Pertama kali diumumkan pada Agustus 2021 kemarin, game reboot Saints Row mendapatkan banyak kritikan. Hal tersebut berkaitan dengan alur cerita dari gamenya dan juga tentang pilihan mereka dalam segi art yang muncul. Terlepas dari keluhan yang banyak bermunculan tentang gamenya, pihak Volition menyatakan bahwa mereka akan tetap pada pilihan yang sudah mereka tentukan.

Bahkan, mereka pun dengan tegas menyatakan bahwa reboot ini akan menjadi game yang berbeda karena “menghadirkan versi reboot yang belum pernah reboot lain lakukan”. Trailer resmi perdana untuk gameplaynya sempat muncul pada acara Game Awards Desember 2021 kemarin. Dan sejak saat itu, ada banyak bocoran yang muncul di jagat sosial media yang memberikan gambaran mengenai gamenya.

Berdasarkan trailernya, game reboot Saint Row ini dengan jelas menghadirkan banyak sistem mekanisme baru. Contohnya adalah mekanisme pertarungan, pilihan kostumisasi, dan masih banyak lainnya. Berikut adalah beberapa fitur baru yang muncul di reboot game Saint Row.

Flow

Berbagai Fitur Baru Saints Row Reboot!, Greenscene

Ini merupakan sebuah fitur unik berbasis poin yang ada di gamenya, di mana para pemain bisa menggunakan fitur ini untuk menggunakan berbagai kemampuan yang ada dalam pertarungan. Flow Point akan aktif saat para pemain bertarung, menghancurkan kendaraan, menerima serangan musuh, menghindari serangan, dan sebagainya. Sebagai gambaran, menghabisi 10 musuh dan menghancurkan 5 kendaraan akan mendapatkan 15.000 damage point. Angka tersebut sama dengan 1.5 Flow Points, dan para pemian bisa menggunakannya untuk memanfaatkan kekuatan atau kemampuan yang ada.

BACA JUGA: 4 Detail Penting Saints Row Reboot!

Kemampuan/Abilities

Kemampuan atau abilities yang bisa kita manfaatkan tergantung dengan Flow yang ada. Semakin dahsyat sebuah kemampuan, maka butuh Flow Points yang jauh lebih besar juga untuk bisa menggunakannya. Kemampuan ini juga sangat tergantung dengan perkembangan level karakternya, yang mana artinya semakin tinggi level pemain maka akan ada banyak kemampuan yang bisa kita gunakan.

Berbagai Fitur Baru Saints Row Reboot!, Greenscene

Kemampuan ini akan aktif ketika kita menekan tombol tertentu. Ada beberapa kemampuan yang gamenya sediakan dan bisa kita gunakan dalam permainannya.

  • Surprise – Kemampuan ini membuat kita bisa melemparkan sebuah granat ke arah musuh dan kemudian melemparkan musuh tersebut ke musuh yang jauh lebih banyak. Efeknya ledakan yang sangat besar pun akan terjadi.
  • Flaming Uppercut – Teknik ini membuat kita mampu menggunakan Uppercut ke arah musuh, dan membuat mereka terlempar ke udara.
  • Ninja – Kemampuan ini membuat akan membuat kita melemparkan sebuah bom asap dan kemudian menghilang, demi menghindari musuh yang banyak.

Perks

Dalam permainannya, kita bisa menggunakan sampai lima Perks pribadi. Untuk slot Perk pertama, kita bisa mendapatkannya setelah menyelesaikan misi pertama. Namun, untuk slot Perk yang lainnya bisa kita dapatkan setelah membelinya di dalam gamenya. Untuk membuka atau mendapatkan Perks yang ada, para pemain butuh menyelesaikan berbagai tantangan, misi, dan misi sampingan.

Berbagai Fitur Baru Saints Row Reboot!, Greenscene

Artinya, semakin banyak kita mengeksplor gamenya dan juga menyelesaikan misi dan tantangan, maka semakin banyak pula Perks yang bisa kita dapatkan dan pilih untuk karakternya. Berbagai Perks tersebut terbagi ke dalam tiga kategori:

  • Basic – Perk ini memberikan kita keuntungan simpel yang bisa merubah permainan dalam beberapa skenario yang spesifik. Misalnya bergerak dengan jauh lebih cepat saat berjongkok, bergerak dengan cepat saat mengarahkan tembakan ke musuh, dan sebagainya.
  • Advanced – Perk ini memberikan kita keuntungan yang cukup besar dalam permainannya, seperti mampu meningkatkan level health atau kesehatan karakternya sampai 50%. Hal ini bisa kita dapatkan setelah melakukan sebuah Execution atau meningkatkan Flow Points dalam jumlah yang besar.
  • Ultimate – Perk ini benar-benar mampu merubah permainan secara keseluruhan karena memberikan kita keuntngan yang sangat luar biasa. Contoh nyatanya adalah pemain bisa meluncurkan misil untuk menghancurkan sebuah area.

BACA JUGA: Ini Size Resmi Saints Row Reboot!

Execution

Execution adalah sistem kesehatan yang ada di game Saint Row, di mana para pemain bisa meningkatkan health atau kesehatan mereka dengan cara menghabisi musuh atau menerima serangan. Sistem Execution ini akan menambah level health baik karakter atau pun kendaraan kita, seiring dengan banyaknya musuh yang sudah kita habisi atau damage yang kita terima. Contohnya adalah menabrak kendaraan lain sampai meledak bisa mendapatkan tambahan health untuk kendaraan kita.

Kostumisasi

Kostumisasi merupakan sebuah fitur yang menajadi salah satu andalan dalam versi reboot ini. Buktinya adalah mereka bahkan merilis sebuah trailer dengan judul “Like a Boss” hanya untuk mempromosikan fitur tersebut. Meskipun trailernya sudah memperlihatkan kepada kita apa yang bisa pemain lakukan terhadap fitur kostumisasi ini, namun berdasarkan komentar yang sudah memainkan gamenya menuturkan bahwa kostumisasi untuk karakter dan kendaraan ini benar-benar berbeda.

Volition juga menghadirkan hal atau elemen-elemen menarik dari game sebelumnya di kostumisasi ini. Kemudian, para pemain juga bisa mendadani karakter mereka untuk menggunakanpakaian dari game lain seperti Red Faction, Agents of Mayhem, dan Summoner.

Fast Travel

Berbagai Fitur Baru Saints Row Reboot!, Greenscene

Saint Row reboot menghadirkan sistem bepergian cepat atau fast travel baru, di mana para pemain bisa melakukan fast travel di sekitar kota tanpa perlu harus berkendara dalam jarak yang sangat jauh. Untuk membuka titik fast travel tersebut, para pemain perlu mengambil gambar dari sebuah landmark atau bangunan yang menjadi patokan dari wilayah tersebut. Ketika gambar tersebut sudah kita ambil, maka kita bisa melakukan fast travel ke lokasi tersebut kapan pun kita inginkan.

BACA JUGA: Dragon Ball: Ini Satu-satunya Cara Kalahkan Beerus?

Collectibles & Dumpster Diving

Collectibles atau mengumpulkan barang atau benda koleksi juga kembali di gamenya. Namun, hal ini berbeda dengan apa yang muncul di game Saints Row 3. Para pemain akan mendapatkan benda koleksi atau Collectibles dalam bentuk kumpulan obat-obatan. Kita pun bisa melakukan “penyelaman” ke berbagai tempat sampah yang ada di sekitar kota. Yang menarik, di dalam tempat sampah tersebut kita akan menemukan berbagai macam hal contohnya adalah uang, bagian kendaraan, berbagai benda-benda unik, dan sebagainya.

Berbagai Aksi Kejahatan

Berbagai aksi kejahatan bisa kita lakukan di game ini. Dalam trailernya khusus yang gamenya rilis, kita bisa tahu berbagai kejahatan yang bisa kita mainkan di sepanjang gamenya. Contohnya adalah membuang limbah berbahaya, melakukan penipuan asuransi, mencuri toko, mencuri truk makanan, dan berbagai hal gila dan jahat lainnya. Semua hal itu berkaitan dengan terbukanya kemampuan baru, perks, dan lain sebagainya.

Aksesibilitas

Accessibility atau aksesibilitas menjadi kunci fokus lainnya yang coba Volition hadirkan di game ini. Mereka mencoba untuk meyakinkan bahwa Saints Row reboot ini memiliki banyak pilihan aksesibilitas agar semua orang bisa menikmati gamenya. Mulai dari level kesulitan sampai mengatur pilihan tombol, Volition ingin menjamin bahwa gamenya bisa diakses oleh semua orang.

Multiplayer

Meskipun Volition masih belum mengumumkan fitur multiplayer untuk Saint Row (untuk mode co-op bisa pemainnya gunakan), mereka yang sudah memainkan game ini menyatakan bahwa fitur multiplayer tersebut kemungkinan akan ada atau hadir setelah gamenya resmi rilis. Namun, semuanya masih sekedar rumor dan prediksi. Meskipun begitu, melihat bagaimana populernya mode multiplayer saat ini bukan tidak mungkin jika Vollition akan melakukan hal tersebut.

BACA JUGA: First Look Karakter Baru di Star Wars Andor!

Saints Row reboot menjadi salah satu game yang banyak fans nantikan. Dengan mengadopsi konsep reboot, Vollition berusaha untuk menghadirkan banyak hal-hal baru dan menarik dalam gamenya. Menarik juga untuk melihat bagaimana respon dari para fans ketika game ini resmi dirilis.