Proses Kembalinya Genos di One Punch Man

Sebenarnya, sempat ada spekulasi muncul terkait Genos di mana salah satunya menyebutkan bahwa Genos bisa kembali hidup. Beberapa caranya adalah dengan mengganti inti reaktor dan juga bagian tubuh lainnya atau menggunakan sebuah hal tidak terduga, seperti kembali ke masa lalu. Spekulasi yang kedua sendiri sebenarnya pada awalnya kurang masuk akal, karena One-Punch Man bukanlah seri yang menghadirkan elemen fiksi perjalanan waktu.

Namun, dalam One Punch Man chapter 168 kemarin ternyata Yusuke Murata mewujudkan sesuatu yang tidak biasa tersebut. Setelah mengakui kekalahannya dan sadar akan kesalahannya, Garou kemudian meminta Saitama untuk menghentikan sosoknya di masa lalu. Untuk melakukannya, Garou mengajarkan teknik milik God. Dan yang terjadi adalah Saitama berhasil melakukan perjalanan waktu.

BACA JUGA: One Piece: Terungkap, Wajah Nika Sebenarnya!

Saitama kembali ke momen sebelum Genos menyerang Garou. Saitama pun langsung menghajar Garou dengan teknik Zero Punch, yang mana pukulan tersebut berhasil membuat Garou tersadar dan kembali mendapatkan kendali dirinya. Bukan hanya itu, Genos pun tidak jadi mati dan nampak selamat seperti sebelumnya.

Bukan Genos Asli?

Seperti yang kita ketahui tentang “hukum” perjalanan waktu, ketika hal tersebut terjadi maka akan terjadi beberapa kemungkinan. Pertama, akan muncul cabang di timeline utama. Kedua, akan terciptanya sebuah multiverse atau realita alternatif. Hal ini pula yang kemudian Genos sadar saat dia mencoba melihat inti reaktor yang Saitama pegang dari masa depan.

Genos mendapatkan kembali ingatan dari Genos masa lalu, termasuk momen kematiannya. Melihat hal itu, Genos pun menyadari bahwa Saitama sudah melakukan lompatan waktu untuk menyelamatkannya. Namun, yang dia lakukan memunculkan efek berantai di mana muncul multiverse atau realita alternatif lain. Saitama sendiri tidak sepenuhnya memahami hal tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, apakah artinya Genos yang “asli” sudah benar-benar tewas? Jika berkaca pada teori dari perjalanan waktu di mana ‘masa depan akan berubah menjadi masa sekarang’ maka, artinya bisa kita simpulkan bahwa Genos yang “asli” memang sudah tewas. Hal ini terbukti dari inti reaktor yang masih Saitama pegang di chapter 169 kemarin.

BACA JUGA: Naruto: 5 Klan Paling Berpengaruh di Konoha!

Dan hal tersebut artinya Genos yang hidup pada masa sekarang merupakan Genos yang “berbeda.” Menarik tentunya melihat Yusuke Murata mau memasukan elemen fiksi perjalanan waktu ke dalam cerita One-Punch Man. Jadi, kesimpulannya adalah Genos memang berhasil bangkit kembali dari kematiannya. Namun, Genos yang sekarang berbeda dengan versi “asli”. Karena, untuk yang versi “asli” sendiri sudah tewas akibat Garou.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.