Shanks merupakan salah satu karakter yang misterius dalam seri One Piece. Seperti halnya beberapa karakter lainnya, Eiichiro Oda masih merahasiakan informasi mengenai salah satu Yonko tersebut. Padahal, para fans sendiri sangat penasaran dengan informasi mengenai Shanks ini. Hasilnya, banyak sekali spekulasi atau pun teori mengenai sosok Shanks yang berkembang di kalangan fans.

Yang menarik adalah meskipun Shanks sangat jarang muncul dalam ceritanya, namun dia tetap menjadi salah satu karakter yang sangat populer. Namun, menyambut perilisan film One Piece Film: Red, Eiichiro Oda merilis sebuah booklet terbatas yang berjudul ‘One Piece 4 Billion’. Isinya sendiri berisi informasi mengenai Shanks, kru baja laut Rambut Merah, dan juga Uta.

Dalam booklet tersebut Oda Sensei sedikit memberikan informasi mengenai filmnya, dan juga tentang Shanks beserta kelompoknya. Ada banyak hal-hal dan fakta menarik yang Oda hadirkan tentang sosok Shanks, mulai dari masa lalunya sampai sampai hal detail lainnya. Kabarnya, informasi yang muncul di booklet ini merupakan bagian dari cerita utama alias canon.

BACA JUGA: Boruto: Mengapa Sejarah Kelam Uchiha Disembunyikan?

Berbagai Informasi Masa Lalu Shanks

Informasi pertama adalah mengenai Shanks yang ada di kapal Oro Jackson puluhan tahun lalu. Bagaimana Shanks bisa berada di kapal bajak laut Roger dan menjadi krunya merupakan salah satu pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans. Hal ini pun memunculkan banyak spekulasi dan juga teori tentang sosok Shanks, misalnya Roger ternyata mengadopsi atau menemukan Shanks ketika usianya masih bayi.

Dan teori tersebut sepertinya memang terbukti berdasarkan informasi di booklet ini. Roger dan Rayleigh menemukan Shanks yang usianya saat itu masih satu tahun. Keduanya kemudian membawanya berlayar. Pada saat insiden God Valley, mereka menyembunyikan Shanks di dalam peti harta karun yang Roger curi. Dan sejak saat itu, Shanks menjadi bagian dari kru Roger.

Informasi menarik lainnya adalah pada 12 tahun lalu atau ketika Shanks pertama kali muncul, dia sudah memiliki nilai buruan yang sangat besar yaitu 1,004,000,000 Belly. Yang juga tidak kalah menarik adalah informasi mengenal keluarga Shanks. Besar kemungkinan teori lainnya tentang Shanks terbukti, bahwa dia adalah bagian dari kaum naga langit.

BACA JUGA: 5 Varian Kang yang Lebih Bahaya dari Thanos!

Hal ini berdasarkan informasi dari bookletnya, yang menyebutkan bahwa Shanks berasal dari sebuah keluarga bernama Fearland. Mengapa kemudian Shanks dan keluarganya adalah bagian dari kaum naga langit? Pasalnya, Gorosei sendiri yang mengakui bahwa mereka mengetahui keluarga tersebut. Artinya, mereka bukanlah keluarga sembarangan. Ada kemungkinan mereka sama halnya seperti keluarga Donquixote dan Nefertari.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.