Kelompok bajak laut Rocks adalah kru bajak laut legendaris dan sangat kuat yang berlayar di lautan 38 tahun sebelum cerita utama One Piece dimulai. Sesuai namanya, kelompok bajak laut ini memiliki pemimpin seorang bajak laut yang sangat luar biasa, Rocks D. Xebec. Dia adalah bajak laut terkuat dan paling berbahaya pada saat itu menurut pihak Pemerintah Dunia.

Kelompok bajak laut Rocks benar-benar menguasai lautan sebelum Gol D. Roger dan krunya muncul. Mereka adalah kelompok bajak laut terkuat di masanya, dan rasanya itu wajar jika melihat susunan para krunya. Mereka adalah Whitebeard, Big Mom, dan Kaido. Tiga nama tersebut tentunya sudah tidak asing bagi GeeksĀ semua, karena mereka menjadi Yonko dalam ceritanya.

Seperti yang Sengoku pernah ungkapkan, mereka adalah kelompok bajak laut yang paling kejam dan paling mengerikan di lautan. Kelompok Rocks adalah kelompok bajak laut yang paling memberikan ancaman besar kepada pihak Pemerintah dunia pada saat itu. Dan dibutuhkan gabungan kekuatan dari Gol D. Roger dan Monkey D. Garp untuk kemudian bisa mengalahkan mereka dalam peristiwa God Valley.

BACA JUGA: One Punch Man: Ini Inspirasi Sosok God?

Sebagian besar kru Rocks masih sangat misterius, namun para fans sepertinya berhasil menebak salah satu karakter dalam cerita yang kemungkinan pernah menjadi bagian dari kelompok bajak laut Rocks. Dia adalah Shakky/Shakkey. Shakkey adalah pemilik sebuah bar di kepulauan Sabaody, dan juga salah satu rekan dari Silvers Rayleigh.

Shakkey Mantan Kru Rocks?

Shakky juga dulunya merupakan seorang bajak laut yang terkenal. Menurut Hatchi, Shakky merupakan salah satu bajak laut yang ditakuti di seluruh lautan. Dan menurut Vivre Card Databook menjelaskan bahwa Shakkey pernah menjadi bajak laut pada 40 tahun yang lalu, sebelum memutuskan pensiun. Dia pun bergabung dengan sebuah kelompok bajak laut besar saat itu.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.