Di Marvel Comics, Kang the Conqueror adalah seorang penjelajah waktu yang menghabiskan waktunya untuk menaklukan sejumlah dunia di berbagai timeline. Awalnya dia hanyalah seorang pemuda cerdas pada dari abad ke-31 yang menemukan mesin waktu kuno milik Doctor Doom. Sejak saat itu dia memulai penjelajahan waktunya ke zaman Mesir kuno sebagai Rama-Tut. Kemudian bertemu dengan Avengers pada masa sekarang sebagai Scarlet Centurion. Sampai akhirnya menemukan jati diri barunya sebagai Kang the Conqueror setelah tiba pada abad ke-40.

Berdasarkan sejarahnya tersebut, cukup jelas bahwa Kang bisa pergi ke timeline mana saja yang dia mau. Setidaknya itu yang berusaha Marvel gambarkan tentang supervillain yang satu ini. Walaupun begitu, fakta sebenarnya, ternyata ada satu timeline yang selalu berusaha dia hindari. Bukan karena timeline ini tidak bisa dia datangi, melainkan karena di dalamnya ada sosok yang paling dia takuti, yaitu sang Mad Titan Thanos. Bagaimana hal ini bisa terjadi dan mengapa Kang sangat takut kepadanya? Tanpa basa-basi lagi, mari langsung saja kita bahas seperti apa kisahnya.

BACA JUGA: Mengenal Varian Kang the Conqueror Paling Sadis!

Kang Tidak Ingin Bertemu Thanos

Natahniel Richards alias Kang the Conqueror adalah supervillain tangguh Marvel yang debut pada tahun 1964. Sejak pertama kali dia muncul, Kang sudah menjadi musuh bagi para Avengers yang tugas utamanya adalah mengalahkan big bad villain di Marvel Universe. Dengan statusnya sebagai musuh Avengers, cukup jelas bahwa dia adalah supervillain yang tidak mengenal rasa takut. Julukan tersebut setidaknya bertahan selama lebih dari setengah abad, sampai akhirnya terungkap pada tahun 2018 bahwa Kang sangat takut kepada sang Mad Titan Thanos.

Pengungkapan besar ini terjadi di komik Thanos: The Infinity Siblings karya Jim Starlin dan Alan Davis. Sesuai dengan judulnya, kisah ini sebenarnya berfokus pada hubungan antara Thanos dan saudaranya yang bernama Eros/Starfox. Namun, dalam salah satu halamannya, Eros ternyata sempat bertemu dengan Kang. Di mana sang penjelajah waktu ini dengan jelas mengatakan kepada Eros bahwa dia sama sekali tidak ingin bertemu dengan saudaranya yang lebih agresif. Walaupun begitu, pada akhirnya Kang terpaksa bertemu dengan Thanos, meskipun dia tahu bahwa itu bukanlah keputusan yang bijaksana.

BACA JUGA: 5 Alat Tempur Kang the Conqueror!

Pertemuan bersejarah ini terjadi menjelang akhir kisah The Infinity Siblings. Saat bertemu dengan sang Mad Titan, Kang langsung menawarkan kesepakatan untuk menjadi penasihatnya. Dia bersedia untuk memberikan wawasan tentang masa depan kepada Thanos agar sang Mad Titan bisa menguasai seluruh alam semesta. Sebagai gantinya Kang meminta izin kepadanya agar dibiarkan memerintah kerajaannya sendiri pada abad ke-42 di Chronopolis. Yang lebih menariknya lagi, ternyata sebelum Kang menemuinya, ternyata Thanos sudah tahu bahwa Kang akan datang dan mengajukan proposal kepadanya.

1
2