Sosok Tomura Shigaraki ingin menjalani kehidupannya sendiri sesuai yang dia inginkan dalam seri My Hero Academia. Namun, sosok yang mengendalikan tubuhnya justru memiliki rencana lain. Di awal serinya, All For One melatih Shigaraki untuk menjadi penerusnya sebagai sosok terkuat dan juga villain paling mengerikan. Bahkan, terdapat momen di mana AFO mulai menikmati apa yang dia lakukan terhadap Shigaraki.

All For One sepertinya menyadari bahwa dia tidak akan selamanya bisa menjadi sosok terkuat, karena era pertarungannya melawan All Might sudah selesai. Sudah saatnya sosok villain dan pahlawan dari era baru muncul. Inilah alasan kemudian AFO dengan sengaja berusaha untuk melatih Shigaraki menjadi sosok yang kuat dan jauh lebih mengerikan.

Namun, yang juga tidak kalah mengerikan adalah bagaimana sebenarnya AFO tidak benar-benar ingin menjadikan Shigaraki sebagai muridnya. Dia hanya ingin menjadikan Shigaraki sebagai wadah bagi sosoknya yang sudah tidak lagi muda. Bagaimana kemudian AFO mengendalikan Shigaraki? Bagaimana dia merencana dan melakukan semua hal tersebut?

BACA JUGA: My Hero Academia: Petunjuk Kematian Bakugo!

Ada Hubungannya Dengan Quirk All For One?

Sebelum cerita Paranormal Liberation War, Shigaraki harus mengalami perawatan dan operasi untuk meningkatkan kekuatannya. Hal tersebut dilakukan oleh Kyudai Garaki, profesor kepercayaan AFO. Butuh waktu yang cukup lama untuk menjalankan proses tersebut. Dalam prosesnya, Dr. Garaki memberikan Shigaraki akses untuk menggunakan Quirk milik AFO. Sementara, sang “guru” menggunakan versi duplikat atau tiruannya.

Bagaimana All For One Kendalikan Shigaraki?, Greenscene

Proses operasi tersebut harus terganggu dalam pertempuran pertama di serinya. Setelah terbangun, Shigaraki benar-benar bukan tandingan bagi semuanya. Dia pun kemudian mulai mengarahkan targetnya kepada sang rival abadi, Izuku Midoriya. Namun, saat mereka berdua bertarung, tiba-tiba AFO mengambil alih tubuh Shigaraki. Saat itu, AFO memang sedang terkurung di Tartarus.

Namun, nyatanya dia masih bisa masuk ke tubuh Shigaraki melalui “vestige world”. Singkatnya, itu merupakan sebuah istilah yang menggambarkan tentang alam bawah sadar yang bisa seseorang kendalikan atau masuki dengan Quirk All For One atau One For All. Shigaraki sempat berusaha untuk menahan kendali dari AFO, namun kekuatannya terlalu kuat bagi Shigaraki.

BACA JUGA: My Hero Academia: Para Karakter ini Akan Mati?

Perbedaan Utama Quirk AFO dan OFA

All For One dan One For All merupakan Quirk yang sangat luar biasa. Karena, ketika kemudian pengguna Quirk tersebut mewariskan atau memberikannya kepada orang selanjutnya, maka akan “sisa-sisa” kekuatan dari pengguna sebelumnya. Contoh nyata dari hal ini adalah Deku, yang mampu berkomunikasi dengan pengguna One For All sebelumnya di alam bawah sadar miliknya. Mereka mendukung Deku untuk menggunakan kekuatan tersebut.

Bagaimana All For One Kendalikan Shigaraki?, Greenscene

Hal yang sangat kontras nampak dalam sosok Shigaraki. AFO tidak berusaha untuk mendukung Shigaraki menjadi lebih kuat. Dia justru hanya ingin memanfaatkan sosok Shigaraki daripada bekerja sama dengannya. Hal ini pun seolah memperlihatkan perbedaan yang jelas dari dua Quirk epik tersebut. One For All justru memberikan penggunanya dukungan. Sedangkan, All For One justru menghancurkan penggunanya.

Menyatu Dengan Shigaraki Jadi Tujuan AFO

Untuk benar-benar menjadi sosok villain sempurna, AFO berencana untuk menyatukan kesadaran miliknya dengan milik Shigaraki. Dan di arc akhir ini sang villain utama sudah selangkah lagi untuk mewujudkan keinginannya tersebut. Namun, memang pada kenyataanya hal tersebut tidaklah mudah. Pasalnya, masih ada “sosok” lainnya yang di tubuh tersebut. Dia adalah Tenko Shimura.

Bagaimana All For One Kendalikan Shigaraki?, Greenscene

Seperti yang kita ketahui, Tenko Shimura adalah sosok pribadi yang ada dalam tubuh tersebut sebelum kemudian AFO memberikan nama baru baginya, yaitu Tomura Shigaraki. AFO nampaknya tidak mampu untuk mengendalikan atau mengambil alih kesadaran dari Tenko Shimura. Dan seperti yang kita lihat saat ini, mereka masih bertarung untuk menentukan siapa yang bisa mengendalikan tubuh tersebut.

BACA JUGA: My Hero Academia: 4 Karakter Terkuat di Season 6!

Masih harus kita nantikan siapa yang kemudian akan menang, meskipun banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Deku mungkin akan datang membantu. Shigaraki memang sudah tidak tertolong, namun lain halnya dengan Shimura. Kita nantikan saja ya Geeks apa yang akan terjadi selanjutnya terhadap Shigaraki, Shimura, dan juga AFO.