Setelah Fox-Disney bergabung pada tahun 2019 lalu, saat ini semua aset dan hak penayangan atas karakter X-Men sudah berada di tangan Marvel Studios. Para penggemar setia Marvel hanya tinggal menunggu waktu sampai akhirnya X-Man muncul di Marvel Cinematic Universe. Sejauh ini Marvel sendiri memang masih belum mengumumkan kapan X-Men akan muncul. Namun, berdasarkan beberapa petunjuk terbaru, cukup jelas bahwa Marvel tengah membangun fondasi X-Men di MCU.

Beberapa waktu lalu, Marvel Studios telah menghadirkan varian Professor X (Patrick Stewart) dari Earth-838 di film Doctor Strange in the Multiverse of Madness. Kemudian baru-baru ini, mereka juga telah mengungkapkan bahwa Kamala Khan (Iman Vellani) dari serial Ms. Marvel adalah seorang mutan. Walaupun begitu, sebelum Professor X dan Kamala muncul, sebenarnya Marvel telah menghadirkan sejumlah karakter yang merupakan mutan di Marvel Comics. Siapa saja mereka? Langsung saja simak pembahasannya di bahwa ini, Geeks!

BACA JUGA: Ada X-Men di Concept Art Ms. Marvel!

Scarlet Witch

Pada tahun 2014, jauh sebelum Professor X dan Ms. Marvel muncul, sebenarnya Marvel Studios sudah pernah membawa mutan dari komik ke MCU. Dia adalah Wanda Maximoff alias Scarlet Witch (Elizabeth Olsen) yang debut di mid-credit Captain America: The Winter Soldier. Seperti yang sudah penggemar ketahui sebelumnya, Wanda adalah anak dari seorang omega mutan yang tidak lain adalah Magneto. Sebelum bergabung dengan Avengers di Marvel Comics, Wanda bahkan lebih dahulu bergabung dengan tim supervillain mutan yang didirikan oleh ayahnya, yaitu Brotherhood of Evil Mutants.

Para Mutan ini Eksis di MCU, Sadar?, Greenscene

Walaupun begitu, di MCU ternyata Marvel mengubah latar belakangnya, di mana dia adalah anak dari sepasang manusia biasa yang rumahnya hancur oleh roket Stark. Serial solonya yang berjudul WandaVision bahkan telah menegaskan bahwa asal-usul kekuatan Wanda berasal dari Mind Stone. Salah satu Infinity Stone yang memegang peranan penting di Infnity Saga tersebut secara tidak langsung telah membangkitkan kemampuan terpendam Wanda. Hal yang sama terjadi juga kepada adik kandungnya, yaitu Quicksilver, yang bergabung dengan Avengers di film Age of Ultron.

BACA JUGA: Giancarlo Esposito Perankan Mutan di MCU?

Quicksilver

Baik di Marvel Cinematic Universe maupun di Marvel Comics, Quicksilver adalah adik kandung Wanda Maximoff. Karakter yang mempunyai nama asli Pietro Maximoff ini sama-sama debut sebagai seorang mutan dan juga anak Magneto di Marvel Comics. Bersama kakaknya, dia juga bergabung dengan Brotherhood of Evil Mutants, sebelum akhirnya bergabung dengan Avengers dan menjadi superhero. Sebagai seseorang yang mempunyai kecepatan super, Pietro adalah aset yang sangat berharga, baik bagi Brotherhood maupun Avengers.

Para Mutan ini Eksis di MCU, Sadar?, Greenscene

Di MCU sendiri, Pietro alias Quicksilver (Aaron Taylor-Johnson) debut bersama kakaknya di mid-credit The Winter Soldier. Dia mendapatkan kecepatan supernya setelah terpapar Mind Stone yang pada saat itu berada di tangan Hydra. Pietro kemudian muncul kembali di Avengers: Age of Ultron sebagai antek Ultron yang sangat ingin membalas dendam kepada Tony Stark/Iron Man. Namun, setelah mengetahui rencana asli Ultron dari Wanda, dia lantas memilih untuk bertarung bersama Avengers. Sayangnya, Pietro harus mati di ending Age of Ultron saat berusaha menyelamatkan Clint Barton/Hawkeye.

1
2