Justice League adalah tim superhero DC yang paling populer, baik di semestanya maupun di kalangan penggemar setianya. Sebagai tim superhero yang sudah berdiri sejak tahun 1960, tidak aneh jika pada akhirnya ada banyak sekali superhero yang bergabung. Karena sejatinya, Justice League memang berfungsi sebagai wadah bagi para superhero yang ingin menyatukan tujuan dan kekuatan untuk melindungi Bumi dan DC Universe secara keseluruhan. Walaupun begitu, dalam sejarahnya yang cukup panjang tersebut, ternyata ada sejumlah superhero yang pernah menolak ajakan Justice League. Berikut ini tujuh superhero yang pernah menolak gabung dengan Justice League di DC Universe!

BACA JUGA: Dwayne Johnson Ungkap Kebrutalan Black Adam!

Metamorpho

Rex Mason alias Metamorpho mungkin adalah salah satu superhero pertama yang berani menolak ajakan Justice League. Semuanya bermula saat Metamorpho dan Justice Legue berhadapan dengan musuh tak kasat mata Unimaginable di kisah ‘Metamorpho Says -No!‘. Melihat kemampuan Metamorpho yang bisa berubah bentuk sesuai dengan keadaan elemen di sekitarnya, Justice League tidak ingin menyianyiakan kekuatannya dan langsung mengajaknya. Sayangnya, Metamorpho menolak ajakan tersebut, karena tujuan hidupnya adalah ingin kembali sebagai manusia biasa, bukan menjadi superhero.

Black Lightning

Superhero berikutnya yang menolak ajakan Justice League adalah Black Lightning. Penolakan ini terjadi di komik Justice League of America #173, di mana Green Arrow menyarankan kepada anggota Justice League lain untuk merekrut Black Lightning. Dalam prosesnya, para Justice League bahkan sampai mengadakan tes untuk melihat kemampuan Black Lightning. Pada akhirnya setelah tes selesai, di mana Superman bersama Green Arrow langsung mengajaknya, Black Lightning justu menolaknya secara halus. Dengan mengatakan bahwa dia mempunyai misi yang lebih penting sebagai superhero di daerahnya, yaitu Suicide Slum.

Sandman

Di komik Justice League of America Annual #1, para anggota Justice League pernah mengundang superhero Sandman yang berasal dari Dream Dimension. Tujuan mereka tidak lain adalah mengajak superhero ciptaan Jack Kirby ini untuk bergabung dengan tim. Alih-alih menerima ajakan berharga tersebut, Sandman justru mengatakan bahwa dia tidak bisa bergabung. Alasannya adalah karena dia hanya bisa keluar dari Dream Dimension selama satu jam saja dalam sekali waktu. Sandman khawatir jika keterlibatannya nanti malah akan menghambat misi dari Justice League untuk melindungi dunia nyata.

Gypsy

Pada awal tahun 90-an, saat ancaman dari para villain mulai tidak terkendali, semua anggota Justice League sepakat untuk mencari roster baru demi memperkuat tim. Untuk mencapai tujuan tersebut, para anggota Justice League lantas menyebar ke seluruh penjuru bumi dan mencari kandidat yang mereka butuhkan. Di komik Justice League America #42, Martian Manhunter diceritakan bertemu dengan Gypsy hanya untuk menerima penolakan darinya. Alasannya cukup sederhana, karena dia baru saja kehilangan orang terkasih, Gypsy dengan berat hati harus menolak ajakan Martian karena merasa membutuhkan waktu untuk sendiri.

1
2