Black Panther adalah superhero Marvel yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan penggemar. Hal itu bisa terjadi karena sebentar lagi Marvel Studios akan menayangkan film MCU Black Panther: Wakanda Forever tanpa T’Challa/Black Panther. Walaupun begitu, di akhir trailer perdananya kita bisa melihat sekilas sosok Black Panther baru yang fisiologinya seperti seorang wanita. Terlepas dari identitasnya yang masih menjadi misteri, di Marvel Comics sendiri sebenarnya ada sejumlah wanita yang pernah menjadi Black Panther. Siapa saja mereka? Berikut ini masih kita coba uraikan satu per satu, dari Black Panther wanita pertama sampai yang ada di universe alternatif.

BACA JUGA: Antek Kang the Conqueror Debut di Black Panther 2?

Nehanda

Sosok Nehanda pertama kali terungkap di komik Black Panther #14 (2016), saat T’Challa memanggil para leluhur yang pernah menjadi Black Panther. Di antara para arwah spiritual ini ada seorang wanita bernama Nehanda, dia adalah Ratu Wakanda yang berkuasa pada zaman medieval dan pencetus ide tentang pasukan wanita Dora Milaje. Selain bertindak sebagai ratu, dia juga adalah wanita pertama yang menjadi Black Panther serta anggota Avengers pada abad kesebelas. Secara kekuatan, Nehanda sama seperti Black Panther pada umumnya yang lincah dan juga tangguh.

Shuri

Dari Nehanda, ribuan tahun kemudian tidak pernah ada lagi wanita yang menjadi Black Panther. Setidaknya sampai Shuri lahir dan menaruh rasa iri kepada kakaknya, T’Challa, yang bisa menjadi Black Panther. Keinginan Shuri untuk menjadi Black Panther akhirnya terwujud di komik Black Panther #1 (2009), saat T’Challa terluka oleh Doctor Doom. Dengan kecerdasannya dalam menciptakan berbagai perlengkapan canggih, Shuri berhasil membuktikan kelayakannya sebagai Black Panther. Pada titik inilah untuk pertama kalinya dalam sejarah Wakanda, dewa panther Bast mempunyai dua avatar sekaligus.

BACA JUGA: 3 Film ini Tampilkan Villain Kang the Conqueror!

Sky Panther

Selain dua wanita Wakanda dari Prime Earth, wanita lain yang pernah menjadi Black Panther adalah sosok misterius dari Earth-TRN941. Wanita yang mengklaim dirinya sebagai Sky Panther ini hanya muncul sekilas di komik Avengers Academy #12 (2011). Dia adalah seorang ahli beladiri yang mempunyai penampilan seperti Ororo Monroe/Storm dari Prime Earth. Secara kekuatan sebenarnya dia juga memang terlihat bisa terbang dan mampu mengeluarkan petir. Namun, alih-alih mengaku sebagai Storm, wanita ini justru merasa dirinya adalah Black Panther masa depan yang mempunyai nama Sky Panther.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.