Dari sejak pertama kali debut hingga sekarang, Avengers adalah tim superhero terbaik di Marvel Universe. Tujuan utama mereka adalah membela kebenaran, melindungi bumi, dan menjaga semua yang ada di dalamnya dari segala macam ancaman. Terlepas dari semua keberhasilan mereka, tidak jarang juga para anggota Avengers justru berada di posisi yang mengharuskan mereka melakukan sesuatu yang bertentangan. Terkadang mereka terpaksa harus merekrut para villain untuk menyelamatkan lebih banyak nyawa. Berikut ini para villain yang berhasil Avengers selamatkan dari sisi yang salah!

BACA JUGA: Avengers yang Paling Ditakuti Kang the Conqueror!

Sandman

Meskipun terkenal sebagai salah satu musuh Spider-Man, Sandman memang pernah beberapa kali mencoba untuk terlepas dari dunia supervillain. Hal inilah yang pada akhirnya menarik perhatian para Avengers khususnya Captain America yang merasa perlu menyelamatkan Sandman dari sisi yang salah. Mulai dengan pembicaraannya dengan The Thing yang mempertanyakan pilihan hidupnya, akhirnya Sandman setuju untuk bergabung dengan Avengers. Meskipun tidak lama, tetapi setidaknya Sandman pernah merasakan bagaimana menjadi superhero sekaligus sekutu Spider-Man.

Black Widow

Black Widow adalah salah satu anggota inti Avengers, yang awalnya adalah seorang villain di komik Iron Man. Dia pertama kali muncul sebagai mata-mata Soviet yang mengandalkan paras dan sisi feminimnya untuk mengelabui musuh-musuhnya, termasuk para superhero. Karena cintanya pada Hawkeye, pada akhirnya Black Widow rela untuk membelot, sebelum Avengers merekrutnya dan menjadikannya superhero sampai sekarang. Jika tidak bertemu dengan Hawkeye dan Avengers, mungkin kisah Black Widow akan berbeda. Di mana dia akan tetap menjadi villain atau lebih parahnya lagi mati di tangan superhero lain.

Songbird

BACA JUGA: 7 Avengers Tanpa Anggota Inti!

Dari sekian banyak villain Marvel, Songbird adalah salah satu wanita super yang cukup beruntung karena direkrut oleh Avengers. Dia awalnya adalah seorang pegulat profesional bernama Screaming Mimi yang sering bekerja sama dengan sejumlah tim supervillain, seperti Master of Evil dan Lethal Legion. Meskipun dia tidak sampai bergabung dengan Avengers, tetapi banyak anggota yang mendukung Songbird bahkan berkontribusi dalam pertobatannya dari jalan yang salah. Termasuk Luke Cage dan Hawkeye yang bersedia menjadi mentornya saat Songbird menjadi bagian dari Thunderbolt.

Winter Soldier

Saat Captain America membeku di akhir era Perang Dunia II, banyak yang menyangka bahwa Bucky Barnes juga tidak selamat. Barulah pada tahun 2005, Marvel menceritakan bahwa dia sebenarnya masih belum mati. Melainkan sempat jatuh ke tangah agen Soviet yang akhirnya mencuci otaknya dan menjadikannya senjata hidup yang dikenal Winter Soldier. Sejak saat itu dia cukup sering menjadi musuh bagi banyak superhero. Sampai akhirnya Captain America mengetahui identitasnya dan memutuskan untuk merekrut Winter Soldier sebagai anggota Avengers, sambil berusaha mengembalikan ingatannya.

Wonder Man

Simon Williams alias Wonder Man awalnya adalah bagian dari tim supervillain Master of Evil yang dipimpin Baron Zemo. Tugas utamanya adalah berpura-pura bergabung dengan Avengers dan menghancurkannya dari dalam. Walaupun begitu, pada akhirnya dia malah melakukan pengorbanan heroik untuk menyelamatkan Avengers dari rencana busuk Zemo. Setelah Wonder Man bangkit kembali dengan energi ion miliknya, Iron Man memutuskan untuk benar-benar merekrutnya agar dia tidak kembali menjadi supervillain. Sejak saat itu, Wonder Man akhirnya menjadi superhero dan menjadi anggota tetap di Avengers.

BACA JUGA: Bukan Avengers, Ini Tim Superhero Pertama Marvel!

Itulah lima supervillain yang telah mendapatkan kesempatan kedua saat Avengers merekrutnya. Meskipun Avengers cukup sering merekrut mantan villain yang sudah menjadi superhero, tetapi untuk kelima karakter ini justru Avengers lah yang telah menyelamatkan mereka dari jalan yang salah, sebelum akhirnya menjadi superhero. Sebagian besar dari mereka bahkan masih bertahan sebagai superhero. Semua itu tidak lepas dari upaya para Avengers yang rela mengambil risiko untuk merekrut supervillain, dan terus mendampingi mereka sampai akhir.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.