Sanji merupakan karakter yang underrated atau kurang begitu mendapat sorotan jika membandingkannya dengan rekannya yang lain di kru Topi Jerami, seperti Monkey D. Luffy dan Roronoa Zoro. Memang, dari segi kekuatan dan kemampuan Sanji berada di bawah mereka berdua – tidak terlalu jauh jaraknya dengan Zoro. Meskipun begitu, kemampuan Sanji juga sebenarnya tidak kalah dahsyat di One Piece.

Selain dalam hal kekuatan, Sanji juga menjadi karakter yang kurang begitu populer sebagai wakil kapten karena “tertutupi” oleh popularitas Zoro. Padahal, Sanji sebenarnya memiliki berbagai hal yang cocok untuk menjadi wakil kapten. Terlepas dari hal tersebut sepertinya Sanji sudah puas menjalani perannya sebagai koki dan menjadi ‘nomor 3’ di kru tersebut, selama ada teman-temannya.

Berbicara mengenai kekuatan Sanji, tidak lepas dari masa lalunya. Selama ini, kita tidak pernah mengetahui tentang asal-usulnya. Informasi yang kita ketahui tentang Sanji adalah dia ditemukan oleh Zeff dan sang koki merawatnya serta mengangkatnya menjadi anak. Baru pada arc Whole Cake Island, kita mengetahui tentang masa lalu dan keluarga dari Sanji yang ternyata cukup mengharukan.

BACA JUGA: Bocoran Wujud Villain Namor di Black Panther 2!

Dalam arc tersebut kita mengetahui bahwa Sanji dan saudara-saudaranya yang lain secara genetik dimodifikasi oleh sang ayah, Vinsmoke Judge. Tujuannya adalah untuk menjadikan anak-anaknya tentara super yang tangguh, hebat, dan tidak memiliki emosi sama sekali. Sedari kecil, mereka sudah dilatih secara keras dan disiplin meski pun sepertinya hal tersebut tidak berpengaruh terhadap Sanji.

Sumber Kekuatan Sanji

Sanji selama ini terkenal sebagai sosok kru Topi Jerami terkuat nomor 3 setelah Luffy dan Zoro. Dia mampu melakukan tendangan api, memperkuat kakinya, dan sebagainya. Latihan yang dia jalani bertahun-tahun memang menjadi alasan mengapa dia bisa menjadi kuat. Namun, kemungkinan ada alasan lainnya mengapa dia bisa menjadi sosok yang kuat. Dan paragraf di atas memberikan jawaban atas hal tersebut.

Kekuatan sebenarnya dari Sanji berasal dari ilmu pengetahuan. Dengan kata lain, berbagai rekayasa genetik yang Judge pernah lakukan terhadap anak-anaknya, termasuk Sanji, pada dasarnya berhasil. Namun, khusus untuk Sanji ada pengecualian. Obat yang Sora minum sepertinya mampu menghalangi perkembangan rekayasa genetik tersebut sampai kemudian dia mengenakan Raid Suit.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.