Dalam seri One Piece ada banyak karakter pengguna buah iblis. Bahkan, sebagian besar dari mereka mendominasi cerita. Di sisi lain, ada juga karakter yang memiliki kekuatan Haki atau tekad. Haki sendiri merupakan kekuatan yang biasanya digunakan untuk menandingi kekuatan buah iblis. Berbicara mengenai Haki, Shanks adalah sosok pengguna Haki terkuat di serinya saat ini.

Berbeda dengan Yonko yang lain Shanks justru tidak memiliki kekuatan buah iblis apa pun. Haki adalah senjata yang selalu dia gunakan dalam pertempuran. Kemampuan Conqueror Haki miliknya pun mendapatkan pengakuan dari Whitebeard, yang terbukti ketika dia mengunjungi kapalnya dan membuat sebagian besar kru bajak lautnya pingsan. Dia juga mampu menghentikan pukulan magma dari Sakazuki.

Dan yang paling baru adalah apa yang muncul di chapter 1055 kemarin. Dalam chapternya, nampak Shanks berada di wilayah pantai Wano. Namun, dia dan krunya memutuskan untuk tetap berada di kapal. Sebelum pergi, Shanks sempat mempertontonkan kemampuan Advanced Conqueror Hakinya yang sangat luar biasa.

BACA JUGA: 5 Ending Anime Paling Kontroversial!

Hal ini bisa kita lihat dari kilatan hitam yang muncul di atas langit tempat Aramaki dan Momonosuke serta yang lain bertarung. Selain itu, setelah melihat kilatan hitam yang luar biasa itu admiral Aramaki pun mampu merasakan hawa semangat yang sangat luar biasa mengintimidasi. Namun, terdapat sebuah spekulasi yang menyebutkan bahwa apa yang Shanks pelihatkan bukan sekedar Conqueror Haki biasa melainkan Voice of All Things.

Apa Itu Voice Of All Things

The Voice Of All Thing atau suara semesta merupakan sebuah kemampuan yang unik, yang muncul dalam seri One Piece. Sampai sekarang Eiichiro Oda masih belum mau memberikan informasi lebih tentang Voice Of All Things. Oleh karena itulah belum ada penjelasan yang jelas atau detail tentang apa sebenarnya Voice Of All Things ini.

Berdasarkan apa yang ditunjukan di ceritanya, Voice Of All Things merupakan sebuah kemampuan yang tidak semua orang miliki. Seseorang yang memiliki kemampuan atau kekuatan ini, bisa mendengar suara apa pun yang ada di dunia One Piece. Mereka bisa mendengar makhluk hidup lainnya selain manusia. Yang lebih dahsyat lagi adalah Voice Of All Things bisa membuat seseorang mendengar benda mati, contohnya Poneglyphs.

BACA JUGA: One Piece: Mengenal Wakil Kapten di Bajak Laut Shanks!

Kemampuan ini pertama kali muncul di awal serinya, bersamaan dengan kemampuan lainnya seperti Haki. Untuk the Voice of All Thing, kemampuan tersebut pertama kali muncul di chapter 13 di manganya dan di episode 6 jika dalam versi animenya. Dan namanya sendiri baru disebutkan di chapter 507, di mana Silvers Rayleigh menjelaskan bahwa Roger memiliki kemampuan untuk mendengarkan Poneglyph yang ada di pulau langit.

Sejauh ini, mungkin bisa dihitung jari orang-orang yang diketahui memiliki kemampuan hal ini. Contohnya adalah Momonosuke, Kozuki Oden, dan Roger. The Voice of All Thing merupakan sebuah hal yang bisa menuntun seseorang yang ingin pergi ke pulau terakhir yaitu Laugh Tale, dan sangat sulit bagi mereka untuk bisa pergi ke Laugh Tale tanpa memiliki kemampuan ini.

Shanks Gunakan Voice Of All Things?

Serinya sendiri belum memberikan konfirmasi mengenai hal ini. Namun, bisa jadi apa yang kita lihat di chapter 1055 kemarin memberikan petunjuk bahwa Shanks juga mampu menggunakan teknik ini. Ada beberapa hal yang dianggap bisa menjadi petunjuk dari hal ini. Pertama, muncul efek suara ketika Haki yang Shanks keluarkan mencapai tubuh Aramaki.

BACA JUGA: Apakah Luffy Memiliki Kemampuan Voice Of All Things?

Sejauh ini, Oda belum pernah memperlihatkan adanya efek suara ketika seseorang terkena Haki. Mereka biasanya akan langsung merasakan kedahsyatan dari Haki tersebut. Kedua, Shanks mampu berkomunikasi dengan Aramaki melalui Haki yang dia gunakan. Lagi-lagi sejauh ini belum pernah ada karakter yang mampu melakukan hal seperti itu. Bahkan, Roger dan juga Rayleigh sendiri nampak belum pernah bisa melakukan hal tersebut.

Selain momen di chapter 1055 kemarin, di chapter sebelumnya juga kita bisa melihat momen penggunaan Voice of All Things. Ketika Luffy tenggelam, Momonosuke bisa mendengar “suara hati” dari Luffy yang mengatakan bahwa dia baik-baik saja. Selain itu, berkat kekuatan ini juga kelompok bajak laut Hati kemudian bisa menolongnya dan Luffy pun selamat.

Bagaimana Oda menghadirkan berbagai momen tersebut mirip seperti ketika Oda mulai memperkenalkan Haki dalam ceritanya. Untuk saat ini, memang kita belum mendapatkan konfirmasi bahwa itu adalah Voice of All Things. Namun, mungkin kedepannya kita akan mendapatkan penjelasan mengenai hal ini. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju dengan hal ini?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.