Multiverse di Seri One-Punch Man

Berdasarkan apa yang muncul di chapter 155 dan juga 164, bisa kita tarik asumsi bahwa One Punch Man mulai menghadirkan mengadaptasi konsep multiverse atau dengan kata lain multiverse memang ada di serinya. Selain bagaimana Blast membuka portal menuju dimensi lain, kita juga melihat adanya “variant” atau versi lain dari para karakter yang ada di serinya. Misalnya, kita melihat adanya sosok karakter yang mirip dengan Lord Boros.

Kemudian, ada juga karakter yang mirip dengan sosok Fubuki. Ada beberapa teori menarik juga yang berkembang di kalangan fans terkait dengan para karakter tersebut. Pertama, mereka adalah sosok terpilih atau yang terkuat di dimensi atau universe mereka di mana kemudian mewakili dimensi mereka seperti halnya Blast. Kemudian, terdapat teori lainnya yang menyebutkan bahwa para karakter tersebut merupakan berasal dari universe utama serinya seperti karakter lain.

Hanya saja keberadaan mereka tidak pernah diketahui atau sengaja disembunyikan, demi keberlangsungan umat manusia dan seluruh alam raya. Kedua teori ini bisa dibilang cukup masuk akal, dan mungkin saja salah satu teorinya benar. Selain kemunculan para pahlawan yang mungkin berasal dari dimensi lain, petunjuk lainnya mengenai adanya konsep multiverse muncul di chapter kemarin.

Dalam chapter 168, nampak Garou memberi tahu cara bagi Saitama untuk bisa kembali ke masa lalu. Tujuannya adalah menghentikan Garou versi masa lalunya, dan menyadarkan bahwa apa yang dia lakukan salah. Tidak pelak selain memperkuat konsep multiverse, hal ini juga menunjukan bahwa ada cabang di timeline ceritanya dan juga kemungkinan adanya paralel universe.

Berbagai Ancaman Multiverse

Dengan adanya Blast dan tim pahlawan yang menjaga multiverse tersebut, artinya ada juga ancaman besar lainnya yang siap muncul kapan pun. Untuk saat ini, memang kita masih belum mengetahui apa saja ancaman multiverse yang akan muncul di serinya. Namun, God bisa jadi sosok awal untuk villain multiverse tersebut. Kita tahu bahwa God bukanlah sosok sembarangan.

Bagaimana God dan para pahlawan lainnya mengenal God, artinya dia pernah menjadi ancaman multiversal. Saat ini, God masih belum muncul secara fisik karena diyakini di masih terkurung di bulan. Namun, bukan tidak mungkin jika suatu hari nanti dia akan kembali bangkit dan kembali menjadi ancaman bukan hanya bagi bumi tapi juga bagi seluruh alam raya.

BACA JUGA: 7 Mesin Waktu di Marvel Universe!

Selain God, ancaman multiverse lainnya pun bisa saja muncul. Misalnya, dalam artikel lain ada pembahasan mengenai munculnya sosok Saitama versi jahat. Level kekuatan dari Saitama versi jahat ini bisa jadi sama kuat atau bahkan lebih kuat dari Saitama di universe utama. Jika memang demikian, maka artinya Saitama harus siap bertarung menghadapi dirinya sendiri dalam versi jahat.

Bagaimana dengan ancaman lainnya? Jika berkaca pada cerita fiksi lainnya yang juga menghadirkan konsep multiverse, ancaman besar akan selalu ada. Selain dua sosok di atas, mungkin kita juga akan melihat ancaman-anacaman multi dimensi atau multiverse lain yang akan mengancam keberlangsungan seluruh makhluk yang ada. Meskipun begitu, terdapat satu pertanyaan besar yang muncul.

Apakah Yusuke Murata dan ONE akan terus menghadirkan konsep multiverse ini? Sedari awal, cerita One-Punch Man tidak berfokus pada hal-hal kosmik. Namun, Murata sendiri sepertinya ingin menghadirkan perbedaan antara versi manga dan webcomic yang mana kemudian dia menghadirkan cerita dan konsep kosmik dan multiverse ini. Dengan sudah adanya konsep tersebut, kita akan menyayangkan jika kemudian konsepnya tertinggal begitu saja. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa ancaman kosmik dan multidimensi lainnya yang akan muncul di serinya!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.