Menjadi bagian dari kelompok bajak laut Topi Jerami mungkin adalah impian bagi sebagian bajak laut. Bukan tanpa sebab memang, pasalnya kelompok yang Monkey D. Luffy pimpin ini merupakan kelompok bajak laut yang sangat besar sekarang. Mereka mengalami transformasi yang sangat cepat sejak pertama kali terbentuk. Buktinya, saat ini, Topi Jerami menjadi salah satu kelompok bajak laut Yonko di One Piece.

Meskipun begitu, tidak semua orang bisa Luffy terima untuk berada di atas kapalnya. Ada beberapa hal yang akan Luffy pertimbangkan sebelum kemudian dia meminta seseorang untuk kemudian bergabung dengan krunya. Namun, yang menarik adalah ada beberapa karakter yang justru menolak tawaran Luffy untuk bisa bergabung dengan kelompok tersebut. Siapa saja?

Dr. Kureha

Dr. Kureha adalah sosok yang sangat penting di wilayah pulau Drum atau kerajaan Sakura. Dia adalah dokter yang para penduduk andalkan untuk menangani berbagai masalah. Pada saat kru Topi Jerami tiba di pulau Drum, Luffy dan Nami menyadari bahwa mereka masih belum memiliki seorang dokter di kru Topi Jerami. Akhirnya, mereka pun sempat meminta Dr. Kureha untuk bergabung yang mana kemudian tawaran tersebut dia tolak.

One Piece: 6 Karakter yang Tolak Gabung Topi Jerami!, Greenscene

Dia pun kemudian lebih menyarankan Luffy untuk meminta Chopper “menggantikan” posisinya. Dr. Kureha merupakan satu-satunya orang yang mendukung Chopper untuk menjadi dokter. Selain itu, dia juga merupakan orang yang membujuk Chopper untuk kemudian mau bergabung bersama Luffy. Kureha sendiri menolak tawaran Luffy karena dia tidak ingin menghabiskan sisa waktunya menjadi bajak laut dan kemudian tewas di atas kapal.

BACA JUGA: One Piece: Aliansi Yonko Bakal Terbentuk?

Crocus

Selain Dr. Kureha, sosok dokter lainnya yang juga pernah menolak tawaran Luffy untuk bergabung dengan Topi Jerami adalah Crocus. Seperti yang kita ketahui, Crocus adalah mantan anggota kelompok bajak laut Roger yang pernah ikut berlayar sampai ke Laugh Tale. Kebersamaan Crocus dengan Roger memang tidak lama, hanya dua tahun. Hal ini karena Roger meminta Crocus untuk menjaganya agar dia bisa sampai ke Laugh Tale.

One Piece: 6 Karakter yang Tolak Gabung Topi Jerami!, Greenscene

Setelah bertemu dengan Luffy, Crocus menyadari bahwa Luffy dan Roger memiliki banyak kesamaan. Meski begitu, Crocus tidak berminat untuk bergabung dengan Topi Jerami. Crocus menolak tawaran Luffy untuk bergabung karena dia ingin merawat Laboon, seekor paus hitam raksasa yang ternyata merupakan kenalan dari Brook dan juga kelompok Bajak Laut Rumbar.

Nefertari Vivi

Nefertari Vivi merupakan sosok penting yang muncul di arc Alabasta. Dia merupakan putri dari Nefertari Cobra, pemimpin wilayah tersebut. Vivi memiliki seekor binatang peliharaan bernama Karoo. Dia sempat menyamar menjadi salah satu agen Baroque Works sebelum kemudian terungkap identitas aslinya. Hal inilah yang kemudian membuat Luffy dan kelompok Topi Jerami akhirnya membantu Vivi dengan misinya.

One Piece: 6 Karakter yang Tolak Gabung Topi Jerami!, Greenscene

Sebenarnya, Vivi dan Karoo sudah sempat berlayar bersama Luffy dan yang lain. Namun, kemudian Vivi dan Karoo memutuskan untuk tetap tinggal di Alabasta demi menjalankan tanggung jawabnya sebagai Putri dari negeri tersebut. Terlepas dari hal tersebut, Luffy dan kru Topi Jerami yang lain menganggap Vivi tetap menjadi bagian dari mereka meskipun tidak ikut berlayar.

BACA JUGA: Boruto: Tanpa Kurama, Ini Kekuatan Andalan Naruto!

Iceburg

Pasca hancurnya kapal Going Merry di arc Water Seven, para kru Topi Jerami akhirnya menyadari bahwa mereka memerlukan seorang tukang kayu atau tukang kapal. Karena mereka sedang berada di Water Seven, akhirnya mereka pun mencari seorang tukang kapal untuk bisa bergabung dengan mereka. Sosok yang kemudian Luffy ajak untuk bergabung dengan kelompoknya adalah Iceburg.

One Piece: 6 Karakter yang Tolak Gabung Topi Jerami!, Greenscene

Namun, Iceburg kemudian menolak tawaran Luffy tersebut. Seperti halnya Vivi, Iceburg menolak tawaran Luffy karena alasan tanggung jawab. Iceburg menolak tawaran tersebut karena dia sadar posisinya sebagai walikota Water 7. Namun, akhirnya, bukan Iceburg atau pegawai Galey-La yang bergabung dengan Luffy melainkan Franky. Dia adalah sosok sahabat dan teman masa kecil dari Iceburg. Dan Franky sendiri berjanji bahwa suatu saat dia akan membantu Iceburg mewujudkan mimpinya.

Gaimon di One Piece

Gaimon merupakan mantan bajak laut yang sekarang tinggal di Island of Rare Animals. Dia bukan karakter yang besar atau penting, namun kehadirannya cukup menghibur para fans. Dalam versi manganya, Gaimon muncul pertama kali diantara arc Orange Town dan arc Syrupp Village. Saat itu, Luffy dan Nami menjadi satu-satunya anggota Topi Jerami yang Gaimon temui. Di sisi lain, Zoro terlalu lelah berperang sehingga ia memutuskan beristirahat dan tidak bertemu Gaimon.

One Piece: 6 Karakter yang Tolak Gabung Topi Jerami!, Greenscene

Sementara itu dalam versi animenya, Gaimon pertama kali muncul diantara arc Syrup Village dan arc Baratie, di mana kala itu Gaimon bertemu dengan Zoro dan Usopp. Dalam ceritanya, Gaimon dahulu merupakan sosok yang jahat dan serakah. Namun, hal tersebut mulai hilang dalam diri Gaimon seiring berjalannya waktu. Luffy pun pernah menawari Gaimon bergabung dengan Topi Jerami, tetapi Gaimon menolaknya dan lebih memilih untuk tinggal bersama para binatang di pulau yang dia tempati saat ini.

BACA JUGA: One Piece: Mengapa Law & Kid Tidak Menjadi Yonko?

Yamato di One Piece

Sosok Yamato pertama kali muncul di babak ketiga arc Wano Country One Piece. Dia adalah anak dari sang Yonko, Kaido. Namun, yang menarik adalah dia justru membenci sang ayah dan lebih mengidolakan musuh ayahnya yaitu Kozuki Oden. Bukan hanya penampilannya, Yamato juga ingin berpetualang ke dunia luar seperti halnya Oden. Karena itulah dia memaksa Luffy untuk menerimanya menjadi bagian dari kru Topi Jerami.

One Piece: 6 Karakter yang Tolak Gabung Topi Jerami!, Greenscene

Di akhir pertempuran Onigashima, Yamato sempat mengajukan diri untuk bergabung kepada kru lainnya. Dan Luffy sendiri sepertinya tidak keberatan dengan bergabungnya Yamato. Namun, hal mengejutkan terjadi di chapter 1057 ini di mana ternyata Yamato memutuskan untuk menolak tawaran Luffy tersebut. Setidaknya, sampai dia menyelesaikan misi pribadinya yaitu berpetualang di negeri Wano sebelum kemudian dia berpetualang di luar. Meskipun nampak mirip dengan Vivi, tetapi tidak ada dialog atau informasi bahwa Yamato menjadi bagian tidak resmi dari kelompok Topi Jerami.

Popularitas kru Topi Jerami memang sangat luar biasa. Banyak orang yang ingin bergabung menjadi kru mereka. Bahkan, sempat ada bajak laut yang mengaku-ngaku sebagai kru Topi Jerami. Meskipun begitu, nyatanya ada juga karakter yang kemudian menolak tawaran bergabung karena berbagai alasan. Meskipun mereka menolak tawaran tersebut, para karakter ini tetap menjadi sekutu bagi kelompok bajak laut tersebut.