Eiichiro Oda memang terkenal sebagai salah satu sosok mangaka yang sangat cerdas. Kejeniusan Oda banyak diakui oleh para fans dari One Piece, maupun para mangaka lainnya. Salah satu hal yang membuat Oda sensei jenius adalah bagaimana dia sudah mempersiapkan semuanya. Dan terkadang apa yang ingin dia ungkapkan di masa depan sudah diberikan petunjuk sejak jauh-jauh hari.

Contohnya adalah bagaimana Oda Sensei mempersiapkan semua hal yang akan terjadi di arc Wano, terutama pertempuran menghadapi Kaido, sejak jauh-jauh hari. Oda bahkan mempersiapkan konsep dan mencari berbagai referensi di berbagai tempat. Selain arc Wano, hal ini nyatanya juga terjadi para sosok Roronoa Zoro. Ternyata, Oda Sensei sudah merencanakan bahwa dia akan menghadirkan momen di mana Zoro hanya memiliki satu mata saja.

Rencana Besar Oda

Berdasarkan informasi yang ada, Oda sudah mempersiapkan desain karakter dari sosok Zoro sejak tahun 2000. Artinya, dia sudah mempersiapkan tentang hal tersebut sejak lebih dari dua dekade lalu. Hal ini terungkap dalam wawancara yang Eiichiro Oda dan Nobuhiro Watsuki yang merupakan kreator dari Rurouni Kenshin.

BACA JUGA: Ini Judul Episode Perdana The Boys Season 4!

Salah seorang fans, @Sandman_AP, membagikan hasil terjemahan dari wawancara tersebut. Menurut hasil terjemahannya, setelah One Piece dirilis (1997-2000), Oda Sensei mengatakan pada Watsuki bahwa Zoro akan menjadi karakter dengan satu mata di masa depan. Setelah mendengar ide dari Oda tersebut, akhirnya Watsuki menghilangkan rencana pembuatan karakter protagonis bermata satu yang akan muncul di manga buatan dirinya berjudul Gun Blaze West.

Hal tersebut dilakukan Wakatsuki demi menghindari situasi di mana beberapa fans mungkin akan beranggapan bahwa Oda Sensei “mencuri” ide dari Watsuki. Kreator Rurouni Kenshin tersebut sempat bertanya kepada Oda Sensei mengapa dia ingin Zoro menjadi sosok karakter bermata satu. Namun, sayangnya, Oda masih belum menjawab pertanyaan tersebut.

Oda sepertinya memang sudah merencanakan secara matang bagaimana Zoro kemudian akan menjadi karakter yang bermata satu. Sayangnya, memang sampai sekarang kita masih belum mengetahui apa yang sebenarnya terjadi kepada mata kiri Zoro. Banyak spekulasi yang mencoba menjawab pertanyaan tersebut, misalnya hal itu terjadi saat latihan bersama Mihawk.

BACA JUGA: One Punch Man: Ini Pemilik Kekuatan God Selanjutnya?

Berdasarkan dari apa yang sudah muncul di ceritanya, nampaknya mata kiri Zoro memiliki sebuah kekuatan misterius. Kekuatan tersebut mirip seperti Conqueror Haki di mana dia bisa memanipulasi musuhnya. Contohnya adalah ketika Zoro bertarung melawan Monet atau ketika Zoro menghabisi para samurai tanpa menyentuhnya di Wano.

Mampu Tirukan Kekuatan Orang Lain?

Di chapter 1000 kemarin, kita melihat hal menarik dari Zoro. Dia menggunakan teknik milik Kinemon untuk menghentikan serangan Big Mom. Teknik tersebut sangat menarik karena untuk pertama kalinya Zoro menggunakan teknik orang lain. Sepanjang sejarahnya di One Piece, Zoro tidak pernah sekali pun menggunakan teknik orang lain.

Zoro selalu yakin bahwa teknik miliknya sudahlah cukup dalam mengalahkan musuh. Tidak ada penjelasan mengapa Zoro menggunakan teknik Kinemon tersebut. Tetapi, ada kemungkinan Zoro menyadari bahwa musuhnya bukanlah lawan yang biasa. Zoro sendiri sepertinya sudah melihat teknik bernama Foxfire Style sejak di arc Dressrosa. Mungkin Zoro memiliki kemampuan khusus di mana ia mampu menirukan teknik orang lain setelah ia mengamati tekniknya.

BACA JUGA: DC: 4 Kelemahan Black Adam Paling Fatal!

Zoro kemungkinan besar dapat menirukan teknik orang lain berkat kemampuan di mata sebelah kirinya yang selalu tertutup. Bisa jadi bahwa selama ini, mata tersebut pernah diam-diam dibuka, dan kemudian melihat teknik musuh dan menghapalnya. Jika diumpamakan, mata tersebut mirip Sharingan dalam seri Naruto. Namun, kembali, kita masih harus menunggu konfirmasi tentang alasan mengaoa mata Zoro selalu tertutup dan ada rahasia apa di balik semua itu.

https://www.greenscene.co.id/author/irvan-sukmaningrat/