Dark Phoenix

Di universe utama, Jean Grey memang berhasil menghentikan kebangkitan Dark Phoenix dari dalam tubuhnya dengan melakukan pengorbanan heroik. Walaupun begitu, kisah tersebut justru berakhir dengan cara yang berbeda di komik What If? #27. Semuanya bermula saat Jean tengah tertidur dan akhirnya Dark Phoenix berhasil mengambil alih tubuhnya. Hal ini lantas menyebabkan kematian dari para anggota X-Men yang berusaha menghentikannya. Dampak trauma dari kejadian ini lantas membuat Jean melepas semua kekuatan Dark Phoenix ke seluruh penjuru alam semesta dan menghancurkannya.

Captain Marvel (Genis-Vell)

Genis-Vell adalah anak kandung dari Mar-Vell alias Captain Marvel pertama yang terkenal karena kekuatan kosmiknya. Sebagai gantinya, kekuatan besar tersebut justru membuat mental Genis sebagai Captain Marvel menjadi tidak stabil. Mengetahui kelemahan tersebut, entitas kosmik Entropy dan Epiphany lantas mencoba memanipulasi pikirannya untuk merenggut semua kehidupan di alam semesta dan berhasil. Dengan kekuatan kosmiknya dia bahkan sampai melenyapkan alam semesta.

Beyonders

Berbicara tentang peristiwa incursion yang mengarah pada hancurnya multiverse Marvel, dalang di balik semua itu sebenarnya adalah ras alien Beyonders. Ras alien misterius ini mempunyai tujuan untuk menghancurkan multiverse sebagai bentuk eksperimen mereka. Dalam prosesnya terungkap bahwa selama ini Beyonders telah menciptakan semua Molecule Man di berbagai universe untuk memicu peristiwa incursion. Di komik New Avengers #33, rencana Beyonders untuk memanfaatkan kekuatan Molecule Man akhirnya benar-benar terwujud. Di mana seluruh alam semesta hancur, sebelum akhirnya Doom menciptakan alam semesta kolektif, Battleworld, di kisah Secret Wars.

BACA JUGA: 5 Villain Penjelajah Waktu di Marvel Universe!

Berdasarkan pembahasan kali ini cukup jelas bahwa Marvel Universe sebenarnya telah hancur lebih dari satu kali. Di mana itu semua tidak hanya disebabkan oleh supervillain, tetapi juga oleh para superhero yang harus mengambil keputusan berat untuk menyelamatkannya. Meskipun pada akhirnya alam semesta selalu kembali utuh, tetapi berbagai peristiwa ini tidak bisa begitu saja hilang dari sejarah Marvel. Karena apapun alasannya, penghancuran alam semesta adalah peristiwa buruk, di mana prosesnya selalu mengorbankan semua kehidupan yang ada di dalamnya.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.