Kisah Perdana Captain America di Marvel

Seperti yang kita tahu, Steve Rogers alias Captain America adalah salah satu superhero Marvel yang hidup para era Perang Dunia II. Sudah tidak aneh jika dia menghajar para nazi dan pemimpinnya, Adolf Hitler. Namun saat dia debut pada tahun 1942 dengan serial komik perdananya, banyak sekali orang yang mensomasi komik Captain America. Karena pada saat itu sampul perdananya memperlihatkan Captain America yang tengah meninju Adolf Hitler. Karena pada saat itu komiknya dirilis oleh penerbit Timely Comics, jadi kisah perdana Captain America ini tidak canon dengan kisah utama di Marvel Universe.

Pengkhianatan Iron Man di Marvel

Iron Man adalah salah satu superhero favorit yang terkenal sebagai pendiri Avengers. Namun, pada tahun 90-an Marvel pernah menceritakan kisah The Crossing, di mana dia berkhianat kepada para Avengers. Semuanya bermula dari cerita dadakan yang menceritakan bahwa selama ini Kang the Conqueror telah memperalat Iron Man sejak dia masih kecil. Untuk melupakannya dari canon, Marvel mencoba menghadirkan Iron Man muda sebagai penggantinya di Avengers. Kemudian kembali menghadirkan Iron Man dewasa seakan tidak pernah terjadi apa-apa sebelumnya.

Pernikahan Peter Parker di Marvel

Seperti yang kita tahu, Peter Parker alias Spider-Man mempunyai seorang kekasih yang sangat cantik bernama Mary Jane. Meskipun hubungan mereka menjadi salah satu faktor mengapa kisah Spider-Man laris, tetapi pernikahan mereka yang terjadi pada tahun 80-an justru malah menimbulkan konstroversi di kalangan penggemar. Joe Quesada yang pada saat itu menjadi kepala editor Marvel lantas menghapus kisah pernikahan Peter dan MJ dengan peristiwa One More Day. Menurutnya, Spider-Man adalah ‘superhero remaja’ yang seharusnya tidak buru-buru menikah, meskipun dia sangat mencintai MJ.

Spider-Man Reign

Dari sekian banyak kisah manusia laba-laba radioaktif andalan Marvel, Spider-Man Reign adalah salah satunya yang paling kontroversial. Karena di komik ini Marvel bercerita tentang Peter Parker yang lebih tua, di mana dia hidup dengan penuh kesedihan karena kematian MJ. Mirisnya, kematian kekasihnya ini ternyata disebabkan oleh sperma Peter yang penuh dengan radioaktif sehingga memicu penyakit kanker di tubuh MJ. Banyak penggemar yang merasa bahwa kisah masa depan ini sama sekali bukan canon, karena kisah akhir Peter dan MJ seharusnya tidak setragis Spider-Man Reign.

Trouble

Kisah lain dari Spider-Man yang sempat menimbulkan konstroversi di kalangan penggemar adalah Trouble karya Mark Millar yang rilis pada awal tahun 2000-an. Kisahnya sendiri berfokus pada versi muda Bibi May dan Paman Ben, di mana mereka menjalani kesehariannya bersama kedua orang tua Peter Parker. Alasan mengapa kisah ini akhirnya Marvel hapus dari canon adalah karena Trouble secara tidak langsung telah mengindikasikan bahwa sebenarnya ibu Peter adalah Bibi May sendiri. Tentunya jika elemen tersebut tetap dipertahankan, maka penggemar akan merasa bingung dengan alur kisah Peter Parker dan Bibi May.

BACA JUGA: Para Avengers ini Berkhianat Jadi Villain!

Itulah sepuluh kisah konstroversial yang akhirnya Marvel hapus dari canon semestanya. Kisahnya mungkin tetap ada, tetapi tercatat sebagai bagian dari sejarah universe alternatif Marvel. Melihat semua upaya mereka dalam menghapus kisah-kisah konstroversial ini, satu hal yang bisa kita simpulkan bahwa mereka juga pernah membuat kesalahan. Bagi sebagian penggemar mungkin kisah-kisah ini sulit untuk dilupakan, tetapi setidaknya mereka telah melakukan apa yang mereka bisa agar kisah canonnya kembali lebih teratur dan lebih menyenangkan lagi untuk terus diikuti.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.