Dalam seri One Punch Man, sosok misterius yang terkenal dengan sebutan “God” perlahan sudah mulai Murata perkenalkan sebagai antagonis utama di serinya. Sayangnya, kekuatannya yang sebenarnya dan apa tujuan dari sosok God masih belum kita ketahui secara jelas. Namun, dari apa yang sudah muncul sejauh ini sosok God bisa kita anggap sebagai musuh yang sepadan untuk Saitama.

God pertama kali muncul di manganya pada chapter 109, dalam momen kilas balik yang menjelaskan tentang sosok Homeless Emperor, salah satu eksekutif atau monster level tinggi di asosiasi monster. God merupakan makhluk yang memberikan Homeless Emperor kekuatan dahsyat, dan kemudian kekuatan tersebut merubahnya menjadi monster dengan ancaman level naga.

One Punch Man: Ini Inspirasi Sosok God?, Greenscene

Kemudian, God kembali muncul dalam penglihatan yang ada dalam sosok Psykos. Saat itu dia berusaha untuk menyatu dengan sang raja monster, Orochi. God muncul dalam bentuk yang aneh, di mana bentuk wajahnya mirip seperti bentuk dari sel otak dan memberikan Psykos kekuatan yang jauh lebih dahsyat lagi. God pun kemudian muncul dihadapan Saitama dan Flashy Flash saat mereka terjebak di bawah tanah.

Saat itu, mereka melihat sebuah objek berupa kotak berwarna hitam, dan mereka pun mendengar suara dari God. God menawarkan mereka kekuatan dahsyat. Namun, sebelumnya God meminta mereka untuk menyentuh kotak tersebut untuk melihat apakah keduanya memang pantas untuk menerima kekuatan. Masih belum ada informasi apa yang menjadi tujuan utama dari God. Meskipun begitu, ada spekulasi yang menyebutkan bahwa God memiliki sebuah agenda penting dengan memberikan orang-orang kekuatan dahsyat.v

BACA JUGA: Boruto: Dengan Karma Kawaki, Apa Rencana Amado?

Inspirasi sosok God

Berbicara mengenai sosok God, terdapat sebuah trivia menarik tentang sosok God. Karakter ini memiliki kemiripan dengan monster mitologi yang ada dalam cerita H.P. Lovecraft yaitu Cthulthu. Dalam novelnya, monster tersebut berasal dari sebuah dimensi lain. Selain itu, monster ini juga mampu untuk melakukan interaksi fisik dengan universe yang tidak sepenuhnya ada di dimensi tersebut.

Hal ini pun sesuai dengan sosok God. Kita masih belum mengetahui dari mana asalnya. Namun, terdapat spekulasi bahwa God berasal dari bulan atau berasal dari dimensi yang lain. Dan saat ini, dia bisa berinteraksi dengan universe atau alam raya dalam seri One Punch Man. Buktinya, dia bisa memberikan kekuatannya kepada orang lain atau pun mencabut nyawa mereka.

BACA JUGA: One Piece: Luffy Gunakan 2 Buah Iblis?

Bukti lainnya adalah Genos, di chapter 169 mengonfirmasi bahwa konsep multiverse memang ada di serinya. Selain Cthulthu, monster lainnya yang mungkin menjadi inspirasi sosok God adalah Outer God Nyarlathotep. Monster ini merupakan sebuah entitas yang sangat kuat. Dia sangat senang akan kekacauan dan kepribadiannya pun sangat mengerikan dan ganas.

One Punch Man: Ini Inspirasi Sosok God?, Greenscene

Dia sering menjalin kesepakatan dengan manusia dan sangat membenci mereka. Nyarlathotep juga sangat senang untuk bermain-main dengan jiwa manusia untuk sebuah tujuan yang tidak bisa kita pahami. Karena dia merupakan wujud dari sebuah kekacauan, karena itulah dia memerlukan avatar atau wadah. Karena inilah, dia terkenal sebagai dewa dengan seribu wajah dan bentuk dari masing-masing wajah sangatlah mengerikan.

Sosok God, seperti yang kita tahu, memiliki bentuk yang mengerikan. Dia bisa berubah-ubah bentuk menjadi apa pun. Misalnya ketika dia berubah menjadi Blast untuk mengelabui Tatsumaki. Atau berubah menjadi Bang ketika hendak mengelabui Garou. Dia juga sering bermain-main dengan jiwa manusia. Misalnya dengan sosok Garou atau Homeless Emperor.

BACA JUGA: One Punch Man: Siapa Lawan Saitama Selanjutnya?

Namun, masih jadi pertanyaan besar apakah God merupakan sosok paling tinggi juga dalam cerita One Punch Man. Pasalnya, Nyarlathotep sendiri merupakan kaki tangan dari Azatoth. Para fans sendiri masih penasaran dengan sosok God, mulai dari asau-usulnya sampai motif kemunculannya. Mudah-mudahan saja kedepannya kita akan mendapatkan informasi lebih.