El Diablo (Rafael Sandoval)

Ketika Martian mencoba mengajak Gypsy bergabung, pada saat yang bersamaan superhero Blue Beetle dan Fire juga memilih El Diablo sebagai kandidat mereka. Sayangnya, mereka juga tidak membuahkan hasil karena El ternyata tidak ingin bergabung dengan Justice League. Padahal Fire dan Blue Beetle sudah menjelaskan semuanya dari pagi hingga petang di sebuah bar, tetapi dia menolaknya karena merasa cara pandangnya dengan Justice League sangat berbeda. El sendiri terkenal sebagai vigilante bertopeng yang akan melakukan segala cara untuk melindungi wilayahnya, sekalipun hal tersebut bertentangan dengan nilai-nilai superhero.

Starman

Masih di kisah yang sama, yaitu di komik Justice League America #42, Green Lantern Guy Gardner memutuskan untuk mengajak Starman bergabung dengan Justice League. Obrolan tersebut bahkan mereka lakukan sambil terbang di udara. Namun, Starman terpaksa menolak ajakan tersebut karena merasa hidupnya sendiri sudah cukup kacau, apalagi harus bersama dengan superhero lain. Guy yang keras kepala pada akhirnya langsung mengajaknya secara paksa dengan menggunakan kekuatan Power Ring. Hal ini justru membuat Starman makin yakin bahwa Justice League tidak cocok untuknya.

Atom (Ryan Choi)

Ryan Choi adalah superhero ketiga yang menjadi Atom berkat kecerdasannya dalam bidang fisika. Ketika Wonder Woman mengajak Ryan bergabung dengan Justice League di ending komik All-New Atom #18, Ryan justru merasa tidak pantas. Menurutnya, dia hanyalah seorang ilmuwan yang menjadi superhero pemula, sehingga Justice League terlalu besar bagi kehidupannya. Sampai cerita komiknya selesai, Ryan sama sekali tidak mengiyakan ajakan Wonder Woman. Artinya, bisa kita simpulkan bahwa dia telah menolak ajakan Wonder Woman dengan cara halus.

BACA JUGA: 7 Karakter ini Dihapus dari DC Universe!

Itulah para superhero yang pernah menolak ajakan untuk bergabung dengan Justice League. Memang beberapa di antara para superhero ini pada akhirnya ada yang bergabung juga dengan Justice League setelah beberapa tahun kemudian. Seperti Ryan dan Metamorpho dengan Justice League of America, atau Gypsy dengan Justice League Detroit. Walaupun begitu, penolakan mereka tetap tercatat dalam sejarah DC sebagai bukti bahwa tidak semua superhero ingin bergabung dengan Justice League. Sebagian dari mereka justru hanya ingin fokus dengan daerah dan kehidupannya masing-masing.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.