Salah satu Yonko dalam cerita One Piece, Shanks, merupakan sosok karakter yang sangat kuat. Dia juga memiliki kepentingan yang luar biasa terhadap alur cerita di serinya. Shanks sudah muncul sejak awal cerita, di mana dialah yang membuat Luffy tertarik untuk menjadi seorang bajak laut dan raja bajak laut. Sejak saat itu, kemunculan Shanks sangatlah sedikit.

Meskipun begitu, berbagai momen kemunculan Shanks selalu menunjukan seberapa mengerikan dan luar biasanya sosoknya. Bahkan, dia adalah salah satu sosok bajak laut terkuat dalam sejarah. Meskipun sosok Shanks jarang tampil dalam cerita, dengan serinya yang sudah memasuki fase terakhir artinya sekarang waktunya bagi Shanks untuk lebih sering muncul.

Dalam fase akhir ini, Shanks besar kemungkinan akan menjadi karakter penting dan kemunculannya akan sangat dinantikan. Berbicara mengenai sosok Shanks, satu hal yang banyak fans ingat tentang sosoknya adalah kedahsyatan Hakinya. Shanks tidak memiliki buah iblis, namun dia memiliki kekuatan Haki yang luar biasa. Yang jadi andalannya adalah Conqueror Haki.

Gambaran Conqueror Haki Shanks

Penjelasan mengenai Conqueror Haki akhirnya muncul sebelum timeskip terjadi. Silvers Rayleigh yang menjelaskan mengenai Haki tersebut, termasuk juga berbagai jenis Haki lainnya saat dia melatih sosok Luffy. Namun, kemunculan dari kekuatan epik ini nyatanya sudah Oda perlihatkan sejak awal serinya. Shanks menjadi orang pertama yang menggunakan kekuatan tersebut dalam serinya.

BACA JUGA: One Punch Man: Bagaimana Nasib Blast?

Hal tersebut dia lakukan saat berusaha menyelamatkan Luffy yang hendak diterkam oleh Sea King. Shanks menggunakan Haki tersebut untuk mengintimidasi monster laut tersebut. Saat itu, para fans belum tahu tentang kekuatan Haki Shanks atau pun tentang Conqueror Haki. Oda kemudian memperlihatkan kemampuan Conqueror Haki Shanks lagi pasca arc Enies Lobby.

One Piece: Penjelasan Conqueror Haki Shanks!, Greenscene

Saat itu, dia hendak bertemu dengan Whitebeard. Momen tersebut memberikan gambaran lebih jauh lagi mengenai Conqueror Haki. Jozu dan Marco sadar betul sekuat apa sosok Shanks. Bahkan, Marco mengakui bahwa kekuatan Conqueror Haki Shanks sangatlah luar biasa dan begitu mengintimidasi. Whitebeard pun mengakui kekuatan Conqueror Haki Shanks sangatlah luar biasa.

BACA JUGA: One Piece: Shakkey Mantan Kru Bajak Laut Legendaris?

Sudah cukup banyak bukti bagaimana Shanks merupakan pengguna Conqueror Haki yang sangat luar biasa. Lebih lanjut, dari keempat Yonko, Shanks merupakan satu-satunya yang tidak memiliki kekuatan buah iblis, artinya kekuatan Haki yang dia miliki mampu menandingi kedahsyatan Yonko lainnya. Pasca timeskip, Oda kemudian lebih lanjut memperkenalkan kepada para fans tentang kekuatan sebenarnya dari Conqueror Haki dalam arc Wano Country.

1
2