Pasukan Revolusi adalah salah satu organisasi paling misterius dalam cerita One Piece. Mereka memiliki pengaruh besar terhadap situasi di dunia. Selain itu, Pasukan Revolusi juga adalah salah satu ancaman besar yang harus Pemerintah Dunia hadapi. Pemimpin mereka, Monkey D. Dragon, adalah manusia paling dicari di seluruh dunia yang mana membuat kelompok ini sangat diperhitungkan.

Pasukan Revolusi selama ini bergerak secara senyap dari balik bayang-bayang. Satu persatu wilayah yang ada di Grand Line, mereka bantu untuk mendapatkan kemerdekaannya dari pihak Pemerintah Dunia. Karena itulah tidak jarang, para anggota dari Pasukan Revolusi harus bertarung melawan angkatan laut atau pasukan Pemerintah Dunia.

Saat ini, memang masih belum kita ketahui secara resmi apa sebenarnya tujuan Dragon membentuk organisasi ini. Namun, berdasarkan apa yang ada dalam ceritanya sudah jelas bahwa terbentuknya organisasi ini bertujuan untuk membantu wilayah yang memang ingin lepas dari cengkraman Pemerintah Dunia. Dalam artikel lain sendiri ada penjelasan bahwa yang menjadi musuh utama mereka sebenarnya adalah kaum naga langit.

Sejak awal kemunculannya, Pasukan Revolusi memang sangat jarang terlibat dalam berbagai peristiwa besar. Jika kita merunut ke belakang, hanya ada beberapa peristiwa besar yang melibatkan kelompok ini. Misalnya saat pertempuran besar melawan kelompok Blackbeard, yang terjadi secara off-screen. Akibat peristiwa tersebut, markas Pasukan Revolusi akhirnya hancur dan harus pindah ke wilayah lain.

BACA JUGA: Hunter X Hunter: 5 Villain Paling Kejam!

Namun, berbicara mengenai Pasukan Revolusi ada detail menarik yang muncul di chapter 1055 kemarin. Detail tersebut seolah mengungkapkan tentang peran Pasukan Revolusi serta berbagai kemungkinan tentang pihak-pihak yang menjadi sekutu mereka. Mereka semua kemungkinan membantu kelompok Pasukan Revolusi untuk bisa menjadi seperti saat ini.

Berbagai Simbol Dan Artinya

Dalam One Piece chapter 1054 kita melihat diskusi antara Sakazuki dan Kurouma. Mereka berdua membahas tentang Sabo dan juga keberhasilannya dalam membebaskan berbagai wilayah dari cengkraman Pemerintah Dunia. Selain itu, keduanya juga membahas tentang kabar besar bagaimana Sabo menghabisi Nefertari Cobra, yang mana Kurouma sendiri menyebutkan bahwa dia akan menginvestigasi lebih lanjut.

Menurut Kurouma, semua hal tersebut seolah terhubung dengan satu sosok yang tidak lain adalah Sabo. Pengaruh besar Sabo sudah meluas ke hampir seluruh dunia. Bahkan, ada kurang lebih delapan kerajaan yang sedang dalam masa konflik untuk menggulingkan kekuasaan raja mereka yang lama. Di halaman terakhir chapternya terdapat panel yang menjelaskan bagaimana orang-orang begitu memuja sosok Sabo bagaikan seorang dewa.

Dalam panel tersebut, terdapat sebuah detail menarik jika Geeks perhatikan (seperti yang bisa kalian lihat dalam gambar di bawah ini). Detail tersebut adalah berupa bendera yang menghadirkan berbagai simbol-simbol menarik. Beberapa diantaranya mungkin cukup familiar. Contohnya adalah gambar simbol dengan huruf ‘S’ di tengah-tengahnya. Simbol tersebut merupakan inisal dari “Sabo” yang mana dia gunakan untuk menjadi penanda kelompoknya.

Bendera dari kelompok Sabo tersebut terdiri dari gambar dua tulang dengan huruf ‘S’ besar dan berwarna biru di tengahnya. Simbol selanjutnya adalah lambang Pemerintah Dunia dengan anak panah. Modifikasi dari simbol Pemerintah Dunia ini bisa kita simpulkan merupakan bentuk dari adanya kelompok atau organisasi tertentu yang menolak adanya Pemerintah Dunia, selain dari kelompok Pasukan Revolusi.

BACA JUGA: One Piece: 6 Pengguna Haki di Topi Jerami!

Jumlah mereka mungkin tidak banyak dan mereka pun hanyalah kelompok kecil, yang kemudian terafiliasi dengan Pasukan Revolusi. Meskipun begitu mungkin saja keberadaan kelompok ini memiliki pengaruh yang tidak kalah besar. Selain itu, simbol ini juga bisa jadi adalah bukti adanya “pengkhianat” di tubuh Pemerintah Dunia. Mereka mungkin kecewa dengan para penguasa tersebut seperti halnya yang lain. Karena itulah mereka memutuskan membentuk kelompok pemberontakan kecil ini.

Arti Simbol Lainnya

Selain simbol dari kelompok Sabo dan juga kemungkinan kelompok kecil dari pemberontakan Pemerintah Dunia, kita juga bisa melihat adanya simbol klan Shimotsuki. Seperti yang muncul dalam chapter 589 kemarin, Dragon dan Pasukan Revolusi mendapatkan bantuan berupa suplai makanan dan lainnya dari desa Shimotsuki. Hal ini pun memunculkan banyak spekulasi di kalangan fans.

Banyak fans menduga bahwa klan Shimotsuki merupakan bagian dari Pasukan Revolusi. Namun, sepertinya kemungkinan tersebut sangat kecil. Yang paling masuk akal adalah mereka mungkin adalah afiliasi dari Pasukan Revolusi. Mereka mungkin akan membantu banyak hal dalam berbagai kebutuhan mereka, seperti menyediakan suplai makanan atau hal lainnya.

Kemudian, terdapat juga beberapa simbol yang masih misterius. Misalnya modifikasi dari simbol angkatan laut. Dalam simbol tersebut nampak bagian huruf ‘M’ dari logonya terbalik. Bisa jadi, hal ini pun sama dengan simbol pemberontakan dari pihak Pemerintah Dunia di mana ada “pengkhianat” di tubuh pihak angkatan laut. Siapa mereka? Kemungkinan SWORD memiliki andil atau dengan kelompok ini.

BACA JUGA: One Piece: Petunjuk Final Bounty Luffy!

Atau mungkin juga itu adalah logo dari SWORD. Seperti yang Geeks ketahui, SWORD merupakan kelompok rahasia angkatan laut yang mana sebagian besar dari angkatan laut sendiri tidak tahu adanya organisasi atau kelompok tersebut. Selanjutnya, ada juga simbol yang memiliki bentuk huruf ‘V’ yang posisinya berada di samping simbol pemberontak Pemerintah Dunia.

Ada kemungkinan itu merupakan simbol dari wilayah Vira/Villa. Dalam artikel sebelumnya sempat ada pembahasan mengenai wilayah ini, di mana Vira adalah wilayah yang pernah Nami sebutkan sebelum kru Topi Jerami menuju pulau langit. Kerajaan tersebut mengalami konflik besar berupa kudeta. Dan yang menarik adalah Pasukan Revolusi memiliki andil dalam peristiwa besar itu.

Terakhir ada simbol bintang, yang kemungkinan adalah simbol dari wilayah lainnya yang masih belum Oda perkenalkan. Apakah wilayahnya sendiri berada di New World atau di luar New World masih menjadi pertanyaan besar. Mungkin kedepannya Oda akan memperkenalkan atau memberikan penjelasan mengenai simbol tersebut.

Kesimpulannya

Berbagai simbol yang muncul di salah satu panel di halaman terakhir chapter 1054 kemarin sangatlah menarik. Mengapa? Karena berbagai simbol-simbol tersebut bisa jadi memberikan petunjuk tentang para sekutu atau mereka yang berafiliasi dengan Pasukan Revolusi. Dan spekulasi tersebut cukup masuk akal, mengingat beberapa simbolnya memang terbukti merupakan bagian dari sekutu kelompok tersebut.

Hal ini pun seolah memperkuat spekulasi lain yang muncul, di mana Pasukan Revolusi mungkin akan menjadi kelompok penting yang akan muncul di Saga terakhir. Banyak fans juga yang berteori bahwa mereka akan bergabung dengan kru Topi Jerami di akhir ceritanya untuk menghancurkan Pemerintah Dunia. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang.