Dari sekian banyak pekerjaan ‘sampingan’ di Marvel Universe, pengacara adalah salah satu profesi yang cukup sering Marvel sematkan kepada superhero. Uniknya, para superhero Marvel yang bekerja sebagai pengacara, cenderung mempunyai keseharian yang lebih beragam. Di mana mereka setidaknya mempunyai dua kehidupan yang saling berhubungan satu sama lain. Karena selain menjadi superhero, mereka juga mengisi kesehariannya dengan melindungi atau memanipulasi hukum, tergantung siapa yang mereka bela. Berikut ini tiga superhero yang terkenal sebagai pengacara tangguh di Marvel Universe!

BACA JUGA: Para Superhero Marvel yang Pernah ke Indonesia!

Daredevil

Dalam sejarah Marvel, Matt Murdock alias Daredevil adalah superhero yang terkenal mempunyai kehidupan lain sebagai seorang pengacara terkenal di Kota New York. Sosok yang terkenal dengan julukan Pria Tanpa Rasa Takut ini mempunyai kemampuan untuk menggambarkan situasi di sekitarnya hanya melalui pendengaran dan penciuman. Mekipun tunanetra, Daredevil mampu mendengar detak jantung dan mengetahui apa yang telah dilakukan lawannya hanya dengan penciuman.

Kemampuan inilah yang kemudian dia manfaatkan untuk membuatnya bersinar di bidang hukum sebagai pengacara. Baik sebagai pengacara pembela maupun jaksa, selama bertahun-tahun dia telah berhasil menyelesaikan berbagai macam kasus. Termasuk kasus yang melibatkan Hulk, di mana pemerintah ingin menghukum sang Raksasa Hijau tersebut karena telah membuat kekacauan. Daredevil adalah orang pertama yang bersedia membelanya sebagai pengacara, sampai akhirnya hak asasi Hulk diakui, baik secara hukum, publik, maupun pemerintah.

James Madrox

James Madrox alias Multiple Man adalah salah satu anggota X-Men yang mempunyai kepribadian paling rumit di Marvel Universe. Hal itu bisa terjadi karena kekuatan mutannya memungkinkan dia untuk membelah diri menjadi banyak karakter, yang masing-masing mempunyai kehidupan dan profesinya sendiri. Salah satu duplikatnya yang paling terkenal adalah Matt Rocks yang berprofesi sebagai pengacara andal. Berkat keahliannya di bidang hukum, dia bahkan sampai mendapatkan gelar kehormatan Esquire dari pemerintah.

Setelah membelah diri, Matt memutuskan untuk mendalami hukum sampai akhirnya menjadi pengacara terkenal di Los Angeles. Multiple Man memutuskan untuk tidak menyerap Matt karena secara tidak langsung profesinya sebagai pengacara telah membuatnya terkenal dan kaya raya. Sebagai pengacara, Matt tidak terlalu tebang pilih terhadap kasus-kasusnya. Kadang dia membela orang-orang lemah, tetapi kadang juga dia bekerja kepada penjahat yang berani memberikan bayaran besar.

She-Hulk

Superhero berikutnya yang berprofesi sebagai pengacara di Marvel Universe adalah Jennifer Walters alias She-Hulk. Selain terkenal sebagai sepupu Bruce Banner/Hulk dan anggota Avengers, Jen juga dihormati oleh banyak orang sebagai pengacara metahuman yang sangat andal. Setelah berubah menjadi She-Hulk, dia mampu mengolah emosi dan kecerdasannya untuk bekerja di bidang hukum. Hal inilah yang kemudian membuat banyak orang dari bidangnya, percaya sekaligus segan kepada She-Hulk.

Di komik Solo Avengers #14, She-Hulk pernah membela para mutan dari hukum yang mengharuskan mereka untuk mendaftarkan diri. Dengan kecerdasan dan keahliannya di bidang hukum, She-Hulk bahkan berani menyuarakan pembelaannya di depan Mahkamah Agung. Ending dari komiknya sendiri bercerita tentang kegaduhan supervillain Titania di luar gedung pengadilan. Di mana hal ini langsung membuat She-Hulk kehilangan kesabaran dan langsung menghajar Titania. Saking mengerikannya She-Hulk pada saat itu, Titania bahkan sampai berjanji bahwa dia tidak akan mengganggunya lagi.

BACA JUGA: 7 Villain yang Muncul di She-Hulk!

Itulah para superhero yang berprofesi sebagai pengacara andal di Marvel Universe. Kehadiran dari tiga karakter ini secara tidak langsung telah membuat kisah hukum di Marvel Comics menjadi lebih menarik untuk diikuti. Terlebih lagi jika kasusnya berhubungan dengan metahuman yang mungkin tidak akan terjadi di dunia nyata. Menariknya, sebentar lagi Marvel Studios akan memboyong karakter She-Hulk dan pekerjaan ini ke MCU. Melalui serial berjudul She-Hulk: Attorney at Law, sepertinya kita akan bisa menyaksikan betapa serunya kombinasi superhero dan hukum di semestanya.