan kemarin sebenarnya ada kaitannya dengan “gesekan” antara kekuatan milik Momoshiki dan kekuatan milik Isshiki. Namun, dengan Boruto dan Kawaki kini sudah sepenuhnya menjadi Otsutsuki maka mereka tidak perlu lagi “gesekan” tersebut. Yang perlu mereka lakukan adalah melatih kemampuan ini. Bahkan, Code sendiri mengakui hal tersebut.

Berbagai Kekuatan Otsutsuki

Seperti yang sudah muncul sebelumnya, Karma secara perlahan akan “mengonsumsi” tubuh dari wadahnya dan kemudian merubah mereka menjadi sosok Otsutsuki tersebut. Ketika identitas mereka perlahan mulai mengambil alih tubuh si wadah, kekuatan mereka juga akan meningkat secara drastis. Singkatnya, mereka yang memiliki segel Karma maka akan memiliki kekuatan Otsutsuki.

Ketika Boruto tidak mampu menghadapi Boro dan merelakan tubuhnya Momoshiki ambil alih, maka peningkatan kekuatan terasa jelas. Seperti penjelasan yang pernah Code ungkapkan, Karma memiliki berbagai data dari seorang Otsutsuki. Data tersebut pun termasuk kemampuan bertarung dan kekuatan mereka. Artinya, pemilik kekuatan Karma akan mampu untuk memanfaatkan kekuatan dan pengalaman bertarung dari seorang Otsutsuki.

Peningkatan Kekuatan

Karma juga mampu memberikan peningkatan kekuatan bagi penggunanya. Ketika segel tersebut aktif, maka kemampuan bertarung dan hal lainnya akan langsung meningkat. Hal ini bisa kita lihat ketika Boruto bertarung melawan ayahnya. Sebelum menggunakan kekuatan ini, dia tidak mampu untuk menandingi kekuatan Naruto. Namun, setelah tekniknya muncul maka jarak mereka berdua tidak terlalu jauh.

Segel Karma tersebut, ketika potensinya berhasil secara penuh terlepas, akan menghadirkan bentuk yang sangat mirip seperti seorang Otsutsuki. Terdapat tanduk dan bahkan Doujutsu yang bisa mereka gunakan. Kekuatan ini lebih kita kenal sebagai tahap kedua dari segel Karma. Mereka yang menggunakannya akan benar-benar merasa seperti seorang Otsutsuki sesungguhnya. Hal ini karena proses Otsutsukifikasinya sudah hampir selesai.

Karma adalah sebuah kekuatan yang menjadi ciri khas klan Otsutsuki. Hal ini juga yang bisa membuat mereka abadi. Kemampuan Karma akan membuat anggota Otsutsuki menyegel tubuh milik seseorang dan kemudian menggunakannya sebagai wadah dari Otsutsuki. Meskipun wadah dari Otsutsuki tersebut bisa kita pastikan tewas, namun mereka akan menerima banyak kekuatan dahsyat.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/