Pada tahun 2019 lalu, industri perfilman Indonesia mulai mempunyai jagat sinematik superheronya sendiri yang diberi label Bumilangit Cinematic Universe. Mulai dengan film Gundala, BCU akan terus melebarkan sayapnya dengan merilis sejumlah film mendatang yang tidak kalah menarik. Tahun ini saja kita akan segera melihat aksi Pevita Pearce sebagai jagoan wanita pertama bernama Sri Asih. Nantinya, akan ada lebih banyak lagi jagoan BCU yang debut, sampai akhirnya membentuk tim jagoan Patriot.

Berbicara tentang Patriot, mungkin kalian sudah tidak asing dengan format tim superhero, seperti Avengers atau Justice Laegue. Nah, Patriot adalah tim jagoan atau tim superhero Indonesia yang kurang lebih mirip seperti dua tim superhero dari Amerika tersebut. Di mana ada banyak sekali jagoan yang menyatukan pikiran dan kekuatan demi melindungi Bumi dari segala macam ancamannya. Sebelum melihat kemunculan mereka nanti, alangkah baiknya kita kenali dahulu seperti apa sepak Patriot di komiknya, Geeks.

BACA JUGA: Sri Asih Unjuk Kekuatan di Trailer Perdana!

Sejarah Patriot di Industri Komik Indonesia

Jika kita tarik semua pada masa awal komik jagoan di Indonesia, sejarah Patriot mungkin bermula dari lahirnya jagoan wanita Sri Asih yang debut pada tahun 50-an. Sejak saat itu mulai bermunculan jagoan lain yang tidak kalah hebat, termasuk Aquanus, Godam, Gundala, dan sebagainya. Dari merekalah kemudian terbentuk semesta jagoan Indonesia yang cukup masif. Di mana Godam mewariskan cincin supernya ke tiap generasi, kemudian Sri Asih juga menunjuk titisannya pada setiap zaman, dan seterusnya.

Mengenal Patriot, Tim Superhero Asli Indonesia!, Greenscene

Barulah pada tahun 90-an, Sri Asih, Gundala, Godam, Aquanus, bersama dua jagoan lainnya, yaitu Maza dan Mandala, bentuk tim jagoan Patriot. Hal ini sengaja mereka lakukan agar bisa menyatukan kekuatan untuk melindungi Bumi dari penjahat Bocah Atlantis. Kisah Patriot sendiri awalnya pertama kali muncul sebagai serial komik berjudul Eksperimen-X, terbitan Sraten Komik Indonesia pada tahun 1996. Sayangnya, serial komiknya hanya berjalan satu edisi saja dan kisah mereka baru bangkit lagi pada tahun 2019 lalu setelah Bumilangit memiliki hak cipta untuk semua karakternya.

Setelah Bumilangit memiliki semua aset jagoan Indonesia, barulah muncul komik Patriot baru dengan kisah ‘Prahara: Bentrok Para Adisatria’. Dari judulnya saja kita sudah bisa menebak, bahwa di kisah barunya ini para jagoan harus berseteru karena sebuah permasalahan, mirip seperti kisah ‘Civil War’ dari Marvel Comics. Selain dua komik ini, tidak ada kisah lain yang menceritakan Patriot, sehingga materinya cenderung tidak terlalu banyak. Walaupun begitu, hal ini justru bisa menjadi pertanda baik untuk film Patriot nanti, karena BCU bisa lebih mengeksplorasi kisahnya dengan lebih menyeluruh.

Masa Depan di Bumilangit Cinematic Universe

Seperti yang kita tahu, Bumilangit Cinematic Universe telah berdiri sejak Gundala dari Abimana Aryastya debut pada tahun 2019 lalu. Pada tahun 2022 ini, Pevita Pearce juga akan meramaikan semestanya dengan memerankan jagoan Sri Asih. Menariknya, saat ini BCU sendiri setidaknya sudah mempersiapkan sejumlah jagoan dan para pemerannya yang akan memeriahkan semesta live action Bumilangit. Selain Gundala dan Sri Asih, nantinya akan ada para pendiri Patriot dari komik. Seperti Godam (Chicco Jerikho), Aquanus (Nicholas Saputra), dan Mandala (Joe Taslim).

Mengenal Patriot, Tim Superhero Asli Indonesia!, Greenscene

Tidak ketinggalan juga para karakter menarik lainnya, seperti Tira (Chelsea Islan), Merpati (Tara Basro), Camar (Hannah Al Rashid), Virgo (Adhisty Zara), Cempaka (Vanesha Prescilla), Mustika (Tatjana Saphira), Dewi Api (Dian Sastrowardoyo), dan masih banyak lagi. Dengan para karakter dan jajaran pemerannya ini, cukup jelas bahwa Bumilangit memang sangat serius dengan semestanya. Khususnya dengan film Patriot yang akan menutup Jilid I Bumilangit Cinematic Universe. Sayangnya, untuk saat ini masih belum ada informasi resmi yang mengungkap kapan film Patriot akan rilis.

BACA JUGA: Mengenal Sri Asih, Jagoan dari Bumilangit Universe!

Walaupun begitu, BCU sendiri sudah mengonfirmasi bahwa setidaknya mereka akan merilis sejumlah film solo terlebih dahulu untuk membangun fondasi Patriot. Adapun film yang dimaksud adalah Sri Asih, Virgo and the Sparklings, Godam & TiraSi Buta Dari Gua Hantu, sekuel Gundala, dan Mandala Golok Setan. Jadi sebelum tim jagoan Patriot muncul, kita bisa menyaksikan terlebih dahulu aksi solo dari para jagoannya. Mulai dari film Sri Asih yang rencananya akan tayang di bioskop pada tanggal 6 Oktober nanti.