Salah satu spekulasi dan kekhawatiran dari sebagian fans One Piece pasca bergabungnya Jinbe menjadi Nakama baru adalah bagaimana dia mengubah peta kekuatan kelompok tersebut. Dalam hal ini, para fans menduga bahwa Sanji akan menggeser posisi dari trio monster terutama Sanji. Kru bajak laut Topi Jerami adalah salah satu kelompok bajak laut terkuat saat ini.

Berbeda dengan kru bajak laut Kid atau Law, memang kualitas kru Topi Jerami jauh di atas mereka. Meskipun kemampuan mereka tidak merata, namun kru Topi Jerami saling melengkapi satu sama lain. Itulah yang membuat mereka kompak dan solid. Tapi, tidak bisa kita pungkiri juga jika kekuatan dan kemampuan menjadi permasalahan yang harus mereka hadapi.

Suka atau tidak suka, kru Topi Jerami selalu bergantung kepada tiga kru andalan mereka yaitu Sanji, Zoro, dan Luffy. Mereka sering kali disebut sebagai trio monster. Hubungan apik mereka sangat terbangun sejak ketiganya bertemu dan berada di kapal yang sama. Harus kita akui juga, melihat sosok Luffy dan Zoro, Sanji adalah karakter yang kurang begitu dominan dalam pertarungan.

Para fans tidak jarang membandingkan kekuatan Sanji dengan sosok Zoro. Bahkan, ada persaingan kekuatan dari kedua karakter ini. Meskipun begitu, tidak ada yang mampu merusak harmoni mereka bertiga sampai kemudian muncul sosok Jinbe. Jinbe adalah anggota baru dalam kelompok Topi Jerami. Meskipun begitu, pertemuan antara Luffy dan Jinbe sendiri sebenarnya sudah lama terjadi.

Pertemuan Luffy dan Jinbe

Luffy dan Jinbe sendiri bertemu di Impel Down dan kemudian mereka terlibat berbagai petualangan besama, seperti saat perang besar di Marineford atau saat Luffy harus menghadapi para penjahat di arc pulau manusia ikan. Jinbe sendiri merupakan sahabat dari Ace, yang dimintai tolong untuk menjaga Luffy. Jinbei kemudian bergabung dengan kru Topi Jerami di akhir arc Whole Cake Island.

Namun, pada saat itu, dia belum bergabung karena mencoba untuk menghadang sosok Big Mom. Jinbei baru bergabung di babak ketiga arc Wanokuni saat aliansi Luffy hendak pergi ke Onigashima. Bergabungnya Jinbei ini memang mendapatkan tanggapan beragam dari para fans. Ada yang mendukungnya dan ada yang menolak. Mereka yang mendukung beranggapan bahwa bergabungnya Jinbei akan menambah kekuatan kru Topi Jerami.

Jinbei adalah salah satu petarung hebat dengan karate manusia ikannya. Selain itu dia juga handal dalam mengendalikan kapal. Tapi, di sisi lain, mereka yang menolak beranggapan bahwa kemunculan Jinbei justru akan membuat “semuanya” kacau, khususnya dinamisme yang sudah terbangun kuat di antara trio monster. Dan entah memang sengaja atau tidak, Eiichiro Oda seolah memberikan petunjuk bahwa memang kemunculan Jinbei justru “merusak” dinamisme diantara trio monster sebelumnya.

Dalam pertempuran Onigashima, Jinbei begitu bersemangat untuk menghadapi para bajak laut Beast, dengan muncul dalam beberapa momen penting. Sama halnya dengan Luffy dan Zoro. Di panel terakhir chapter 987 kita juga melihat bahwa tiga orang yang ada di depan adalah Zoro, Luffy, dan Jinbei. Padahal, biasanya posisi Jinbei selalu diisi oleh Sanji.

Memang masih belum kita ketahui secara pasti mengapa Oda Sensei melakukan hal tersebut. Ada yang beranggapan bahwa hal ini terjadi karena Oda Sensei jauh lebih menyukai karakter Jinbei daripada sosok Sanji. Tetapi, mungkin ada alasan lainnya mengapa Oda Sensei melakukan hal tersebut.

Geser Nilai Buruan Sanji

Selain menggeser “kepentingan” Sanji di trio monster, Jinbe juga terbukti mampu menggeser posisi Sanji dalam urusan nilai buruan. Hal ini bisa kita ketahui dalam chapter terbaru serinya. Dalam chapter 1058, kita akhirnya mengetahui nilai buruan terbaru dari kelompok Topi Jerami. Berdasarkan informasinya, Sanji mendapatkan nilai buruan 1,032,000,000 Belly.

Sedangkan, Roronoa Zoro mendapatkan nilai buruan 1,101,000,000 Belly dan Jinbe nilainya adalah 1,100,000,000 Belly. Hal ini tentunya memunculkan tanda tanya mengapa kemudian nilai buruan Sanji bisa lebih kecil daripada Jinbe. Padahal, yang mereka lawan memiliki kualitas yang berbeda. Jinbe menghadapi Who’s Who yang hanya berada di level Flying Six.

Sedangkan, Sanji bertarung menghadapi Queen yang notabene adalah bagian dari All-Stars dan merupakan sosok terkuat nomor 3 di kelompok bajak laut Beast. Seharusnya, nilai buruan Sanji berada di angka nilai buruan Jinbe. Hal ini pun seolah menjadi petunjuk lain bahwa sang ksatria laut mulai menggeser posisi Sanji di kelompok Topi Jerami. Tentu ada alasan kuat mengapa Oda Sensei melakukan hal tersebut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.