Shanks merupakan salah satu dari empat penguasa samudra alias Yonko di New World dalam cerita One Piece. Dia juga merupakan kapten dari kelompok bajak laut Rambut Merah dan merupakan salah satu karakter terkuat dalam cerita One Piece. Shanks sendiri sudah sejak awal muncul dalam serinya. Dialah yang memberikan topi jerami kepada Luffy dan menginspirasi Luffy untuk menjadi seorang bajak laut.

Dan karena hal inilah Shanks begitu Luffy hormati dan menjadi sosok yang sangat penting. Sejak pertama kali muncul, bahkan sampai saat ini, Shanks memang sangat jarang sekali diperlihatkan muncul dalam cerita. Tetapi, yang menarik adalah meskipun dia jarang muncul dalam ceritanya, reputasinya sebagai bajak laut terkuat di dunia sangat populer.

Berbicara mengenai sosok Shanks sampai saat ini Oda Sensei masih belum memberikan banyak informasi mengenai sosok karakter tersebut. Hal inilah yang kemudian memunculkan banyak teori dan spekulasi di kalangan fans. Namun, dalam perilisan One Piece Film: Red di Jepang kemarin sang mangaka memberikan informasi mengenai sosok Shanks melalui booklet “One Piece 4 Billion.”

BACA JUGA: Kelam, Ini Kematian Luffy di Akhir One Piece?

Booklet yang Oda kerjakan ini mirip seperti Road To Laugh Tale. Namun, dalam One Piece 4 Billion isinya berkaitan tentang Uta, Shanks, dan filmnya. Ada banyak hal menarik yang Oda suguhkan di booklet tersebut, terutama yang berkaitan dengan sosok Shanks. Mulai dari masa lalunya sampai berbagai hal penting lainnya, seperti nilai buruan pertama dari Shanks. Dan informasi ini ternyata bagian dari cerita utama alias canon.

Masa Lalu Shanks

Bagaimana Shanks bisa berada di kapal bajak laut Roger dan menjadi krunya merupakan salah satu pertanyaan besar yang muncul di kalangan fans. Hal ini pun memunculkan banyak spekulasi dan juga teori tentang sosok Shanks, misalnya Roger ternyata mengadopsi atau menemukan Shanks ketika usianya masih bayi. Dan teori tersebut sepertinya memang benar.

Berdasarkan informasinya, Roger dan Rayleigh menemukan Shanks yang usianya saat itu masih satu tahun. Keduanya kemudian membawanya berlayar. Pada saat insiden God Valley, mereka menyembunyikan Shanks di dalam peti harta karun yang Roger curi. Informasi menarik lainnya adalah pada 12 tahun lalu atau ketika Shanks pertama kali muncul, dia sudah memiliki nilai buruan sebesar 1,004,000,000 Belly.

BACA JUGA: One Piece: Oda Ungkap Yonko Terkuat?

Dua informasi mengenai masa lalu Shanks ini menarik. Pertama, artinya teori bahwa Roger menemukan Shanks ketika masih kecil terbukti benar. Sayangnya, tidak ada informasi di mana Roger menemukan Shanks. Ini pun seolah membantah teori yang sempat beredar di kalangan fans, yang menyebutkan bahwa Shanks merupakan anak dari Rocks D. Xebec.

KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.