Inikah pemicu kehancuran Konoha? Dalam seri manga Boruto: Naruto Next Generation, para fans sudah sering kali mencoba untuk menebak dan mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi dengan situasi pada masa yang akan datang di Konoha. Seperti yang Geeks ketahui, di awal serinya kita melihat bagaimana Kawaki dan Boruto dewasa saling bertarung satu sama lain. Konoha sendiri nampak sudah hancur lebur dan rata dengan tanah.

Dalam momen tersebut, para fans sendiri banyak yang berasumsi bahwa Kawaki adalah orang yang sudah menghancurkan Konoha. Dan dia juga sosok yang sudah membunuh Naruto. Melihat bagaimana Kawaki sebelumnya, saat dia berada di bawah kendali Isshiki dan Kara, kejadian pada masa yang akan datang tersebut mungkin memang masuk akal.

Tetapi, pada kenyataanya sekarang Kawaki sudah berubah. Kawaki bukan hanya berhasil berubah menjadi lebih baik, namun juga dia sekarang sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh Naruto. Kawaki pun bahkan menganggap Naruto sebagai figur ayah yang selama ini tidak pernah ada dalam hidupnya. Di sisi lain, hubungannya dengan Boruto pun seperti layaknya seorang saudara.

Jadi, apa yang kemudian menjadi pemicu pertarungan antara Kawaki dan Boruto yang membuat Konoha menjadi hancur berantakan? Mungkin hal ini ada kaitannya dengan Otsutsuki yang ada di dalam tubuh Boruto. Dengan kata lain pertarungan tersebut disebabkan oleh sosok Momoshiki Otsutsuki. Bagaimana kemudian Momoshiki menjadi pemicu dari hal tersebut yang mengakibatkan kehancuran Konoha?

BACA JUGA: One Piece: Nilai Bounty Baru Topi Jerami!

Momoshiki Jadi Penyebab Semuanya

Seperti yang dihadirkan dalam chapter sebelumnya, Momoshiki mengatakan bahwa proses Otsutsukifikasi dari sosok Boruto sudah mencapai 82%. Dan dia terpaksa menggunakan sisa prosesnya untuk menghidupkan kembali sosok Boruto yang sudah terluka parah akibat serangan Kawaki. Momoshiki mengatakan bahwa meskipun proses Otsutsukifikasinya terhenti, namun karena sudah di atas 80% maka Boruto sudah resmi menjadi sosok Otsutsuki baru.

Selain itu, Momoshiki juga mengatakan bahwa karena proses Otsutsukifikasinya terhenti maka dia pun tidak akan bisa bereinkarnasi di tubuh Boruto. Namun, terdapat sebuah spekulasi di kalangan fans di mana disebutkan bahwa bisa jadi apa yang diungkapkan oleh Momoshiki tersebut adalah sebuah kebohongan. Momoshiki mungkin tidak bisa bereinkarnasi kembali di tubuh Boruto, namun dia masih bisa tetap mengendalikan Boruto.

Yang dia katakan adalah dia tidak bisa lagi bereinkarnasi di tubuh Boruto, tetapi bukan berarti dia tewas. Secara teknis, artinya Momoshiki masih tetap ada di tubuh Boruto yang membuka peluang Momoshiki kembali dan akan mampu mengendalikan Boruto. Dan bisa jadi inilah yang mungkin kemudian menjadi pemicu pertarungan antara Kawaki dan Boruto pada masa yang akan datang, yang membuat seluruh Konoha hancur lebur.

BACA JUGA: Mengenal Parodi Avengers di DC Universe!

Bukti Nyata

Muncul petunjuk lain yang memperlihatkan bahwa bukan Kawaki yang menjadi villainnya, melainkan Boruto sendiri. Hal ini bisa kita lihat di chapter 72 kemarin. Ketika Boruto hendak pergi untuk menemui Shikamaru bersama Team 7, sosok Momoshiki kembali muncul. Momoshiki dengan tegas mengatakan bahwa semua upaya yang dia lakukan tersebut akan sia-sia.

Pasnya, pada masa yang akan datang justru dia yang akan merasakan penderitaan yang mendalam. Bahkan, dengan tegas Momoshiki mengatakan bahwa Boruto akan kehilangan tekad untuk hidup. Pada momen itulah kemudian Momoshiki akan kembali berusaha untuk mengambil alih tubuh dari sang protagonis utama. Melihat situasi saat ini, memang muncul tanda tanya mengapa kemudian Kawaki dan Boruto bisa saling bertarung.

Hal tersebut benar-benar diluar karakter mereka. Pada momen tersebut, Boruto nampak seperti pahlawan dan Kawaki yang kemudian menjadi villainnya. Apalagi, yang Kawaki katakan pun semakin membuat semuanya ambigu. Boruto tidak pernah menjelaskan apa yang Kawaki lakukan sehingga dia menganggap tindakannya tersebut terlalu jauh. Kawaki juga tidak pernah mengatakan ke mana dia mengirimkan Naruto.

Para fans pun berasumsi bahwa Naruto sebenarnya dalam kondisi yang mungkin masih hidup dan membantu Kawaki untuk menghentikan Boruto. Lagipula, apa yang Momoshiki ungkapkan juga cukup ambigu di mana dia mengatakan bahwa di masa depan dia akan “menjalani hidup (Sebagai) Uzumaki Boruto untukmu.” Hal tersebut artinya Momoshiki berencana untuk memanipulasi sosoknya.

BACA JUGA: One Piece: Masa Lalu Mihawk Terungkap!

Kesimpulannya

Berdasarkan penjelasan di atas bisa kita simpulkan bahwa chapter 72 kemarin seolah memberikan kita petunjuk lain mengenai apa yang terjadi di masa depan. Percakapan antara Momoshiki dan Boruto memberikan gambaran bahwa sosok yang bertarung dengan Kawaki di masa tersebut bisa jadi bukanlah Boruto yang asli, melainkan Momoshiki. Hal ini karena misinya untuk kembali mengambil alih tubuh dari sang protagonis.

Kemungkinan skenario yang terjadi pada momen tersebut adalah Boruto, yang dikendalikan oleh Momoshiki, berhasil menghancurkan semua wilayah yang ada termasuk Konoha. Ketika momen kehancuran Konoha, Kawaki sendiri berusaha untuk menghentikan apa yang dilakukan oleh Boruto, karena dia rela melakukan apa pun untuk bisa melindungi Naruto dan juga Konoha – termasuk menghadapi “saudaranya” sendiri yaitu Boruto. Jika hal tersebut memang benar terjadi tentunya itu akan menjadi sebuah ironi besar.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/