Untuk pertama kalinya Disney dan Marvel akan menyelenggarakan acara khusus yang memperkenalkan berbagai proyek game mereka, yaitu Disney and Marvel Games Showcase. Acara ini rencananya akan debut pada bulan depan, bersamaan dengan acara D23 Expo yang akan terselenggara pada 9 September 2022. Dalam acara tersebut, akan ada pengumuman dari berbagai proyek Star Wars, Pixar, Marvel, dan sebagainya.

Acaranya sendiri kabarnya akan terselenggara secara daring, yang artinya semua orang bisa ikut menyaksikan acara tersebut. Untuk saat ini, masih belum kita ketahui pengumuman seperti apa yang akan mereka sampaikan dalam acaranya. Namun, ada beberapa proyek game Marvel yang sedang dalam tahap pengembangan. Apa saja? Berikut beberapa diantaranya.

Marvel Snap – 2022

Marvel Snap merupakan proyek game yang baru-baru ini Marvel umumkan kepada publik. Pada awalnya, ini merupakan permainan kartu koleksi (collectible card game) yang kemudian Marvel adaptasi dalam bentuk PC dan mobile. Rencananya, game ini akan Marvel rilis pada akhir tahun 2022 ini. Berbagai sosok penting di industri game, seperti Ben Brode, yang merupakan sosok dibalik game Hearthstone, ikut terlibat dalam proyek game ini.

Berdasarkan informasinya, ada kurang lebih 150 karakter pahlawan dan villain Marvel yang akan muncul di gamenya, termasuk para karakter populer. Dalam satu permainan, para pemain berhak menggunakan 12 kartu dan mereka akan bermain secara simultan. Sehingga, satu permainan akan menghabiskan waktu kurang lebih tiga menit. Marvel Snap sendiri dikerjakan oleh studio Second Dinner, dan kabarnya akan ada dua jenis kartu yang bisa pemain pilih yaitu yang gratis dan berbayar.

Midnight Suns – 2022

Dua pihak studio, Marvel dan Firaxis Games, bekerja sama untuk mengerjakan sebuah proyek yang sama yaitu Midnight Suns. Game ini merupakan tactical RPG-card hybrid, yang memiliki kemiripan dengan Marvel Snap. Game ini terinspirasi dari cerita komik Marvel Midnight Sons, di mana gamenya akan menghadirkan berbagai karakter ikonik dan klasik mulai dari Captain America, Iron, Man, bahkan X-Men.

Meskipun begitu, saat bermain gamenya para pemain akan berperan sebagai seorang pahlawan super yang bisa kita kostumisasi dengan nama The Hunter. Jake Solomon, sosok di balik pengembang game XCOM, adalah sosok yang mengerjakan gamenya. Ini pula yang kemudian membuat Jake berpendapat jika Midnight Suns akan memiliki alur taktik dan aksesibilitas semudah game XCOM.

Dari seri RPG, para pemain bisa menghabiskan waktunya di sebuah markas yang bernama Abbey, di mana The Hunter bisa membangun hubungan dengan para pahlawan lainnya. Dengan begitu, akan ada banyak keuntungan bisa pemain dapatkan. Contohnya adalah membuka kemampuan karakter atau mendapatkan kostum.

Spider-Man 2 – 2023

Game Spider-Man yang rilis pada 2018 lalu benar-benar meraih kesuksesan besar, di mana hampir semua pihak memberikan respon yang sangat positif. Inilah yang kemudian membuat game ini tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan lampu hijau untuk sekuelnya. Studio Insomniac saat ini mengerjakan sekuel game tersebut yang masih akan melanjutkan kisah Peter Parker dan Miles Morales.

Kabarnya, game ini akan rilis pada 2023 mendatang dan eksklusif di PlayStation 5. Dalam game sekuel ini Venom dikabarkan akan menjadi salah satu villain utama, seperti yang sempat muncul dalam trailernya. Menurut Ryan Schneider, sosok di balik Insomniac, Spider-Man 2 akan menghadirkan “kisah pahlawan yang hebat, namun juga akan menghadirkan kisah menyentuh dari sisi manusiawi sosok yang ada di balik topeng tersebut.”

Wolverine – TBA

Selain mengerjakan proyek sekuel game Spider-Man, Insomniac juga saat ini sedang mengerjakan sebuah game solo Wolverine. Sayangnya, sampai saat ini masih belum ada informasi tentang kapan jadwal perilisan gamenya. Namun, kemungkinan gamenya akan rilis setelah Spider-Man 2 yang artinya bisa jadi game Wolverine akan rilis pada akhir 2023 atau 2024 mendatang.

Selain dari apa yang muncul dalam trailer singkatnya, sangat sedikit informasi yang kita ketahui tentang proyek game Wolverine. Direktur kreatif Insomniac, Brian Horton, menyebutkan bahwa game ini benar-benar akan menghadirkan kisah dari sosok Wolverine dengan sentuhan cerita “dewasa.” Kabar terakhir dari gamenya menyebutkan bahwa pihak Insomniac masih dalam tahap “pengembangan awal.”

Setelah sukses dengan jagat sinematiknya, Marvel sepertinya benar-benar ingin serius membangun “jagat sinematik” lainnya di industri game. Setelah sukses dengan game Spider-Man pada 2018 kemarin, Marvel sepertinya masih akan terus membangun universe game mereka dengan menghadirkan berbagai game-game lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.