The Last Samurai (2003)

Sementara jumlah korban jiwa The Lord of the Rings: The Two Tower sudah cukup fantastis, film The Last Samurai jauh lebih parah lagi. Filmnya sendiri bercerita tentang orang Amerika (Tom Cruise) yang menjadi samurai pada tahun 1800-an. Pada akhirnya dia harus bertarung bersama para samurai untuk melawan pemerintah Jepang yang mulai meninggalkan tradisi. Dalam prosesnya, setidaknya jumlah kematian mencapai 558 korban jiwa, di mana sebagian besar berasal dari kubu samurai.

Troy (2004)

Troy adalah salah satu film perang realistis yang bercerita tentang Trojan War dari legenda Yunani. Meskipun hanya ada sedikit sekali unsur fantasi di dalamnya, tetapi filmnya sangat menyenangkan untuk kita saksikan. Khususnya karena strategi dan situasi peperangannya tampak nyata sekaligus brutal. Sebagai film yang menceritakan kisah dari mitologi Yunani, tidak aneh jika peperangannya menelan korban jiwa sebanyak 572 orang. Di mana sebagian besar kematian terjadi saat Yunani menyerang Kota Troy.

300 (2006)

Sama seperti film Troy, 300 adalah film karya Zack Snyder yang bercerita tentang perang legenda antara pasukan Sparta melawan Persia. Selain penuh dengan adegan aksi yang berdarah-darah, di ending filmnya setidaknya ada 600 kematian yang terjadi. Dengan jumlah pasukan Sparta yang jumlahnya hanya tiga ratus dan mereka mati semua, berarti sisa korban jiwanya berasal dari kubu Persia. Jika diambil rata-rata kematian dari durasi filmnya yang kurang dari dua jam, artinya ada sekitar lima orang yang tewas setiap menitnya.

Kingdom of Heaven (2005)

Kingdom of Heaven adalah film perang epik yang mengangkat kisah nyata tentang perebutan kekuasan di Yerusalem pada abad ke-12. Film underrated karya sutradara Ridley Scott ini berhasil mendapatkan banyak pujian, khususnya karena ceritanya yang berimbang dan cukup sesuai dengan materi aslinya. Di film yang bercerita tentang Perang Salib antara Crusader dan pasukan Khalifah Salahuddin ini setidaknya ada ribuan pasukan yang saling bertarung. Di mana saat pertempuran selesai total kematiannya mencapai 610 korban jiwa.

The Lord of the Rings: The Return of the King (2003)

Terakhir, film yang paling banyak memperlihatkan kematian adalah film terakhir dari trilogi The Lord of the Rings yang berjudul The Return of the King. Film yang meraih tiga penghargaan Oscar ini telah menghadirkan sejumlah pertempuran epik yang sangat luar biasa. Di mana sebagian besar pertempuran terbesarnya bahkan melibatkan semua ras yang ada di Middle-Earth. Itulah mengapa jumlah kematian di filmnya mencapai 836 korban jiwa yang berasal dari kedua kubu, antagonis maupun protagonis. Jika kita lihat dari jumlah korban jiwanya, The Return of the King sangat layak untuk menjadi film paling berdarah sepanjang masa.

BACA JUGA: 10 Film Berbudget Produksi Termahal!

Perlu kita catat, bahwa semua kematian ini diperlihatkan langsung di filmnya, bukan hanya sekadar diceritakan. Selain sepuluh film ini mungkin ada yang jumlah kematiannya lebih banyak, tetapi mereka umumnya hanya menceritakannya saja tidak memperlihatkan setiap kematiannya. Jadi dari sini cukup aman untuk kita simpulkan bahwa sepuluh film ini memang mengandalkan kematian sebagai elemen utama plotnya. Yang lebih mengerikannya lagi, beberapa di antara film ini ternyata mengangkat materi dari kisah nyata. Sehingga bisa kita bayangkan bahwa beberapa kematian tersebut benar-benar ada.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.