Oda Sensei sendiri sudah memberikan petunjuk yang cukup banyak dalam berbagai ceritanya sejauh ini. Misalnya, kemunculan sosok Green Bull di Wano. Kemudian, kita juga melihat bagaimana level kekuatan seorang admiral berada di atas para komandan Yonko. Queen dan King mungkin belum pulih benar akibat pertempuran dahsyat yang terjadi seminggu sebelumnya.

Namun, mengingat bagaimana Green Bull datang sendirian dan menghabisi semuanya, tentu ini menjadi sesuatu yang luar biasa. Selain momen Green Bull di Wano, beberapa momen admiral menunjukan kemampuannya juga sempat terjadi di chapter sebelumnya. Misalnya ketika Aokiji berhasil menghentikan Doflamingo saat akan membunuh Smoker. Atau ketika Sakazuki memburu Blackbeard dan kelompoknya sendirian.

BACA JUGA: One Piece: Bagaimana Nasib Mantan Shichibukai?

Hal tersebut seolah menjadi tanda dari Oda Sensei bahwa sudah saatnya kita meninggalkan kekuatan dari Shichibukai dan Yonko. Kekuatan para admiral kemungkinan akan jauh lebih banyak dieksplor pada masa yang akan datang. Sejauh ini, kekuatan para admiral kurang begitu mendapat apresiasi para fans karena memang sangat jarang muncul dalam ceritanya.

Selain itu, mereka juga seolah hanya bergerak atau muncul saat ada peristiwa besar terjadi akibat ulah para bajak laut. Namun, sekarang, mereka sepertinya akan jauh lebih memperlihatkan lagi kemampuannya. Yang paling baru adalah dalam poin bocoran untuk chapter 1054, Oda memperkenalkan karakter angkatan laut kuat lainnya yaitu Kurouma alias Tensei.

Kesimpulannya

Dengan sistem Shichibukai yang sudah hancur, keseimbangan Yonko yang sudah berganti, ancaman baru selanjutnya adalah angkatan laut. Hal ini berdasarkan berbagai petunjuk yang Oda hadirkan dalam ceritanya, melalui berbagai elemen. Salah satunya adalah bagaimana pihak angkatan laut sekarang lebih mulai sering unjuk gigi. Kemunculuan Green Bull dan sosok karakter baru Kurouma adalah contohnya.

Dan melihat secara keseluruhan narasinya, angkatan laut menjadi ancaman selanjutnya bagi Luffy dan yang lain memang masuk akal. Hal ini mengingat betapa pentingnya organisasi tersebut, dan kaitannya dengan Pemerintah Dunia. Juga, kita tentu mengetahui seberapa dahsyat dan besarnya kekuatan dari armada angkatan laut. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.