Saints Row adalah video game cross-platform mendatang yang sudah lama penggemar antisipasi kehadirannya. Tinggal beberapa hari lagi sampai akhinya game kelima Saints Row ini rilis di seluruh dunia. Di tangan Deep Silver Volition, Saints Row akan kembali ke akarnya dengan sebuah format game reboot yang tetap mengusung berbagai fitur baru di dalamnya. Dalam beberapa minggu terakhir bahkan ada banyak sekali informasi resmi yang Volition bagikan kepada publik. Itulah mengapa kali ini kita akan merangkum semuanya untuk kalian, baik yang sudah pre-order gamenya, maupun para pemain yang tengah mempertimbangkan untuk membelinya. Check this out, Geeks!

BACA JUGA: Mengenal Sri Asih, Jagoan dari Bumilangit Universe!

Cerita dan Latar Saints Row

Sebelumnya studio Deep Silver Volition telah mengonfirmasi bahwa Saints Row reboot adalah game sekuel yang akan kembali ke akarnya. Walaupun begitu secara cerita dan latar, game kelima ini akan menyajikan kisah yang sama sekali baru. Di mana para pemain nantinya akan bertemu dengan karakter NPC menarik, seperti Eli, Neenah, dan Kevin. Untuk kemudian berpetualang di sebuah kota fiktif Santo Ileso yang daerahnya mirip seperti Amerika Selatan. Bersama salah satu karakter tersebut nantinya kita bisa membentuk kelompok Saints untuk bertempur dengan geng lain di dalam gamenya.

4 Detail Penting Saints Row Reboot!, Greenscene

Setidaknya ada tiga geng yang nantinya bisa pemain pilih sesuai dengan seleranya. Yang pertama adalah Los Panteros, geng pecinta fitness yang anggotanya terdiri dari para orang-orang bertubuh kekar. Kemudian ada juga The Idols, geng pecinta pesta yang hobi mengenakan setelan jas rapi serta lampu-lampu neon. Terakhir ada Marshall Defense Industries, yang lebih mirip seperti tentara daripada geng. Meskipun tidak ada hubungannya dengan game sebelumnya, tetapi Volition telah berjanji bahwa di dalam gamenya nanti akan akan banyak easter egg menarik dari para maskot Saints Row.

Gameplay Saints Row

Sama seperti sebelumnya, gameplay Saints Row reboot akan tetap mempertahankan aksi yang penuh dengan ledakan serta sejumlah adegan komedi yang menggelitik. Seperti yang sudah disinggung di atas, nanti para pemain akan bergabung dengan salah satu dari tiga geng untuk menguasai Santo Ileso. Salah satu upaya pertama yang bisa kita lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan membiayai geng untuk pembaruan senjata, kendaraan, dan sebagainya. Selain bisa bermain solo untuk menamatkan cerita, para pemain Saints Row reboot juga bisa bermain bersama teman secara online multiplayer.

4 Detail Penting Saints Row Reboot!, Greenscene

Menariknya, meskipun berbeda console game atau generasi, tetapi kita bisa memainkannya dalam room yang sama tanpa perlu khawatir akan merusak konektivitas pemain lain. Yang perlu kita catat juga, Volition sebelumnya telah mengungkapkan bahwa mereka sudah tidak lagi memakai gameplay cruise control atau kecepatan otomatis ketika bertempur menggunakan mobil. Karena mobil di Saints Row reboot ini lebih berfungsi sebagai ‘senjata langsung’ daripada hanya sekadar kendaraan, mirip seperti mobil-mobil di game Twisted Metal atau Vigilante.

BACA JUGA: Ini Size Resmi Saints Row Reboot!

Fitur Unggulan Saints Row

Fitur unggulan Saints Row reboot sendiri terletak pada fitur kostumisasi ‘Boss Factory‘ yang tidak terbatas. Di mana para pemain bisa melakukan kreasi terhadap desain karakter yang akan dimainkan nanti. Di fitur ini nantinya kita bisa mengubah penampilan dan fisiologi karakter sampai ke tingkat yang sangat mendetail, seperti bentuk tubuh dan ekpresi dengan pilihan yang sangat banyak sekali. Selain fisik, ada banyak juga pilihan pakaian dan aksesoris yang bisa kita campur untuk membuat penampilan yang sangat unik sekaligus tidak membosankan.

4 Detail Penting Saints Row Reboot!, Greenscene

Jika fitur tersebut masih belum cukup menyenangkan, ada juga fitur kostumisasi untuk kendaraan di dalam gamenya. Yang terbentang dari perahu, hoverboard, motor, dan tentu saja mobil. Kita bisa mengubah komponennya, mewarnai ulang body-nya dengan sesuka hati, dan bahkan memilih suara yang akan dihasilkan kendaraannya. Bukan hanya penampilan kendaraannya saja yang bisa kita ubah, dari segi fungsi juga kita bisa memasukan berbagai fitur menyenangkan. Seperti kursi pelontar, rantai untuk menderek, dan sebagainya.

Hal yang sama juga berlaku untuk setiap senjata yang ada di gamenya. Ada banyak komponen yang nantinya bisa kita ganti, seperti teropong, peredam suara, dan sebagainya. Untuk penampilan menarik, ada juga fitur untuk mengubah warna atau corak senjata. Yang lebih menariknya lagi, di Saints Row reboot kita juga bisa mengganti skin senjata. Misalnya RPG yang menggunakan skin tempat gitar. Jika beruntung bahkan mungkin kita juga bisa menemukan skin aneh lainnya, seperti game Saints Row sebelumnya.

Terakhir, dengan fitur kostumisasi Saints Row HQ kita juga bisa mengubah desain markas dari geng yang kita pilih. Di mana kita bisa memilih banyak trophy yang akan ditampilkan, dan beberapa kreasi lainnya untuk membuat markas makin menarik. Kerennya lagi, kita juga memilih seragam dari para anggota geng, yang akan menemani saat melakukan misi atau hanya sekadar bertempur dengan geng lain. Tentunya semua kostumisasi ini akan makin kaya seiring dengan progress yang kita lakukan di dalam game Saints Row.

1
2