Hubungan antara Batman dan Catwoman adalah salah satu yang paling kompleks di DC Universe. Berbeda dengan Superman dan Lois yang memulai hubungannya dari persahabatan, Batman dan Catwoman justru bertemu dan saling mencintai saat keduanya berada di pihak yang berbeda, yaitu superhero dan supervillain. Namun, bagaimana mereka bisa saling jatuh cinta dengan keadaan tersebut? Dan bagaimana akhir dari kisah asmara mereka? Mari kita bahas seperti apa perjalanan hubungan Batman dan Catwoman sampai akhirnya menjadi salah satu pasangan paling favorit di DC Universe!

Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

Selain diceritakan di universe utama, kisah asmara antara Batman dan Catwoman juga sering diceritakan universe alternatif. Pada tahun 1977, DC pernah menceritakan Catwoman pensiun sebagai penjahat dan menikahi Batman di komik DC Super-Stars #17 yang berlangsung di Earth-2, keduanya bahkan mempunyai anak perempuan cantik bernama Helena. Kemudian di komik Detective Comics, Annual #7 (1994), di universe bajak laut, mereka berdua diceritakan menjadi ratu dan raja yang menguasai lautan.

Berbagai Hal Romantis di Hubungan Batman & Catwoman, Greenscene

Dan salah satu kisah cinta alternatif mereka yang paling ikonik dan menggetarkan hati, pernah diceritakan juga di komik Injustice: Gods Among Us #17. Ketika Superman berubah menjadi sosok jahat yang ingin menguasai dunia dan “membunuh” siapa pun yang menghalanginya, Batman menjadi sosok terdepan yang menentang tirani tersebut bersama para superhero dan supervillain lainnya yang sependapat. Salah satu faktor yang membuat Batman kuat melawan Superman adalah Catwoman yang setia berdiri di sampingnya dengan mengatakan, “Tubuhmu mungkin akan hancur, tetapi aku akan memelukmu.”

Asmara yang Menggelora

Batman adalah salah satu karakter DC paling tua yang melakukan debutnya di komik Detective Comics #27 yang dirilis pada tahun 1939. Satu tahun kemudian, tepatnya di komik Batman #1 (1940), Catwoman debut sebagai karakter bernama Cat dan untuk pertama kalinya dia bertemu dengan sang vigilante saat sedang melakukan sebuah pencurian, di mana hal tersebut membuat mereka berdua bersebrangan karena Batman adalah sang vigilante yang berusaha membersihkan Kota Gotham dari semua kejahatan.

Berbagai Hal Romantis di Hubungan Batman & Catwoman, Greenscene

Bertahun-tahun kemudian, Batman dan Catwoman terus bertemu dengan skenario yang hampir sama, di mana Catwoman mencuri dan Batman mengagalkannya lalu melepaskannya begitu saja. Pertemuan yang terus berulang pada akhirnya membuat Catwoman lebih dahulu mencintai Batman, tetapi di sisi lain Batman juga tidak pernah menolak perasaan pencuri wanita tersebut. Mereka berdua terus bertemu sampai akhirnya rasa cinta di antara keduanya tidak tebendung lagi, bahkan Catwoman pernah hampir membunuh Batman karena cemburu terhadap Vicky Vale di komik Batman #355 (1983).

Setelah perasaan cemburu sebelumnya berhasil diatasi, di komik Batman #608 (2002), sang Caped Crusader akhirnya mengungkapkan identitasnya kepada Catwoman, bahkan sempat menyatakan perasaannya juga. Namun, dengan cepat Batman merasa hubungan mereka tidak bisa dilanjutkan dan akhirnya memilih untuk putus secara “baik-baik”, di mana keduanya setuju meskipun sama-sama memendam rasa sakit yang tak tertahankan. Ketika Batman diceritakan tewas di komik Batman #686 (2009), Catwoman mengunjungi makamnya dan mengingat kembali bagaimana mereka berdua bisa saling jatuh cinta.

Cinta Terlama di DC Universe

Berdasarkan sejarah panjang di DC Universe, memang hubungan Batman dan Catwoman sudah berlangsung selama 82 tahun! Namun, baru-baru ini terungkap bahwa kisah awal asmara sebenarnya sudah lebih lama dari itu. Di komik Batman/Catwoman Special #1 karya Tom King dan John Paul Leon yang baru dirilis pada bulan Januari 2022 kemarin, terungkap bahwa mereka berdua telah bertemu sejak masih kecil, jauh sebelum menjadi superhero Batman dan supervillain Catwoman.

Berbagai Hal Romantis di Hubungan Batman & Catwoman, Greenscene

Catwoman yang mempunyai nama asli Selina Kyle, ternyata sudah mempunyai perasaan kepada Bruce Wayne saat dirinya pertama kali mendatangi rumah keluarga Wayne sebagai anak yatim piatu, mengingat keluarga Wayne sering mengadakan acara sosial bagi orang-orang yang kurang beruntung. Seline muda bahkan menggambar seekor kucing dan memberikannya kepada Bruce muda. Ketika orang tua Bruce meninggal, Selina mengatakan pada dirinya sendiri bahwa dia juga tidak punya orang tua dan berharap suatu saat nanti dirinya dan Bruce bisa bersahabat.

Menariknya, harapan Selina muda tersebut akhirnya benar-benar bisa terwujud, karena mereka berdua menjadi sahabat saat melakukan misi di Kota Gotham sebagai Batman dan Catwoman, bahkan sempat hampir menikah di komik Batman #50 yang dirilis pada tahun 2018, beberapa tahun sebelum kejadian Batman/Catwoman Special mengungkap pertemuan awal mereka yang sebenarnya. Pernikahan tersebut dibatalkan oleh Catwoman sendiri yang khawatir jika Bruce Wayne akan berhenti sebagai Batman jika menikahinya.

Itulah pembahasan mengenai kompleksitas hubungan antara Batman dan Catwoman di DC Universe. Meskipun di cerita modernnya mereka hampir menikah, dan sudah saling mengakui perasaannya masing-masing, lagi-lagi karena alasan “cinta” pada akhirnya membuat mereka tidak bisa bersama. Terlepas dari sakit hati yang dialami oleh Batman karena pembatalan pernihakan tersebut, Catwoman adalah orang pertama yang mencintai Batman dan dia juga yang paling mengerti bahwa “kekasihnya” masih dibutuhkan oleh kota Gotham, setidaknya untuk saat ini.