Di Marvel Universe, ada beberapa villain penjelajah waktu. Time travel alias perjalanan waktu adalah salah satu elemen menarik dari Marvel Universe yang selalu berhasil menghibur penggemar dengan segala kerumitannya. Terlepas dari siapa superheronya, baik itu anggota X-Men maupun Avengers, tidak jarang time travel justru menjadi masalah yang sangat serius bagi Marvel secara keseluruhan. Apalagi jika setiap anomali tersebut melibatkan para supervillain yang terkenal mampu memanipulasi timeline.

Meskipun jumlahnya tidak banyak, tetapi para villain yang terkenal sebagai penjelajah waktu sering kali menyebabkan masalah yang sangat serius. Karena mereka pada dasarnya mengetahui apa yang ‘telah dan akan’ terjadi dalam setiap petualangannya. Berikut ini lima villain penjelajah waktu yang paling berbahaya di Marvel Universe!

BACA JUGA: Para Superhero Marvel yang Pernah ke Indonesia!

Gorr the God Butcher

5 Villain Penjelajah Waktu di Marvel Universe!, Greenscene

Dari julukannya saja kita sudah bisa menebak bahwa Gorr ‘the God Butcher’ adalah supervillain yang sangat berbahaya. Sebagai salah satu villain terkejam di Marvel Universe, Gorr terkenal karena sepak terjangnya dalam membasmi para dewa Marvel, termasuk mengincar Thor dan semua variannya. Hal ini makin diperparah dengan kekuasaannya terhadap Pool of Forevers milik dewa waktu yang terhubung ke semua timeline. Dengan kolam inilah dia berhasil membunuh dan juga memperbudak para dewa Marvel di hampir semua timeline, dari mulai dewa biasa sampai elder god.

Morgan Le Fay

5 Villain Penjelajah Waktu di Marvel Universe!, Greenscene

Morgan Le Fay adalah salah satu penjelajah waktu yang terkenal mampu mengekploitasi timeline dengan kekuatan sihirnya. Hal ini bisa terjadi karena dia adalah penyihir terkuat pada abad keenam yang mampu mengakses buku terkutuk Darkhold. Setelah mengetahui bahwa dia bisa melakukan time travel, Morgan pada akhirnya memutuskan untuk berkeliling timeline untuk menghancurkan para Avengers. Dalam salah satu upayanya, Morgan bahkan pernah berhasil membawa para Avengers ke abad pertengahan dan memaksa mereka bertarung dengan peralatan medieval.

Nimrod

5 Villain Penjelajah Waktu di Marvel Universe!, Greenscene

Villain selanjutnya yang cukup familier dengan time travel adalah Nimrod, versi prototipe Sentinel yang mampu beradaptasi dengan semua zaman. Setelah terakhir kali X-Men berhasil menjebaknya di timestream, Nimrod malah menjadi supervillain penjelajah waktu yang mengincar para mutan di setiap zaman. Sebagai robot canggih yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitar, Nimrod pada akhirnya menjadi sosok yang sangat sulit untuk dihentikan. Apalagi dia bisa menyamar menjadi manusia, berpura-pura tidak berbahaya, untuk kemudian membunuh para mutan dengan cara kejam.

Doctor Doom

5 Villain Penjelajah Waktu di Marvel Universe!, Greenscene

Doctor Doom adalah salah satu villain Marvel yang awalnya sama sekali tidak mempunyai kekuatan apa-apa. Namun, berkat kecerdasannya, dia mampu mengombinasikan ilmu sihir dan kecanggihan teknologi dengan cara yang tidak masuk akal. Di mana hal tersebut pada akhirnya memungkinkan dia untuk menciptakan portal time travel, yaitu time platform. Dengan alat inilah dia sering menjadi ancaman yang sangat berbahaya, baik bagi Fantastic Four maupun Avengers. Mulai dari masa lalu di mana Morgan le Fay tinggal, sampai masa depan tempat para karakter Marvel 2099, hampir semuanya pernah Doom datangi.

Kang the Conqueror

5 Villain Penjelajah Waktu di Marvel Universe!, Greenscene

Terakhir, supervillain penjelajah waktu yang paling terkenal di Marvel Universe adalah Kang the Conqueror. Sepak terjangnya di sejarah dan timeline Marvel sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Kang sendiri adalah seorang penjelajah waktu dari abad ke-30, yang telah melakukan time travel hampir ke semua zaman, baik masa lalu maupun masa depan. Hal inilah yang kemudian melahirkan banyak varian Kang the Conqueror di multiverse Marvel, termasuk Rama-Tut, Scarlet Centurion, dan Immortus. Sebagai musuh bebuyutan Avengers, Kang bahkan terkenal sebagai penjelajah waktu terkuat dalam sejarah Marvel.

BACA JUGA: 5 Varian Kang yang Lebih Bahaya dari Thanos!

Secara historis mungkin para villain ini tidak mempunyai sejarah yang panjang seperti Thanos atau para Celestial. Namun, secara kronologis, keberadaan mereka justru terbentang dari masa lalu sampai masa depan. Hal itu bisa terjadi tentunya karena mereka mempunyai kemampuan untuk melakukan time travel dan mengeksploitasi waktu dengan kecerdasannya. Mengingat time travel adalah sesuatu yang cukup sering menimbulkan plot hole di timeline Marvel, kelima villain inilah yang bertanggung jawab atas semua masalah tersebut. Karena sejak awal memang tujuan mereka adalah mengacaukan Marvel Universe.